Kota Khatulistiwa, Pontianak Kota Bersinar

Hal-Hal Menarik di Pontianak Kota Bersinar

[dropcap]H[/dropcap]owdy Borneans, berniat untuk jalan-jalan ke Kota Pontianak? Kali ini admin akan memberikan info seputar Pontianak kota Bersinar. Kebetulan admin dari lahir hingga berumur tinggal menetap di kota ini. Bagi kalian yang ingin mengetahui tentang seluk beluk dan hal-hal menarik yak bisa kalian temui di kota tempat tinggal admin tercinta ini, simak info-info berikut.

Kota Pontianak merupakan Ibu Kota Provinsi dari Kalimantan Barat, provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu malaysia. Kota ini sendiri telah berumur 244 tahun ini berdiri sejak tanggal 23 Oktober 1771. Didirikan oleh seorang Sultan yaitu Syarif Abdurrahman Alkadrie. Letak kota Pontianak berada di sekitar tepian sungai Kapuas.

Pontianak Kota Bersinar

Kota Pontianak

Kota ini adalah kota yang heterogen dalam hal budaya. Beberapa etnis dan budaya hidup berdampingan dengan harmonis. Penduduk kota Pontianak sendiri didominasi oleh etnis Melayu dan Tionghoa, selain itu terdapat pula etnis Jawa, Madura, Bugis, Dayak, Arab, Sunda, Banjar, dll. Sedangkan dalam hal agama, kota ini mayoritas beragama islam, sisanya memeluk budha, katholk, konghucu, hindu, dll.

Selanjutnya admin akan membagikan seputar hal-hal yang menarik di kota ini.

1. Pontianak Kota Bersinar

Jika kalian lihat di peta atau Google map, kalian akan terkejut melihat letak kota Pontianak yang berada tepat di garis Khatulistiwa yang ditandai dengan Tugu Khatulistiwa. Garis Khatulistiwa atau yang sering disebut dengan garis lintang nol derajat adalah sebuah garis imajinasi yang terdapat ditengah-tengah planet yang membelah planet menjadi 2 bagian utara dan selatan.

Pontianak Kota Bersinar

Kota Pontianak

Dikarenakan letaknya yang berada tepat digaris khatulistiwa, Pontianak kerap kali di juluki dengan Kota Khatulistiwa. Iklim di kota ini adalah tropis dengan suhu yang sangat tinggi, namun juga memiliki curah hujan yang cukup tinggi per tahun. Berdasarkan pengalaman admin, kota ini adalah kota yang panas jika dibandingkan dengan kota yang berada di daerah jawa.

Pontianak Kota Bersinar

Illustrasi

Pontianak Kota Bersinar ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mencoklatkan warna kulit, cukup keluar selama 30 menit secara rutin diluar pada siang hari. Mungkin ini juga yang menginspirasi julukan kota Pontianak sebagai kota bersinar. Bersinar sendiri merupakan sebuah singkatan dari bersih, sehat, indah, aman dan ramah.

2. Kota ini Anti Gempa, Tsunami dan Tanah Longsor

Seperti yang kita ketahui dan pelajari di bangku sekolah bahwa Indonesia merupakan daerah pertemuan 3 lempeng tektonik besar, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasifik. Menyebabkan Indonesia sangat rawan akan Gempa, Tsunami, Longsor, dll. Apa yang terjadi dengan Pontianak?

Pontianak Kota Bersinar

Peta Lempeng Tektonik

Jika dilihat lebih teliti lagi, Pulau Kalimantan adalah satu-satunya pulau besar yang tidak berada di bawah lempeng tektonik. Hal ini membuat Kalimantan, khususnya kota bersinar ini aman dari Gempa. Bagaimana dengan Tsunami?. Letak Kalimantan sendiri berada di daerah dalam dan terlindung oleh pulau besar lainnya.

Struktur tanah kota Pontianak merupakan lapisan tanah gambut bekas endapan lumpur Sungai Kapuas. Membuat daerah kota pontianak sangat landai. Sehingga tidak akan mungkin terjadi tanah longsor.

3. Kota Seribu Warung Kopi

Satu hal yang menurut admin sangat menarik di kota ini adalah menjamurnya warung kopi di jalan-jalan Pontianak Kota Bersinar. Hampir disetiap ruas jalan di kota ini dapat dijumpai lebih dari 10 warung kopi yang berjejer  menyediakan tempat berkumpul dan Internet. Admin mencoba menghitung jumlah warung kopi di satu ruas jalan. Setelah dihitung, terdapat 35 warung kopi yang berjejer hanya di satu ruas jalan.

