Contoh advertisement dalam bahasa inggris

Contoh Advertisement dalam Bahasa Inggris dengan Desain Menarik & Unik

Berbagai Contoh Advertisement Text dan Gambar

Contoh Advertisement dalam Bahasa Inggris – Howdy Borneans!, Tahukah kalian makna dari advertisement? Mungkin kalian sering mendegarkan istilah ini dari berbagai media maupun yang lain. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas lebih dalam mengenai advertisement, mulai dari pengertian advertisement, Tujuan, Jenis, cara membuat advertsiment yang efektif dan contoh advertisment dalam bahasa inggris.

Pengertian Advertisement

Contoh advertisement dalam bahasa inggris
Contoh advertisement dalam bahasa inggris

Secara bahasa Advertisment merupakan bahasa inggris yang bermakna periklanan atau iklan. Advertisement juga bermakna sebagai promosi, pariwara atau pengenalan infromasi mengenai suatu produk, baik berbentuk barang ataupun jasa. Secara lebih umum, advertisement merupakan pesan atau berita dalam berbagai bentuk dan media yang sengaja dibuat untuk menginformasikan suatu produk atau jasa kepada khalayak ramai.

Advertisement juga sering diibaratkan sebagai sebuah ujung tombak yang sangat penting untuk memburu mangsa, dalam hal ini masyarakat luas. Dalam hal bisnis, advertisement merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan suatu usaha. Suatu produk tidak akan bisa dikenal tanpa advertisement.

Tujuan Advertisement

Adapun tujuan dari advertisement secara umum adalah

  1. Mengedukasi dan menginformasikan masyarakat luas mengenai suatu produk yang dapat berupa barang, jasa, dan yang lain.
  2. Memunculkan rasa suka pada calon konsumen atas produk yang jadikan pokok advertisement, biasanyanya dilakukan dengan memberikan berbagai contoh atau illustrasi.
  3. Membuat calon konsumen yakin dengan kelebihan dan informasi seputar produk sehingga menarik daya beli.
  4. Menginformasikan informasi spesifik seputar produk, seperti harga, spesifikasi, fungsi, dll.

Macam – Macam Advertisment

Berdasarkan kegunaaannya, advertisement biasanya dikelompokkan menjadi beberapa macam, yaitu Informative, Persuasive dan Reminder Advertisement. Masing masing kelompok tersebut memiliki ciri khas dan karakter tertentu. Berikut penjelasan lebih lanjut. :

  • Informative Advertisement

iklan informative atau informatif merupakan iklan yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertentu seputar produk ke masyarakat luas. Biasanya advetisment seperti ini digunakan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan informasi, baik berupa produk, program, atau pun promo.

Adapun, tujuan dari Informative Advertisement ini adalah untuk  membentuk dan membangun awareness dan acknowledgement mengenai produk terbaru atau fitur-fitur tertentu. Biasanya advertisement ini digunakan untuk memperkenalkan produk atau program terbaru ke masyarakat luas. Adapun ciri khas dari iklan jenis ini ialah terdapat deskripsi yang detail, jelas dan menarik dalam tujuan untuk menyampaikan informasi.

  • Persuasive Advertisement

Iklan jenis ini merupakan  iklan yang bertujuan untuk persuade atau mengajak atau mengarahkan khalayak ramai untuk mengikuti pesan yang disampaikan. Biasanya, pesan disajikan dalam bentuk  ajakan dan rayuan untuk membeli produk atau melakukan sesuatu.

Selain itu, iklan ini bisa juga digunakan untuk mengubah persepsi atau cara pandang taget pasar terhadap suatu hal dengan menginstruksikan sesuatu atau memberikan contoh atau gambaran lansung. Persiasive ads juga digunakan untuk  menciptakan rasa suka dengan suguhan iklan yang menarik.

