Aloe Vera Center Pontianak

7 Keajaiban Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut Kalian

Kandungan dan Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut

Howdy Borneans, pada kesempatan sebelumnya admin sudah berbagi mengenai Aloe Vera Center Pontianak. Kali ini admin akan membahas lebih dalam mengenai manfaat lidah buaya bagi rambut.

Tanaman yang berasal dari Barat Afrika ini memang termasuk salah satu tanaman yang terkenal memiliki banyak khasiat dan sudah terkenal sebagai obat segala macam penyakit. Mulai dari manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan kolesterol, anti mikroba melawan bakteri pathogen, pembersih tubuh, pelindung tubuh karena memiliki kandungan antibiotic, bahan yang memperlambat penuaan dini, dan bahan anti luka bakar.

manfaat aloe vera bagi rambut
Illustrasi

Disamping itu lidah buaya juga digunakan untuk keperluan kecantikan. Banyak sekali produk-produk kecantikan menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahan pembuatannya. Mulai dari produk perawatan kulit dan rambut. Aloe Vera kaya akan asam amino dan protein yang sangat bagus bagi kesehatan rambut.

Aloe Vera Bagi Rambut

Rambut kita terdiri dari protein yang disebut dengan keratin yang mana membutuhkan banyak protein untuk tetap tumbuh dengan subur. Dengan menggunakan lidah buaya kalian dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan rambut untuk tumbuh.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Apabila kalian sangat ingin untuk memiliki rambut layaknya model iklan shampo yang begitu berkilau, sehat dan kuat. Tentu saja kalian dapat memiliki rambut tersebut, bahkan tanpa harus membeli shampo mahal yang seperti di iklan. Salah satu caraya adalah dengan cara yang natural dan sehat yaitu dengan menggukanan bahan aslinya, Aloe Vera.

Lidah buaya pada dasarnya merupakan tanaman ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai permasalahan pada rambut secara natural. Lidah buaya dapat membersihkan, memberi nutrisi, melindungi rambut dari kerusakan, den membuatnya berkilau. Lidah buaya akan sangat memberi manfaat jika kalian menggunakannya secara teratur.

Kandungan Lidah Buaya

Nama Aloe Vera berasal dari bahasa mesir kuno yang bermakna tanaman keabadian. Istilah tersebut digunakan karena kandungan dan manfaatnya yang luar biasa.

Anatomi Tanaman

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Aloe Vera

Setiap daun Lidah buaya terdiri dari 3 lapisan, yang pertama lapisan gel dalam yang terdiri dari 99% air dan kemudian sisanya asam amino dan vitamin lainnya. Lapisan kedua merupakan lapisan latex yang mengandung beberapa vitamin. Sedangkan lapisan ketiga, lapisan tebal terluar yang terdiri dari 15-20 cell yang membentuk kulit yang memiliki fungsi sebagai pelindung dan tempat fotosintesis. Didalam kulit terdapat jalur transportasi makanan yang sering disebut dengan xylem dan phloem.

Komposisi Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki 75 kandungan aktif seperti vitamins, enzim, mineral, gula, lignin, Asam Salicylic, saponins, dan asam amino.

  1. Vitamin

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Lidah buaya mengandung vitamin A (beta karoten), C dan R. Bahan bahan tersebut merupakan antioksidan. Disamping itu juga terkandung B12, Asam folic, dan choline. Anti oksidan merupakan penangkal radikal bebas.

  1. Enzim

Lidah buaya mengandung 8 enzim, yaitu aliase, amylase, alkaline, bradykinase, selulale, catalase, lipase, dan peroxidase. Bradukinase adalah kandungan yang dapat sangat membantu untuk mengurangi efek luka bakar atau efek paparan sinar matahari. Selain itu, juga digunakan untuk proses pemecahan gula dan lemak.

  1. Mineral

Aloe vera menyediakan kalsium, copper, selenium, magnesium, chromium, potassium, zinc dan sodium. Element tersebut sangatlah penting untuk proses metabolism dan sebagai antioksidan.

  1. Gula

Lidah buaya memiliki monosaccharides (glukosa dan fructosa) dan polysaccharide (polymannose/glucomannas) dan beberapa element lainnya.

