Cara Membuat Google Form Termudah!

Cara Membuat Google Form – Hello Bornean!!! kali ini borneo chanel kembali lagi dengan artikel baru nih, mungkin kalian udah sering dengar bahkan sangat familiar dengan topik artikel yang bakalan borneo channel bahas kali ini.

Sebelumnya borneo channel mau bahas tentang google form dari pengertiannya, fungsinya, serta cara penggunaan google form ini terlebih dahulu, jadi bagi kalian yang belum tau akan tau apa itu google form, fungsinya serta cara pemakaiannya disini kalian jadi tau lengkap tentang google form.

Sejarah Hadirnya Google Form

Pada awal mula google form berasal dari fitur google spreadsheet pada tahun 2008, kalian bisa menambahkkan suatu formulir ke dalam spreadsheet dengan format tiap lembar terpisah, lalu melihat tanggapan di formulir lain.

Seiring berjalannya waktu google banyak mengeluarkan macam-macam fitur ke form, sehingga pada tahun 2016 google memutuskan bahwa google form menjadi aplikasi mandiri atau aplikasi yang berdiri sendiri.

Tentu saja semenjak google form menjadi aplikasi mandiri, google for semakin memiliki banyak fitur yang sangat membantu kalian, sehingga kalian dapat menggunakan dengan mudah google form tersebut.

Pengertian Google Form

Langsung aja ya perkenalan, apasih google form itu? google form merupakan teknologi yang berupa aplikasi online untuk membantu setiap orang yang ingin membuat suatu formulir yang mereka perlukan.

Mungkin bagi kalian yang baru tau tentang google form sering bertanya- tanya, apakah google form menggunakan aplikasi khusus yang harus di unduh? jadi jawabannya adalah tidak ya guys, kalian langsung bisa menggunakannya dengan mengklik button yang sudah disiapkan pada artikel ini ya guys.

Model formulir yang bisa dibuat oleh google form contohnya seperti formulir pendaftaran, formulir penilaian, dan formulir – formulir survei lainnya. Selain membuat formulir google form juga dapat langsung melihat hasil survei.

Hasil Survei dari formulir yang mereka buat bisa didapat langsung tanpa harus menghitung satu persatu. Hasil survei ada bermacam -macam bentuk yaitu berupa angka atau nilai, diagram lingkaran maupun diagram batang.

Cara – Cara Pembuatan Formulir dengan Menggunakan Google Form

  • Membuat akun google

Akun google merupakan suatu hal yang sangat penting jika ingin menjadi pengguna google, karena setiap kalian menggunakan aplikasi google kalian harus punya akun google, salah satunya adalah google form maka kalian harus punya akun google.

  • Membuka aplikasi google form di google

Jika kalian sudah punya akun google kalian akan bisa membuat google form sesuai dengan keinginana anda, hanya dengan mengklik button dibawah ini!

jika kalian sudah mengklik button diatas maka google akan menampilkan halaman seperti gambar berikut ini :

L1
Laman awal.

Jika sudah munncul langsung saja mengklik Buka Google Formulir.

  • Memilih jenis formulir google form
Laman2
Memilih Jenis Formulir.

Dalam memilih jenis formulir kalian akan diberikan beberapa jenis model formulir, model formulir yang diberikan rata-rata sangat diperlukan para pemakai yang membutuhkan jadi, tergantung dengan selera kalian aja ya.

Tetapi jika kalian ingin membuat model baru atau ingin mengedit sendiri pada google formulir yang ingin kalian gunakan maka kalian tinggal mengklik formulir dengan model kosong, maka akan keluar gambar seperti ini:

kk
formulir kosong.

Langsung saja contoh saat membuat formulir kuesioner tentang makanan maka untuk membuat pertanyaan anda bisa langsung saja mengklik dan menginputkan pertanyaan yang sudah kalian siapkan sesuai kebutuhan anda seperti gambar dibawah ini :

Pertanyaan
Membuat Pertanyaan.