Pontianak Kota Bersinar

Warung Kopi Pontianak

Ini semua berawal dari budaya dan kebiasaan orang Pontianak yang gemar untuk berkumpul bersama teman sembari menikmati secangkir kopi. Yang mengherankan, warung kopi tesebut selalu ramai. Bahkan tak jarang ada yang buka hingga 24 jam. Bagi orang Pontianak warung kopi merupakan sebuah tempat yang tidak dapat dipisahkan. Mulai dari melakukan meeting perkerjaan, bicara tentang bisnis, diskusi, atau sekedar ngumpul.

4. Memiliki Banyak Tempat Eksotis

Ukuran kota Pontianak bisa dikatakan tidak terlalu luas, mungkin hanya butuh waktu sektitar 2 jam untuk mengitarinya. Untuk ukuran Ibu Kota Provinsi, kota ini adalah kota kecil. Namun dibalik kecilnya kota ini, terdapat banyak spot-spot menarik yang ekostis dan sayang untuk kalian lewatkan.

 Rumah Khas Adat

Keharmonisan etnis dan budaya di kota Pontianak terlihat dengan berjejernya ikon-ikon etnis kebudayaan yang membentuk kota ini. Jika kalian berkunjung ke Pontianak, kalian harus datang ke jalan Sultan Syarif Aburahman. Di jalan tersebut berdiri megah rumah-rumah adat khas kota Pontianak.

This slideshow requires JavaScript.

Beberapa diantaranya adalah rumah radank dan rumah melayu. Kalian pasti akan terpesona dengan kemegahan dan keeksotisan budaya yang di wujudkan dalam bentuk bangunan tersebut.

Taman-Taman Kota

Kota Pontianak pernah meraih prestasi kota dengan tata kota yang baik. Jika kalian berkunjung ke Pontianak, kalian akan disuguhkan suasana pepohonan yang rindang mulai dari jalanan, taman kota dan hutan kota. Beberapa taman kota seperti di Alun-Alun Kapuas, taman Digulis dan Hutan Universitas Tanjugpura kerap dijadikan tempat bagi masyarakat untuk berkumpul menghabiskan waktu baik disaat liburan maupun hari biasa.

Pontianak Kota Bersinar

Tugu digulis Pontianak

Pontianak Kota Bersinar

Alun-Alun Kapuas

Event Kebudayaan

Pontianak kerap mengadakan event-event besar kebudayaan. Mulai dari Lomba Meriam Karbit dan Pasar Takjil pada saat Ramadhan, Cap Go Meh pada saat hari besar Kong Hu Cu, Gawai Dayak oleh etnis dayak, dan banyak pameran kebudayaan lainnya yang pastinya sayang untuk kalian lewatkan.

Pontianak Kota Bersinar

Festival Cap Go Meh

Pontianak Kota Bersinar

Festival Meriam Karbit

 

5. Makanan dan Buah-Buahan yang Enak dan Berlimpah

Travelling erat kaitanya dengan makanan. Makanan menjadi salah satu daya tarik yang dapat mengingatkan orang akan tempat yang mereka kunjungi. Jika kalian berkunjung ke Pontianak, kalian akan menemukan banyak sekali makanan khas yang sangat lezat. Mulai dari khas etnis Tionghoa seperti Kwetiaw, Bakpau, Chaikwe, Kwe Cap, dll. Sedangkan khas melayu seperti Bubur pedas, Pacri Nanas, dll.

Selain itu jangan lewatkan sensasi memakam makanan unik Khas Pontianak, Sotong Pangkong. Sotong pangkong adalah makanan yang terbuat dari Sotong kering. Sotong tersebut kemudian dibakar dan di lembutkan dengan cara di pangkong atau pukul. Biasanya pedagang menggunakan martil untuk memangkong sotong tersebut.

Pontianak Kota Bersinar

Sotong Pangkong

Setelah lembut, makanan ini disajikan dengan menggunakan kuah kacang yang sangat nikmat. Entah datang dari mana asal makanan ini, sepengetahuan admin makanan  sotong kering bakar ini juga biasa ditemukan di jepang.

Selain makanan, Pontianak merupakan kota yang sangat berlimpah akan buah. Berbagai macam jenis buah silih berganti selalu memenuhi pasar-pasar di Pontianak. Mulai dari Jeruk Pontianak yang sangat terkenal, durian, rambutan, langsat, semangka, kelengkeng, melon, dll.

Pontianak Kota Bersinar

Pasar Durian

Satu hal yang cukup unik dapat kita temui kala musim durian tiba. Silahkan kalian datang ke jalan A.Dahlan. Disana akan kalian temui pedagang durian yang berjejer membuka lapak durian. Mulai dari ukuran yang kecil hingga jumbo dengan harga yang bervariasi.

Berikut tadilah hal-hal menarik yang dapat kalian temukan di Pontianak. Semoga berguna sebagai referensi kalian sebelum berkunjung. Tunggu info-info review makanan maupun tempat-tempat menarik lainnya. Happy travelling!