Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna di Dunia

Faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna – Howdy Sobat Borcha! Pernahkah kalian berpikir tentang mengapa persebaran hewan tidak merata di setiap tempat?

Tentu ada faktor-faktor yang membuat flora dan fauna tidak sama dan merata di berbagai tempat. Faktor tersebut dapat berasal dari alam dan manipulasi manusia. Berkut penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna.

Pengertian Flora dan Fauna

1. Pengertian Flora

Adapun Istilah flora berasal dari bahasa latin “flora” yang berarti alamat tumbuhan atau nabatah. Istilah Flora juga dapat diartikan sebagai sekelompok tanaman.

flora dan fauna di indonesia
by hijauku.com

Kata lain yang sering digunakan, flora endemik bermakna  jenis tumbhan yang sangat khusus hidup di daerah tertentu. Beberapa contoh flora endemik yaitu kantong semar khas bukit kelam, Raflesia Arnoldi khas pulau Sumatra, dan banyak lainnya.

Baca juga: Bunga Anggrek Hitam asli Kalimantan

2. Pengertian Fauna

Kata fauna berasal dari bahasa latin “fauna” yang bermakna alam hewan atau keseluruhan hewan. Didalam mitologi romawi, fauna diartikan sebagai kakak dari faunus. Faunus memiliki arti  roh yang baik dari hutan dan daratan. Pengertian fauna endemik sama halnya dengan flora endemik, yang mana fauna yang khusus hanya hidup di suatu tempat.

fauna indonesia bagian barat

Biasanya dalam faktor persebaran flora dan fauna, flora memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kehipuan di suatu tempat, khususnya terkait dengan persebaran hewan di indonesia yang memiliki keanekaragaman yang luar biasa. Hal ini dikarenakan tumbuhan merupakan produsen energi atau makanan bagi fauna yang ada di wilayah tersebut. Jadi bisa dikatakan jika ada flora di suatu tempat, maka fauna akan mengikuti.

Baca juga: Burung Enggang Khas Kalimantan Barat

Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Flora dan fauna tersebar di berbagai wilayah di permukaan bumi. Mulai dari flora dan fauna yang biasa kita temui hingga yang langka atau endemik. Persebaran flora dan fauna tentu memiliki alasan dan faktor tertentu. Berikut admin akan mengenai faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna:

1. Faktor Iklim

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai iklim, iklim merupakan kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang di suatu wilayah di bumi. Berikut adalah faktor-faktor iklim yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna:

a. Suhu

Salah satu faktor klimatik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna adalah suhu di suatu tempat. Adapun sumber panas di permukaan bumi berasal dari sinar matahari. Pancaran sinar matahari pada dasarnya dipancarkan secara merata, namun karena ada perbedaan lintang, awan, dan ketinggian menyebabkan suhu menjadi berbeda disetiap tempat.

pengertian flora dan fauna
Ilustrasi

Variasi suhu di suatu tempat memicu flora dan fauna untuk beradaptasi dengan kondisi untuk bertahan hidup. Hanya di tempat yang memiliki suhu udara yang sangat ekstrim yang tidak ditinggali flora dan fauna.

b. Kelembaban udara

Faktor kelembaban udara merupakan perbandingan antara banyaknya uap air yang terkandung dalam udara. Semakin besar kelembapan udara semakin banyak uap air yang terkandung di dalamnya. Air sangat berperan penting dalam keberlangsungan kehidupan baik flora, fauna dan manusia.

c. Sinar matahari

jelaskan faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna

Tumbuhan memerlukan sinar matahari sebagai sumber energi untuk proses fotosintesis. Sinar matahari  dipergunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dengan membentuk oksigen di atmosfer. Pancaran sinar matahari yang sampai kepermukaan bumi merupakan sumber kehidupan bagi flora dan fauna di wilayah tersebut.

d. Curah hujan

Air merupakan kebutuhan pokok bagi keberlangsungan kehidupan flora dan fauna. Sumber air pada kehidupan di darat sangat bergantung dengan hujan. Perbedaan curah hujan tiap-tiap wilayah permukaan bumi menghasilkan karakteristik vegetasi dan juga menyebabkan perbedaan jenis hewan yang mendiaminya.

Perlu dipahami karena tumbuhan merupaka produsen atau sumber makanan bagi fauna yang hidup di tempat itu.

e. Angin

Untuk tumbuhan, faktor angin berfungsi untuk membentuk CO2 dan memindahkan uap air dan kelembaban dari suatu tempat ke tempat yang lain. Faktor ini juga sangat berperan dalam proses penyerbukan dan penyebaran biji-bijian yang akan menjadi tumbuhan baru.

