[Pemula] Cara Ternak Ikan Nila: Jenis & Keuggulan Budidaya

Ternak ikan nila-merupakan ikan konsumsi air tawar yang masih satu kerabat dengan ikan mujair. Ikan nila biasa ditemukan di perairan sungai, danau, dan waduk. Ikan ini termasuk kedalam jenis omnivora (pemakan segalanya).

Ikan nila merupakan ikan yang sangat digemari dikalangan masyarakat pecinta kuliner. Banyak para wirausaha yang memilih menggeluti usaha beternak nila dibanding beternak ikan lain, ini dikarenakan beberapa kemudahan dan keunggulan yang diperoleh dengan beternak ikan nila. Berikut beberapa keunggulan dan kemudahan beternak ikan nila:

Keunggulan Budidaya Ikan Nila

1. Modal Kecil

bisnisukm.com

Budidaya ikan nila sangat cocok untuk para pemula. Hal ini dikarenakan dengan modal kecil, para pelaku usaha sudah bisa menjalankan usaha ternak ikan nila. Bahkan tidak sedikit peternak ikan nila yang berhasil meraup keuntungan hingga jutaan rupiah untuk sekali panen, walau hanya dengan modal yang sedikit. Tidak sedikit pula yang mampu menghasilkan ratusan juta rupiah dari usaha budidaya ikan nila.

2. Pangsa Pasar Luas

maxmanroe.com/

Tahukah anda, mengapa sebagian peternak nila bisa memperoleh keuntungan besar? Ini dikarenakan pangsa pasar ikan nila yang luas. Ikan nila termasuk ikan yang paling diminati oleh masyarakat. Sehingga permintaan ikan nila untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tidak pernah surut. Bahkan dalam masa tertentu permintaan ikan nila dapat meningkat drastis. Hal inilah mengapa ternak ikan nila merupakan usaha yang sangat menguntungkan. Perlu anda ketahui! Semakin luas pangsa pasar maka semakin besar pula potensi keuntungan yang akan diperoleh.

3. Benih Mudah Didapat

pertanianku.com

Keunggulan lain dari beternak ikan nila adalah mudahnya memperoleh benih. Benih ikan nila memiliki harga yang bervariasi. Semakin unggul benih ikan semakin mahal pula harga yang harus dibayar. Meskipun terasa berat, perlu anda ketahui! benih ikan nila unggul pastinya berkualitas tinggi sehingga jarang sekali terserang penyakit. Itu artinya risiko kematian dapat ditekan secara optimal. Sehingga ketika masa panen jumlah ikan nila dihasilkan maksimal. Bukan hanya itu, harga dari ikan nila yang berasal dari benih unggul jauh lebih mahal dibanding ikan nila yang berasal dari benih biasa. Sehingga keuntungan yang didapat pasti jauh lebih besar.

4. Jenis Ikan Nila Beragam

arenahewan.com

Ikan nila merupakan ikan konsumsi air tawar yang terdiri dari berbagai jenis. Setiap jenis ikan nila memiliki keunggulan masing-masing. Dari banyaknya jenis ikan nila ada beberapa diantaranya yang paling diminati oleh sebagian besar masyarakat. Nah berikut adalah beberapa jenis ikan nila yang banyak diminati sebagai ikan konsumsi:

1. Ikan Nila Lokal

Ikan nila lokal merupakan ikan yang sering dijumpai dipasaran. Dari namanya pasti terlintas dibenak kalian ikan nila ini berasal dari Indonesia, namun sebenarnya ikan nila lokal bukan berasal Indonesia melainkan dari negara Taiwan. Ikan ini kemudian dikembangbiakkan di Tondano, Sulawesi Utara baru yang akhirny menyebar keberbagai pelosok negeri di seluruh Indonesia.

2. Ikan Nila BEST (Bogor Enhanced Strain Tilapia)

Ikan nila best ialah salah satu jenis ikan nila yang dihasilkan melalui pemuliaan generasi ke-6 nila GIFT. Keunggulan dari ikan nila best adalah hemat pakan dan pertumbuhannya cepat, tak hanya itu saja, ikan nila best juga mampu menghasilkan benih dengan ukuran yang lebih besar dan lebih banyak dibanding ikan jenis lain, persentase kemungkinan hidupnya pun lebih tinggi dan mampu bertahan hidup di berbagai kondisi lingkungan.

3. Ikan Nila Merah GIFT (Genetic Improvement of Farmed Tilapia)

Ikan nila merah GIFT merupakan jenis ikan nila yang dihasilkan melalui persilangan antara 8 jenis ikan, yakni varietas ikan dari Kenya, Ghana, Singapura, Thailand, Israel, Mesir, Senegal, dan Taiwan. Keunggulan ikan nila GIFT dibanding ikan nila lokal ialah lebih tahan terhadap penyakit serta masa produktif ikan terbilang cukup panjang antara 1.5 tahun sampai 2 tahun.

4. Ikan Nila Nirwana (Nila Ras Wanayasa)

Ikan nila yang satu ini dihasilkan melalui persilangan dan rekayasa genetik antara ikan nila Gift dan nila GET Filipina. Ikan nila nirwana banyak dibudidayakan oleh para peternak ikan sebab pertumbuhannya lebih cepat. Dalam waktu 6 bulan saja beratnya mampu mencapai 1 kilogram. Tekstur dagingnya pun lembut dan tebal. Harga dari ikan nila arwana pun dibilang cukup mahal. Hal inilah mengapa ikan nila nirwana sangat disukai para peternak ikan.

