7 Hal Menarik Seputar Alun Alun Kapuas Pontianak

| | ,

Alun Alun Kapuas – Howdy sobat Borcha! jika kalian berkunjung ke Pontianak, tidak akan lengkap rasanya sebelum mengunjungi taman alun alun Kapuas. Tempat ini adalah sebuah taman yang menjadi objek wisata warga Pontianak. Tempat ini selalu ramai mulai dari hanya ingin menghabiskan waktu hingga berekreasi bersama keluarga.

taman alun alun kapuas

Alun Alun / Taman Korem oleh warga Pontianak, dikarenakan letak taman ini tepat berada di depan kantor KOREM atau Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura. Taman ini terletak di pinggiran sungai kapuas di Jalan Rahadi Usman Pontianak.

Kali ini admin akan berbagi beberapa hal unik seputar Taman Korem atau Alun Alun Kapuas.

Baca juga: Rental Mobil Pontianak

Sejarah Taman Alun-alun Kapuas Pontianak

Berdasarkan beberapa sumber, tidak ada yang tahu secara pasti kapan taman alun kapuas didirikan. Namun berdasarkan cerita para orang tua, taman alun-alun ini sudah ada dan menjadi ikon kota sejak puluhan tahun yang lalu.

rjasa-rentcar.com alun alun kapuas pontianak

alun-alun Kapuas Pontianak  sudah mengalami beberapa kali proses renovasi, pada tahun 1999, 2011, 2012, 2015. Renovasi pada tahun 1999, mengubah wajah taman alun-alun menjadi sangat berbeda. Dari yang hanya sekedar tepian sungai, menjadi waterfont dengan pengembangan untuk menjadi objek wisata terpadu. Pada renovasi pertama terdapat  beberapa fasilitas wisata seperti bebek engkol, jajanan pasar, café, dan pasar malam.

Pada tahun 2011 dan 2012, Pemerintah Kota Pontianak melakukan Proyek renovasi dengan memperluas daerah Taman Alun-Alun Kapuas, menambah beberapa air mancur lagi, serta membangun beberapa sarana dan prasarana untuk para pengunjung seperti panggung hiburan, taman, waterfront, dan multimedia.

baraoutdoor.com alun kapuas

Pada tahun 2015, alun-alun kapuas kembali di benahi dengan perluasan dan penataan ulang lokasi. Pada renovasi kali ini, pemerintah melarang pendagang kaki lima untuk berjualan di taman alun-alun terkait dengan keelokan taman.

Cara Berkunjung ke Alun-alun Kapuas

Letak Taman Alun –Alun Kapuas berada di jantung kota Pontianak, di jalan Rahadi Osman, Kecamantan Pontianak Kota.  Kalian akan dengan mudah mencapai tempat ini karena banyak alat transportasi yang dapat kalian gunakan. Kalian dapat menggunakan jasa ojek online Pontianak atau kendaraan umum lainnya.

taman alun kapuas pontianak

Taman Alun Kapuas dapat kalian kunjungi kapan saja. Sebagai rekomendasi, kalian dapat mengunjungi taman alun – alun pada pagi hari di weekend atau sore hari di setiap hari. Pada waktu-waktu tersebut biasanya taman alun alun tengah ramai, sehingga kalian juga dapat merasakan berinteraksi dengan masyarakat Pontianak.

Baca juga: Kota yang dilalui Garis Khatulistiwa

Hal Menarik Seputar Alun-alun Kapuas

Berikut hal hal menarik yang dapat kalian temui :

1. Duplikat Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa sangatlah istimewa bagi warga Pontianak sehingga menjadikan tugu khatulistiwa sebagai icon kota. Hampir semua media branding mengidentikkan tugu khatulistiwa sebagai kota Pontianak. Selain itu, beberapa duplikat tugu juga di bangun di sudut-sudut kota, salah satunya di alun-alun Kapuas.

alun-alun kapuas 2020

Pembangunan duplikat tugu ini diadakan pada renovasi besar-besaran tahun 2012. Jika kalian belum pernah mengunjungi tugu khatulitiwa, tidak ada salahnya untuk melihat duplikat tugu yang percis dengan tugu asli di dalam monument. Dengan kehadiran tugu khatulistiwa di alun-alun Kapuas semakin menguatkan dan memperkenalkan identitas budaya kota Pontianak.

2. Nonton Bareng

Bagi kalian yang hobi nonton bola bareng (Nobar), tidak ada salahnya untuk berkujung ke alun-alun Kapuas. Pada taman KOREM ini, terdapat sebuah layar proyektor yang besar dan tribun penonton, beserta dengan sound system yang menggelegar.

alun-alun kapuas di pontianak

Biasanya acara nonton bola bareng digelar pada malam weekend. Jumlah penonton yang hadir biasanya lumayan ramai, tergantung dengan pertandingan bola yang bermain. Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi nonton bareng outdoor, tidak ada salahnya untuk datang ketempat ini bersama teman-teman.