2. Faktor Tanah

Tanah menjadi salah satu hal yang penting dalam faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Sebagai media tumbuh dan berkembangnya tanaman, tingkat kesuburan tanah berpengaruh terhadap persebaran tumbuhan.

persebaran flora dan fauna di indonesia dan dunia

Faktor ini memiliki nama ilmiah sebagai faktor edafik yang berasal dari kata edapos yang artinya tanah atau lapangan. Jika kita meliat persebaran flora dan fauan dari faktor edafik berarti kita meninjau tanah dari sudut tumbuhan. Adapun faktor edafik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna antara lain :

a. Tekstur tanah

Pengertian tekstur tanah adalah perbandingan relatif berbagai partikel tanah dalam suatu massa tanah terutama perbandingan antara pasir, debu dan lempung.

Faktor ini sangat penting dalam kaitannya dengan kapasitas tanah dalam menampung air dan udara tanah. Jika Tanah memiliki proporsi partikel yang besar, maka akan dapat menampung air dengan baik. Dan dapat menunjang kehidupan tanaman dengan baik pula.

b. Struktur tanah

Faktor lainnya adalah struktur tanah. Yang dimaksud dengan struktur adalah susunan atau pengikatan butir-butir tanah dan membentuk agregat tanah dalam berbagai kemantapan bentuk dan ukuran.

Faktor ini menyebabkan perbedaan tingkat  kemampuan tanah dalam meloloskan air atau porositas dan besar pori-pori antara butir-butir tanah atau permeabilitas. Porositas dan permeabilitas sangat mempengaruhi penyaluran unsur hara,  air dan udara keseluruh bagian tanah yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan flora.

c. Keasaman tanah

Seperti yang kita ketahui, kesuburan tanah sangat penting bagi pertumbuhan vegetasi. Kesuburan dipengaruhi oleh proses-proses kimia dan pertukaran unsur kimia antar tumbuhan.

Tumbuhan hanya dapat menyerap unsur-unsur hara dalam bentuk cairan. Jika keasaman tanah berkurang, maka air akan mempunyai kemampuan yang kecil untuk menahan mineral-mineral yang nantinya diubah menjadi unsur-unsur hara.

Konsekuensinya, sekalipun unsur-unsur hara ada di dalam tanah tumbuhan tidak mungkin tidak dapat menyerap unsur hara tersebut dengan maksimal dan akhirnya tidak dapat hidup dengan baik disana.

3. Faktor topografi

Topografi merupakan faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Faktor ini mencakup ketinggian dan kemiringan lahan. Perbedaan suhu sangat erat kaitanya dengan ketinggian suatu tempat. Faktor ini juga sangat berpengaruh dalam persebaran flora dan fauna.

Selain ketinggian, kemiringan permukaan juga manjadi faktor fisik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna dipermukaan bumi yang sangat berpengaruh. Pada permukaan tanah yang miring akan menyebabkan air lebih cepat untuk menyusuri lereng. Kekuatan air yang besar tersebut dapat mengikis permukaan tanah yang subur. Sehingga permukaan tanag menjadi berkurang. Umumnya, di daerah yang miring, memiliki variasi flora dan fauna yang lebih sedikit dikarenakan faktor air dan unsur tanah.

4. Faktor Biotik

Salah satu faktor yang tak kalah berpengaruh dalam persebaran flora dan fauna adalah faktor biotik. Faktor biotik yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna terdiri dari beberapa pengaruh. Contoh faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna yaitu keberadaan manusia, hewan dan tumbuhan.

Dalam hal ini, manusia sangat berpengaruh dan dapat mengubah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Misalkan, daerah yang sebelumnya hutan diubah menjadi daerah perkebunan, perumahan atau pertanian dengan melakukan penebangan, reboisasi atau pemupukan.

Dengan kelebihannya, Manusia dapat dengan mudah menyebarkan flora dan fauna dari suatu tmpat ke tempat lainnya.

Hewan juga memiliki peranan terhadap penyebaran flora. Sebagai contoh serangga yang dapat membantu proses penyerbukan dan kelelawar yang dapat membantu penyebaran biji tanaman.

Sedangkan faktor tumbuhan dalam persebaran kahidupan adalah dalam perannya untuk menyuburkan tanah. Dengan adanya tanah yang subur, akan dapat menjunjang kehidupan tumbuhan dan fauna lainnya.

Sebagai contoh, bakteri saprofit yang merupakan tumbuhan mikro yang sangat membantu dalam penguraian sampah sehingga dapat menyuburkan tanah.

Baca juga: Peta persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Itulah tadi penjelasan mengenai mengenai faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like