  • Reminder Advertising

Reminder ads atau pengingat merupakan jenis iklan yang biasa digunakan untuk menjaga brand suatu produk di hati masyarakat. Biasanya iklan-iklan jenis ini digunakan oleh pebisnis yang merupakan pemain lama, bisa dikatakan bisnis yang cukup besar.  Tujuan utama iklan ini untuk menjaga pilihan masyarakat akan brand yang sudah dibangun, bisa juga digunakan untuk mempromosikan fitur-fitur atau produk baru oleh brand tersebut.

Membuat Advetisement yang Baik dan Efektif

Dalam dunia bisnis, membuat advrtisment saja tidaklah cukup. Diperlukan perhatian khusus mulai dari pengonsepan, pengumpulan ide, hingga eksekusi. Berikut admin akan berbagi seputar cara membuat Advertisement yang baik, efektif dan menarik agar dapat berdampak bagi bisnis kalian :

1. Tonjolkan keunggulan produk dengan slogan.

Dalam berbisnis, fokuslah ada kelebihan produk kalian dibanding para pesaing yang lain. Pastikan usaha kalian memiliki kelebihan tersebut agar dapat menjadi daya tarik bagi para calon pelanggan. Dengan fokus ke satu keunggulan, produk kalian akan lebih dikenal dan disukai.

contoh advertisement dalam bahasa inggris
Contoh Advertisement dalam Bahasa Inggris

Salah satu cara untuk menpromosikan keunggulan produk kalian adalah dengan menggunakan slogan. Slogan merupakan sebuah kata-kata yang dirancang secara khusus yang langsung dapat menggambarkan deskripsi suatu produk, dalam hal ini kelebihannya. Slogan seharusnya bukan hanya sekedar kata-kata, namun harus powerful dan spesifik ke keperluan dan  keunggulan tertentu.

Beberapa contoh slogan yang sering kita dengar ialah : Nokia – “Connecting People”, Indofoof – “Lambang Makanan Bermutu”, “Apapun Makannnya, Minumnya Teh Botol Sosro”, “Indomie Seleraku”, dll. Kalau kita lihat slogan-sloga diatas merupakan hasil buah fikir yang sangat brilliant dari pemilii brand untuk menonjolkan keunggulan produk mereka.

2. Menggunakan Judul atau Headline yang Menarik Perhatian

Salah satu kriteria advertisement yang efektif adalah dapat menarik perhatian. Dengan menarik perhatian, kita akan memaksa audience untuk kemudian menerima informasi di advertisement tersebut. Sangat percuma jika advertisement tidak dapat menarik perhatian.

contoh advertisement dalam bahasa inggris
Illustrasi

Salah satu cara menarik perhatian adalah dengan menggunakan headline. Headline merupakan tulisan utama yang berada di suatu media ads. Biasanya headline ini memiliki proporsi ukuran yang lebih besar dibanding tulisan lain. Hal ini dikarenakan kegunaanya sebagai penarik perhatian.

Sebuah Headline yang baik mampu memainkan dan menyentak rasa ingin tahu seseorang sehingga mendorong pembaca untuk mencari tahu lebih dalam mengenai informasi tersebut. Berikut beberapa jenis headline yang dapat kalian jadikan sebagai panduan :

  • Fokus Kepada Kepentingan Pembeli

Ciri khas Headline ini adalah kata kata yang digunakan bertujuan untuk langsung memberi tahu manfaat produk pada pengguna. Konsepkan manfaat apa yang dikandung produk kalian, dan jadikan itu sebagai kalimat penarik perhatian. Salah satu caranya dalah dengan berfikir dari sudut pandang konsumen.

contoh advertising dalam bahasa inggris
Illustrasi

Beberapa contoh jenis headline ini: “Ingin terlihat putih bersinar  dalam 10 hari hanya dengan 15 menit per hari?”, “ Cara menaikkan omset secara tiba tiba dalam 1 minggu”, dan semacamnya. Sangat menarik bukan?

  • Fokus dengan informasi

Tipe headline seperti ini biasa digunakan untuk para pebisnis yang telah memiliki basis pelanggan, biasanya pada bisnis yang telah memiliki brand yang besar. Headline digunakan untuk menyampai kan informasi-informasi terbaru seputar produk. Tentu tidak menarik jika kalian belum memiiki brand.