  1. Anthraquinones

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Terapat 12 macam anthraquinones yang mana merupakan senyawa fenolik tradisional dikenal sebagai obat pencahar. Disamping itu terdapat juga, Aloin dan emodin yang bertindak sebagai analgesik, antibakteri dan antivirus

  1. Asam Lemak

Dalam lidah buaya terdapat cholesterol, campesterol, β-sisosterol and lupeol. Bahan tersebut merupakan bahan anti-inflasmasi. Disamping itu lupeol juga merupakan bahan antiseptic dan analgesik.

  1. Hormones

 Terdapat hormone Auxins and gibberellins yang dapat membantu penyembuhan luka dan bahan anti inflamasi.

  1. Mineral Lainnya

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Lidah buaya menyediakan 20 asam amino dari 22 yang diperlukan tubuh dan menyediakan 7 dari 8 asam amino penting yang diperlukan tubuh. Beberapa bahan lain seperti asam salicylic yang berguna untuk anti-infalamasi dan anti bakeri. Lignin, yang berguna untuk meningkatkan efek penetrasi dari bahan-bahan lain ke dalam kulit . Saponin yang merupakan zat sabun membentuk sekitar 3 % dari gel dan memiliki pembersihan dan sifat antiseptik.

Itulah kandungan dari lidah buaya yang sangat kaya dan berguna bagi manusia.

 

Manfaat bagi rambut

Seiring dengan berlimpahnya kandungan dari lidah buaya, berikut manfaat lidah buaya bagi rambut.:

1. Anti Ketombe

Manfaat lidah buaya bagi rambut yaitu dapat digunakan sebagai obat anti ketombe dan pencegah ketombe.  Seperti yang kita ketahui, aloe vera biasa digunakan untuk melembabkan kulit kering dari luka bakar cahaya matahari. Aloe vera dapat juga digunakan untuk melembabkan kulit kepala yang kering dan menghilangkan ketombe. Lidah buaya membantu mengobati kulit kepala yang terkelupas.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Sealin itu, lidah buaya juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, yang bekerja untuk merangsang produksi minyak pelembab. Minyak pelembab tersebut beguna untuk menyeimbangkan kelembaban kulit yang terlalu kering. Lidah buaya dapat membawa senasi menyegarkan dan dingin ke kulit kepala.

2. Mengobati Rambut Berminyak

Manfaat lidah buaya bagi rambut yang kedua, yaitu untuk perawatan rambut kering, biasanya pada saat perawatan akan disertai dengan kelebihan minyak pada rambut. Dengan menggunakan Aloe Vera, kalian bisa mengatasi masalah rambut berminyak saat perawatan rambut kering. Lidah buaya dapat menyeimbangkan minyak yang dibutuhkan kulit sehingga menyebabkan kulit tidak terlalu berminyak ataupun kering.  Kalian dapat menggunakan jus aloe vera dengan sedikit tambahan lemon sebagai pembilas. Ini sangat membantu untuk menyeimbangkan minyak.

3.Mencegah Rambut Mati

Asam amino dalam Aloe Vera dapat meningkatkan kekuatan dan kilauan rambut kalian. Sehingga membantu untuk menjinakkan rambut mati dan terus menjaganya tetap mengkilap dan halus. Aloe Vera juga membantu mencegah rambut kusut dengan menjaga kelembabanya dan melancarkan aliran darah kepala.

4.Mencegah dan Mengobati  Rambut Rontok

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Aloe Vera dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan menggunakan aloe vera secara teratur, kalian akan memajakan folikel rambut dan mengurangi penipisan. Seiring dengan pencegahan rambut rontok, enzim Aloe Vera memicu pertumbuhan rambut dengan membantu kulit mempertahankan kelembaban, dan dengan membersihkan sel-sel kulit mati dari kulit kepala.

5. Menumbuhkan Rambut

Berdasarkan penelitian University of Hawaii, penggunaan Aloe Vera untuk rambut rontok sudah dilakukan sejak zaman mesir kuno. Bahkan, Aloe Vera mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Enzim-enzim proteolitik mampu memberantas sel-sel kulit mati pada kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut, sehingga tidak memungkinkan untuk tumbuh dengan baik.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Kondisi seperti peradangan kulit kepala, yang terjadi karean akumulasi sebum (lapisan lilin lemak) pada kulit kepala, dapat mengakibatkan kebotakan. Zat keratolic pada Aloe Vera dapat memecah sebum dan kulit kepala mati sel,dan memicu rambut untuk tumbuh dengan baik.