Jika sudah selesai membuat pertanyaan, maka kalian bisa langsung membuat opsi jawaban yang sesuai dengan pertanyaan kalian buat, caranya juga sama tinggal mengklik opsi dan dilajutkan dengan menginputkan jawaban di opsi tersebut.

Pada tahap membuat pertanyaan kuesioner dan opsi jawaban kuesioner kalian dapat melakukannya berulang-ulang sesuai dengan jumlah pertanyaan dan opsi yang kalian punya, bahkan kalian dapat mengedit dan mempercantik dengan fiture-fiture yang ada pada google form tersebut, seperti gambar di bawah ini :

ll

Setelah selesai pada tahap pembuatan pertanyaan dan opsi jawaban pastikan pertanyaan dan opsi jawaban kalian sudah benar dan sesuai dengan soal agar orang yang kalian tuju atau pemberi jawaban dapat mengerti serta memahami soal dengan baik, menjawab dengan tepat dan jelas.

Jangan lupa untuk mengirim kuesioner atau pertanyaan yang sudah kalian buat di google formulir dengan cara klik kirim, percuma kan kalau kalian udah buat capek-capek terus tidak kalian kirim, bagaimana kalian tau hasilnya hehe. Jadi fungsi mengirim pertanyaan ini adalah untuk mengetahui tanggapan atau hasil jawaban dari pertanyaan- pertanyaan kalian ya guyss.

Nah cara selanjutnya ialah jangan lupa melakukan penyebaran link ke orang yang kalian tuju untuk menjawab pertanyaan kalian yaa, moderennya dalam google form kalian sudah dapat mengetahui tanggapan secara praktis, tidak perlu menghitung atau mengelist jawaban satu persatu. Tanggapan- tanggapannya ada bermacam-macam rupa dari berupa diagram batang, lingkaran, grafik, serta ada yang berupa tulisan.

Jadi kalian tidak perlu khawatir ya guys, untuk mengetahui tanggapan kalian tinggal lihat fiture tanggapan, cara menemukan fiture tersebut kalian bisa langsung dapat mengklik nya secara langsung Tanggapan yang berposisi di  pas disebelahnya fiture Pertanyaan. Selesai deh membuat kuesionernya, mudah kan.

 

Model – Model Formulir yang Dapat Dibuat oleh Google Form

  • Formulir kosong
kk
formulir kosong.

Formulir kosong merupakan formulir yang baru yaitu dalam artian belum di kacau sama sekali, di formulir kosong anda dapat mengedit formulir sesuai dengan kebutuhan anda mau dalam bentuk kuesioner, formulir pendaftaran, dan lain sebagainya.

  • Formulir RSVP
Rspv
Contoh.

Formulir RSVP merupakan salah satu jenis formulir yang ada di google form, formulir RSVP sendiri memiliki fungsi yaitu untuk mendata orang – orang yang dapat hadir di suatu acara. Data- data yang didata oleh formulir RSVP adalah nama orang tersebut, bagaimana dia mendapatkan info tentang acara tersebut dan lain sebagainya.

Sehingga pendataan ini dapat berguna untuk memudahkan seseorang yang mempunyai acara tersebut, salah satunya memudahkan orang untuk mendata jumlah kursi tamu agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan banyak kursi, juga memudahkan bidang komsumsi dalam pendataan jumlah makanan untuk orang-orang yang hadir di acara tersebut.

  •  Formulir Undangan Pesta
P
UndanganPesta.

Formulir dengan jenis undangan pesta hampir sama dengan formulir RSVP yaitu sangat berguna untuk mendata jumlah orang yang akan hadir di acara tersebut dan menentukan jumlah konsumsi yang harus disiapkan untuk acara itu, formulir undangan ini biasanya digunakan untuk acara atau pesta seperti acara ulang tahun, ulang tahun pernikahan dan lain sebagainya.

Nah, sekian guys bornean artikel tentang bagaimana cara membuat google form kalian bisa langsung mempraktekkannya sesuai dengan langkah-langkah yang sudah disediakan, semoga artikel ini bermanfaat ya buat kalian yaa, terimakasih banyak sudah membaca. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya…

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.