Berikut contoh headline dengan pendekatan fokus informasi: “Memperkenalkan, produk penumbuh uban termutakir!”, “Menghebohkan, Smartphone terbaru kami dengan kamera lebih baik dari DSLR.,” dsbg.

  • Memancing Rasa Ingin Tahu

Headline seperti ini berisikan  pertanyaan, penyataan atau tantangan yang bersifat memancing rasa penasaran orang yang melihat kalian sehingga tergoda untuk  mencari dan mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produk tsb.

Beberapa contoh headline dengan pendekatan ini yaitu: “Dapatkan Handphone Anda melakukan ini?”

“Gila Makan membuat gemuk?, Bagaimana jika kami bilang tidak?”, dsbg.

  • Menawarkan Cara Cepat Dan Mudah

Headline ini terbilang unik, karena kata-kata penyajianya  seolah–olah menawarkan sebuah solusi konkrit dari sebuah masalah sehingga mengangkat nilai jual dari sebuah produk. BIasanya headline jenis ini digunakan untuk produk jasa, pengembangan diri, atau produk lain yang menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam memecahkan masalah calon pembeli. Biasanya juga di lengkapi dengan angka untuk menambah daya tarik.

Contoh headline dengan pendekatan seperti ini: “Ingin cepat Kaya dalam 2 minggu?.”, “ Kulit gosong  Anda 2 kali menjadi putih dalam 3 hari atau kami kembalikan uang anda.”

3. Membuat penawaran yang tidak bisa ditolak

Salah satu cara membuat advertismenet yang efektif adalah dengan mencantumkan penawaran yang sangat mengiurkan bagi calon konsumen, sehingga berat bagi mereka untuk menolak. Biasanya penawaran ini dalam bentuk diskon atau pengurangan harga, percobaan gratis, pengiriman gratis, atau lainnya.

Dengan kejutan tersebut diawal, akan menarik mereka untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk kita. Lanjkah selanjutnya tinggal memastikan mereka mendapatkan informasi yang benar mengenai produk yang ditawarkan.

4. Buat Pelanggan merasa aman

Biasanya salah satu faktor orang tidak mamu membeli suatu produk dikarenakan banyak isu-isu tak sedap yang berkembang. Sehingga membuat pembeli ragu akan kualitas barang yang dia jumpai.

Yang kalian perlu lakukan hanya memastikan mereka aman untuk membeli. Usahakan untuk keraguan para pembeli, salah satu caranya dengan memberikan mereka  kesempatan untuk mencoba produk atau dengan memberikan garansi pemakaian dengan jangka waktu tertentu. Jika produk kalian memang baik, jangan khawatir!

5. Bersifat Persuasif

Penggunaan kalimat persuasive sangat bergunan untuk mendorong merekan mengambil tindakan terhadap advertising, bukan hanya membaca dan menganggukkan kepala. Desak mereka untuk langsung memesan atau membayar layanan kalian. Paling tidak mereka tertarik dan mencari informasi lebih lanjut.

6. Tampilan Mudah Dipahami dan Menarik

Dalam membuat advertisement yang baik, bagian ini merupakan bagian yang juga harus kalian pertimbangkan. Hidari membuat advertisement yang terlalu padat akan informasi, kalian dapat mencantumkan website atau no kontak untuk informasi lebih lanjut. Hanya saja pastikan desain yang kalian buat menarik sehingga membuat orang tertahan untuk melihat iklan kalian dan mencari informasi lebih lanjut.

Contoh Advertisement dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Setelah bahasan panjang mengenai advertising, berikut contoh contoh advertisement dalam bahasa inggria yang dapat kalian jadikan sebagai insipirasi :

  • Contoh Advertisement Makanan

    1. Contoh Reminder Advertisement MC Donald

contoh advertisement bahasa inggris makanan
Iklan MC Donald

Ini merupakan contoh advertisement dalam bahasa inggris dari salah satu brand fast food terbesar di dunia. Iklan diatas tergolong sebagai reminder advertising, karena pesan yang disampaikan berupa penghimbauan, atau penginformasian kepada para pelanggan setia, bahwa MC donald menyediakan WIFI gratis. Dengan desain iklan yang simple dan menarik, membuat orang fokus dan bertanya-tanya sembari mencari tahu lebih lanjut mengenai makna yang terkandung dalam iklan ini.