5. Ikan Nila Gesit

Jenis ikan nila lain yang banyak dibudidayakan adalah ikan nila Gesit. Ikan nila yang satu ini memiliki tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Ikan nila gesit mampu mencapai berat setengah kilo hanya dalam waktu kurang dari 6 bulan. Selain itu, ikan nila Gesit memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi untuk memproduksi benih jantan. Bahkan persentasenya mencapai 98%.

5. Harga Jual Tinggi

mencari.info

Keunggulan lain dari ikan nila adalah harga jualnya terbilang cukup tinggi dan jarang sekali mengalami penurunan. Rata-rata harga yang dipatok mencapai Rp25.000,00 – Rp30.000,00 per kilogram.

6. Keuntungan Besar

resepustaka.blogspot.com

Dengan harga jual yang senantiasa stabil, tidak ada keraguan lagi bagi anda akan mengalami kerugian. Sebaliknya, dengan kondisi yang senantiasa stabil bahkan disaat permintaan konsumen melonjak, keuntungan yang didapat bisa berlipat-lipat dari biasanya.

7. Pemasaran Mudah

selerasa.com

Permintaan pasar akan ikan nila seakan tidak pernah surut. Itulah sebabnya mengapa dalam memasarkan ikan nila sangatlah mudah. Anda bisa menjualnya sendiri, menjual kepada pengecer, pengepul ikan, bekerja sama dengan warung makan, kafe, supermarket, atau bahkan jasa katering.

Cara Budidaya Ternak Ikan Nila

1. Menyiapkan Kolam Terpal

farming.id

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan kolam. Ada berbagai jenis kolam. Namun untuk para pemula dianjurkan untuk menggunakan kolam terpal, sebab harganya yang lebih murah dan pembuatannya yang mudah. Anda bisa membuatnya sendiri akan tetapi untuk meminimalisir kesalahan dalam pembuatan anda bisa membeli kolam yang sudah jadi.

Ukuran kolam sangat bervariasi, tergantung berapa banyak ikan yang akan dibudidayakan. Untuk ikan nila 500 ekor, ukuran kolam 2×3 meter dapat menghasilkan 100 hingga 200 kilogram ikan ketika panen. Sementara itu untuk ikan nila dengan jumlah benih 1000 ekor, ukuran kolam 4×6 meter dapat menghasilkan 300 hingga 400 kilogram ikan ketika panen.

Baca Juga: Jual Kolam Terpal Murah, Pengiriman Seluruh Indonesia!

2. Menyiapkan Benih Ikan Nila

kabartani.com

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan benih ikan nila. Anda bisa mendapatkan benih ikan di agen-agen benih ikan di kota anda.pasyikan benih yang anda pilih adalah benih unggul. Ciri-ciri dari benih ikan nila unggul yakni gerakannya lincah, ukuran sama, aktif, dan tidak ada cacat.

3. Pengisian Air Kolam Terpal

zulfanfarm.blogspot.com

Untuk kedalaman air kolam yang baik untuk pertumbuhan ikan nila adalah 100 cm hingga 120 cm dengan pH 7 atau pH 8. Sementara itu, untuk hasil optimal air yang bagus untuk ikan nila adalah yang memiliki suhu 25 hingga 30 derajat celcius.

4. Penyebaran Benih

youtube.com

Sebelum benih ikan disebar, perlu dilakukan penaburan probiotik terlebih dahulu untuk mempercepat proses pertumbuhan mikroorganisme. Proses ini biasanya memakan waktu selama 7 hingga 10 hari. Setelah mikroorganisme tumbuh dengan sempurna, benih ikan nila bisa ditebar sesuai dengan kapasitas kolam.

5. Pemberian Pakan

shopee.co.id

Setelah penaburan benih, pemberian pakan baru dapat dilakukan pada hari ketiga setiap pagi dan sore. Hal ini dilakukan agar benih ikan terlebih dahulu menyantap mikroorganisme yang ada. Untuk memaksimalkan proses pertumbuhan, pakan perlu dicampur dengan azolla atau vitamin ikan.

6. Perawatan Ikan Nila

spot-mancingikan.blogspot.com

Pemeliharaan ikan nila terbilang sangat mudah. Hanya perlu melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Pemberian pakan secara teratur sesuai dosis dengan campuran vitamin
  • Mengganti air secara berkala agar ikan terhindar dari stress
  • Melakukan penyortiran untuk meminimalisir risiko kematian ikan akibat kanibalisme.

7. Panen

maxmanroe.com

Umumnya, memanen ikan nila baru dapat dilakukan setelah 4 hingga 6 bulan pemeliharaan, tergantung jenis ikan nila. Pakan yang berkualitas dan kondisi air yang bagus turut mempercepat proses panen.

Baca Juga: Proses Pembibitan dan Perawatan Ternak Lele yang Benar!

Naah, gimana guys tertarik untuk mulai bergelut di dunia budidaya nila? FYI peluang usaha budidaya ternak nila ini masih sangat luas. Jika ditekuni dengan serius dan sabar akan mengasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Jadi ngga ada salahnya buat dicobakan? Good Luck!

Nadya Lestari: Hello my name is Nadya Lestari, My hobby is singing and I love a "free" time so much . . . I hope you enjoy this article