Juga, sifat alkalizing Aloe Vera dapat menjaga keseimbangan kelembaban kulit kepala dan pH rambut seimbang, sehingga memicu pertumbuhan rambut lebih lanjut, sambil membantu rambut menahan air dan kelembaban.

6. Sebagai obat Anti-Gatal

Lidah buaya dapat digunakan untuk meringankan gatal dan kekeringan. Penyakit gatal pada kuli kepala termasuk masalah yang sangat menjengkelkan, seperti psoriasis dan eksim. Psoriasis adalah penyakit auto-imun yang ditandai dengan produksi sel kulit berlebihan. Sifat enzimatik Aloe Vera, memungkinkannya untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan.

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan
Illustrasi

Poduksi sel kulit berlebih adalah awal dari masalah Psoriasis (kulit bersisik karena radang), Aloe vera sangat berguna untuk menyelesaikan masalah ini. Aloe Vera dapat mengurangi kemerahan, kulit bersisik, gatal dan radang kulit kepala psoriasis.

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80% dari pasien psoriasis diobati dengan Aloe Vera menunjukkan perbaikan.

Cara Penggunaan Lidah Buaya pada Rambut

Pada permasalahan rambut, aloe vera dapat digunakan dengan berbagai macam pengaplikasian. Kalian dapat mencoba sesuai dengan yang kalian inginkan.

1. Pre-Shampo

Gunakan jus lidah buaya yang dicampur dengan santan dan minyak gandum sebagai pengobatan pre-shampoo untuk mengurangi penumpukan ketombe. Enzim alami lidah buaya dapat menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan dan jamur yang menyebabkan ketombe (Malassezia). Selain itu juga dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut
Illustrasi

Terapkan untuk kulit kepala Anda sebagai pengobatan sebelum mencuci akan memberikan kesegaran sebelum proses keramas. Pijat gel ke kulit kepala Anda dan biarkan selama sepuluh menit, kemudian bilas sebelum keramas.

Anda juga dapat menggunakan jus lidah buaya untuk tujuan yang sama. Untuk perawatan pra-sampo ringan, campurkan jus lidah buaya, santan dan minyak gandum.

2. Shampoo

Gel Aloe vera gel dapat menjadi shampoo pelembab yang baik. Beberapa shampoo dapat membuat rambut Anda kering dan kaku. Periksa bahan-bahan tersebut dan mencoba sampo yang mengandung lidah buaya, atau menambahkan beberapa gel lidah buaya ke shampoo favorit Anda saat ini. Aloe vera adalah pelembab alami akan sangat berguna membuat rambut Anda kuat dan lembab.

3. Conditioner

Untuk wanita yang suka mengikat rambunya, minyak akan terjebak pada akar rambut. Namun jangan khawatir, lidah buaya memiliki 20 macam asam amino yang dapat menjaga kelembaban dan kondisi rambut kita.

Kalian dapat menggunakan lidah buaya sebagai kondisioner, berikut cara pembuatannya:

Cara Membuat Conditioner

  1. Potong daun lidah buaya
  2. Gunakan sendok untuk mengambil semua gel yang terdapat di daun
  3. Gunakan pada rambut yang telah dibasahkan, mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut.
  4. Bungkus rambut kalian dengan handuk basah dan biarkan pengobatan meresap selama kurang lebih 15 menit
  5. Bershikan Rambut kalian

Kalian harus mencoba khasiat tanaman ajaib ini. Bagi kalian yang takut dengan efek samping shampoo yang kalian gunakan, kalian dapat beralih ke ramuan alami ini. Tidak ada yang perlu diragukan lagi, lidah buaya sudah digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun yang lalu. Sekarang sudah saatnya kembali ke yang alami!

 

By : Paksi JM

Source : http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2763764/

1 thought on “7 Keajaiban Manfaat Lidah Buaya Bagi Rambut Kalian

Leave a Comment