Lakukan ini di Masa Kuliah, atau Kalian akan Menyesal (bag 2)

Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Selama Masa Kuliah

[dropcap]H[/dropcap]owdy Borneans, Kali ini admin akan melanjutkan pembahasan seputar hal yang harus kalian lakukan di masa kuliah.  pada artikel sebelumnya admin sudah membahas tentang pentingnya masa-masa orientasi dan ikut berorganisasi.

Masa Kuliah
Illustrasi

Selain dua hal tersebut, masih banyak lagi hal yang wajib kalian lakukan di masa kuliah agar masa-masa kuliah kalian menjadi masa yang tidak akan terlupakan.

3. Bangun Jaringan

Masa kuliah memungkinkan kita untuk bertemu dengan banyak orang, lain halnya pada saat masih SMA yang  cenderung berteman dengan beberapa orang saja. Dengan jurusan yang berbeda-beda di setiap kampus, akan membuka kesempatan bagi kita berteman dengan ribuan orang baru dengan latar belakang disiplin ilmu yang beragam pula. KIta dapat berbagi banyak hal, mulai dari ilmu pengetahuan ataupun hal-hal lainnya.

Belajar Bahasa Inggris
Illustrasi

Mencari teman sebanyak-banyaknya juga bisa membuat kita menjadi nyaman di kampus. Salah satu keuntungan memiliki banyak teman agar kita dapat saling bantu-membantu dalam berbagai hal. Jika kita mendapatkan sebuah kesusahan, dengan banyaknya teman tentu akan memudahkan berbagai macam masalah kita.

Masa Kuliah
Illustrasi

Manfaat teman yang banyak tidak hanya akan kita rasakan pada saat kuliah, kita harus terus dapat menjaga relasi agar terus dapat berjalan dengan baik. Mungkin saja teman kuliah nanti dapat menjadi sumber rezeki bagi kita. Mereka nantinya sangat akan banyak membantu  dalam mencari pekerjaan atau bahkan bisa menjadi relasi bisnis yang mumpuni.

4. Gali Potensi Diri dan Kembangkan

Sebelum kalian menyelesaikan masa studi, kalian harus benar-benar telah menemukna jati diri kalian sebenarnya. Apa yang sebenarnya menjadi passion, semangat dan tujuan hidup yang kalian ingin tuju. Pada saat kita mulai menginjak umur 20an, itu adalah awal untuk mulai serius menata kehidupan.

Illustrasi
Illustrasi

Pastikan kalian telah menemukan passion kalian sebelum kalian turun ke dunia yang sebenarnya. Hal ini sangat penting sebagai pengarah untuk karir yang akan kalian jalani.

Bagaimana cara menemukan potensi diri? Tidak hanya di dalam kelas, potensi diri akan lebih tajam dilatih di kegiatan luar. Sering-seringlah bergaul dengan orang hebat, sharing berbagai macam informasi, hadapi berbagai macam masalah untuk pendewasaan diri. Hal tersebut dapat kita dapatkan di organisasi maupun saat begaul dengan teman.

Masa Kuliah
Illustrasi

Kembangkan bakat dan minat kita, kampus memang “kawah candradimuka” bagi kita jika kita ingin benar-benar menjadi orang yang sukses. Ya minimal lewat kegiatan positif di kampus kita punya banyak pengalaman untuk menghadapi kehidupan sesungguhnya pasca kuliah nanti.

5. Cari Pengalaman Sebanyak Mungkin

Masa kuliah bisa dibilang masa yang lumayan bebas, dalam artian kalian masih belum memiliki banyak tuntutan. Kewajiban kalian hanya sebatas belajar, baik belajar di dalam kelas maupun diluar. Pastikan kalian benar-benar melakukan tanggung jawab tersebut. Jika memungkinkah pergilah ketempat manapun yang kalian inginkan, cari pengalamansebanyak-banyaknya. Karena ketika kalian sudah sibuk bekerja maka akan sulit berpergian. Orang yang sudah bekerja terikat dengan waktu dan aturan. Kita tidak mungkin bisa seenaknya bisa meninggalkan pekerjaan.

Berpergian ke Suatu Tempat
Berpergian ke Suatu Tempat

Cari pengalaman diamana pun dan pada bidang apapun, yang suka naik gunung misalnya dakilah gunung tertinggi dan terjauh yang kalian bisa. Jangan sia-siakan waktu yang ada saat kuliah. Mengatur waktu dalam kuliah relatif mudah, selain mendapat dispensasi kuliah, jadwal perkuliahan juga tidak mesti ada setiap hari. Maka inilah kesempatan bagi kita untuk berkunjung ketempat yang kita inginkan selama ini.

Masa Kuliah
Illustrasi

Menjadi seorang mahasiswa mempunyai tanggung jawab yang sangat besar. Mahasiswa adalah ruh perubahan dan jiwa pembangunan. Pastikan untuk menjadi mahasiswa yang siap menantang arus perkembangan dan persaingan, jangan jadi mahasiswa yang ikut-ikutan. Jadikan masa kuliah sebagai masa yang sangat bermakna bagi kehidupan kalian.

Image : http://www.freeimages.com/

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.