3. Tempat Event Besar

Taman ini memiliki luas yang sangat memadahai untuk penyelenggaraan event-event besar. Banyak event –event mulai dari berskala lokal, nasional, maupun internasional. Berikut beberapa acara yang dapat kalian simpan tanggalnya untuk dikunjungi :

a. Festival Meriam Karbit di alun-alun kapuas

baca.co.id Festival Meriam Karbit Pontianak

Festival meriam karbit adalah salah satu festival budaya unggulan di Pontianak. Event ini sudah sangat dikenal baik secara nasional maupun internasional. Festival meriam karbit adalah festival perlombaan meriam karbit raksasa yang biasanya terbuat dari pohon kelapa. Kemudian peserta berlomba untuk saling membunyikan meriam tersebut di tepian sungai Kapuas. Bagi kalian yang ingin datang dan berkunjung pada event ini, silahkan datang pada 10 hari terakhir sebelum lebaran.

b. Cap Go Meh

Cap go meh merupakan salah satu hari raya orang tinghoa. Tionghoa di Pontianak merupakan salah satu etnis mayoritas, sehingga hari raya yang diadakan sangat meriah. Acara ini dalam bahasa mandarin disebut juga Yuan Shiau Ciek artinya festival malam bulan satu dan di negeri barat lebih dikenal sebagai Lantern Festival.

(batasnegeri.com) Cap Go Meh Pontianak

Salah satu pusat perayaan cap go meh di Pontianak berada di Alun-alun Kapuas. Mulai dari festival kembang api, parade naga, barongsai,dan tatung. Kalian dapat berkunjung pada bulan Februari untuk melihat event yang sangat unik ini.

c. Festival Khatulistiwa

Festival budaya khatulistiwa adalah event besar tahunan yang diselenggarakan di Pontianak. Event ini pertama kali di gelar pada tahun 2015 dan dibuka langsung oleh presiden jokowi. Berkat usulan beliau, event ini akan diselenggarakan setiap tahun. Menariknya, Event ini adalah Festival Budaya yang menampilkan keindahan, keunikan, kemegahan budaya lokal.

akamaized.net (Festival Khatulistiwa)

Festival ini juga mengundang beberapa kedutaan Negara tetangga mulai dari Malaysia hingga brunei. Event ini berada di titik-titik keramaian kota dan berpusat di alun-alun Kapuas. Beberapa acara seperti pawai mobil hias, pawai tarian daerah, dan lainnya memenuhi jalanan kota Pontianak.

d. Perayaan Tahun Baru di Alun-alun Kapuas

sungai kapuas
(pxhere.com) Suasana Tahun Baru

Perayaan tahun baru di Pontianak tidak kalah  meriah di daerah daerah lainnya. Perayaan tahun baru biasanya terpusat di alun-alun Kapuas. Kalian dapat melihat indahnya pantulan cahaya kembang api di atas permukaan sungai Kapuas.

4. Cafe Apung di Alun-alun Kapuas

Bagi kalian penikmat kuliner, kalian harus merasakan sensasi makan di atas kapal Galaherang. Kapal ini akan membawa penumpang berlayar mengelilingi sungai Kapuas sembari memanjakan kalian dengan menu makanan dan minuman. Kalian akan merasakan sensasi yang luar biasa, menikmati santapan dengan suasana indah sungai Kapuas.

sungai kapuas terletak di
Cafe Apung di Sungai Kapuas

Tarifnya sangatlah murah, untuk berkeliling sungai kalian hanya dengan biaya sebesar Rp25.000,-. Kalian dapat mengunjungi alun alun Kapuas saat sore atau pun malam hari untuk menikmati sensasi berkuliner di atas sungai Kapuas.

5. Sunset nan Indah di Alun-alun Kapuas

Suasana Matahari Terbenam tepian Kapuas

Bagi kalian photo hunter atau penikmat kenidahan, tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi sunrise di alun-alun Kapuas. Pemandangan indah sungai Kapuas yang berwarna keemasan terkena pancaran sinar matahari pagi, sungguh suasana yang sangat romantis.

Baca juga: Tempat wisata Sungai Kapuas Pontianak

Alun Alun Kapuas adalah tempat yang sangat istimewa bagi kalian yang ingin berekreasi. Banyak hal yang dapat kalian lakukan di taman kota satu ini. Bagi kalian yang berkunjung ke Pontianak, Pastikan tidak melewatkan tempat yang satu ini. Semoga bermanfaat.

Previous

7 Fakta Menarik Bukit Kelam Batu Terbesar di Dunia

Keistimewaan Meriam Karbit Pontianak

Next

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.