Baca juga : Contoh iklan lowongan perkerjaan dalam bahasa inggris

2. Contoh Informative Advertisement Permen dalam Bahasa Inggris

contoh advertisemnet dalam bahasa inggris
Iklan Permen Chupa-Chups

Mungkin kalian akan bertanya-tanya melihat contoh advertisement dalam bahasa inggris ini, bagaiman mungkin para gerombolan semut malah berlali menjauhi permen. Iklan ini merupakan iklan informatif, karena sang pengiklan berusaha menyisipkan pesan informasi tertentu mengenai produk, yaitu permen ini bebas gula.

3. Contoh Persuasive Advertisement Minuman Pelangsing

Iklan minuman Pelangsing
Iklan Minuman Pelangsing

“Need to lose a little wedding before your wedding?” artinya “Ingin menurunkan sedikit berat badan sebelum pernikahanmu?”. Iklan yang sangat unik dan menarik bukan? membuat siapa saja yang melihat akan memiliki kesan tersendiri. Iklan ini merupakan iklan minuman pelangsing bernama Slim Fast.

  • Contoh Advertisement Service

1. Reminder Advertisement Jasa Pengiriman Barang

Iklan jasa pengiriman barang
Iklan jasa pengiriman barang

Contoh advertisement dalam bahasa inggris yang satu  merupakan iklan jasa pengiriman barang salah satu brand terkenal yaitu FedEx. Desain yang ditampilkan cukup menarik dan sarat akan makna. membuat semua orang mengerti tentang branding FedEx secara lebih mendalam. Desain yang cukup simple dan minim penjelasan, karena iklan ini hanya bertujuan sebagai reminder brand.

2. Persuasive Advertisement Penyalur Tenaga Kerja

Iklan jasa lowongan perkerjaan
Iklan Jasa Penyedia Perkerjaan

Iklan ini merupakan iklan perusahaan penyalur tenaga kerja. Konsep iklan ini dikemas dengan baik dan menarik. Digambarkan seorang lelaki yang berkerja di dalam mesin SPBU untuk menuang setiap pesanan bahan bakar. Terdapat tulisan “Life’s too short for the wrong job. jobsintown.de” yang bermakna “Hidup terlalu singkat, jangan habiskan untuk perkerjaan yang tidak sesuai”. Pembaca dipancing untuk mengetahui lebih lanjut informasi dengan mengunjungi website.

Baca juga: Contoh iklan produk dalam bahasa inggris

  •  Contoh Advertisement Produk

1. Reminder Advertisement Produk Kecantikan

Iklan Produk Kecantikan Nivea Night
Iklan Produk Kecantikan Nivea Night

Iklan produk kecantikan ini memiliki konsep yang menarik, sesuai dengan keunggulan produk yaitu krim malam. Dengan warna permainan warna background dan kemasan, mereka membuat bentuk bulan sabit. Iklan ini tergolong iklan reminder yang mana memperkenalkan produk dengan branding yang sudah kuat.

Baca juga : Contoh iklan dalam bahasa inggris beserta artinya

2. Informative Advertisement Pemotong Bulu Hidung Panasonic

Contoh Advertisement dalam Bahasa Inggris
Iklan Pemotong Bulu Hidung

Contoh advertisement dalam bahasa inggris ini merupakan iklan produk pemotong bulu hidung. Desain iklan ini sagatlah menarik, dengan memanfaatkan beberapa element yang berguna sperti kabel yang melintang. ide pembuatan iklan ini sangatlah kreatif, dan pasti akan membuat orang terheran-heran dan terpana.

Itulah tadi bahasan seputar Contoh Advertisement dalam Bahasa Inggris, semoga dapat menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi kalian semua. terima kasih!

 

Leave a Comment