9 Tempat Wisata di Magelang Terpopuler Sepanjang Masa [2019]

Tempat Wisata di Magelang- Magelang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang beribukotakan Kota Mungkid. Sama halnya  seperti wilayah-wilayah Indonesia lain yang memiliki tempat-tempat wisata andalan sebagai penarik wisatawan, demikian juga dengan kabupaten yang satu ini. Magelang juga punya beragam destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi.

Sebut aja Candi Borobudur, siapa sih yang nggak kenal candi peninggalan Dinasti Syailendra yang udah terkenal dan diakui dunia ini? Iya, Borobudur memang menawan, tapi . . .nggak cuma Candi Borobudur tempat wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi. Masih banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi dan kamu kagumi di kota sejuta bunga ini. Nah Kali ini kita bakal ngasi kamu referensi 9 tempat wisata di Magelang yang paling populer sepanjang masa.

Apa Jasa Tempat Wisata di Magelang?

  • Warisan Budaya yang Diakui Dunia (Candi Borobudur)
  • Bangunan Suci Peninggalan Raja Indra (Candi Mendut)
  • Candi Selogriyo
  • Masjid Agung Magelang
  • Komplek Makam Gunungpring
  • Rintik Nyaring Curug Silawe yang Damai
  • Rafting Sungai Elo
  • Negeri Awan di Puncak Bukit Punthuk Setumbu
  • Alun-Alun Magelang

So . . . let’s check it out !!!

Mengenal Sejarah Melalui Wisata Candi

1. Warisan Budaya yang Diakui Dunia (Candi Borobudur)

https://medium.com/vanamali-mataji/the-borobudur-temple-16608486dfed

Kalau udah dengar Borobudur pasti langsung kepikiran Jawa Tengah atau tujuh keajaiban dunia aja nih hehehe. Nggak usah heran kenapa, karena wajar kok! Candi Borobudur memang udah terkenal ke hampir seluruh penjuru dunia sebagai monumen buddha terbesar di dunia warisan budaya leluhur.

Sebenarnya candi ini merupakan tempat peribadatan umat buddha mahayana yang dibangun pada masa dinasti Syailendra sekitar abad ke-8 masehi. Mahakarya yang satu ini rugi kalau nggak kamu kunjungi, karena lanscape dan kemegahan bangunan ini bisa dibilang luar biasa. Penasaran kan kayak apa?

Bangunan ini disusun dari batuan andesit dengan bentuk persegi panjang yang berundak dengan empat buah tangga dari setiap arah mata angin. Dimana setiap tingkatan punya  makna dan cerita masing-masing. So, nunggu apalagi yuk cus kesini!

2. Bangunan Suci Peninggalan Raja Indra (Candi Mendut)

https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Mendut

Tempat wisata Candi yang kedua adalah Candi Mendut. Candi Mendut terletak di jalan Mayor Kusen kota Mungkid, Magelang. Jaraknya nggak jauh dari Candi Borobudur Cuma sekitar 3 km, jadi bisa sekalian mampir, kalau kata pribahasa sih sekali mendayung dua tiga pulai terlewati wkwkwk.

Kalau masalah pesona, candi ini cukup memikat, baik dari segi nilai sejarah maupun pemandangan alam sekitar. Bicara sedikit tentang sejarah candi mendut, candi ini diperkirakan dibangun pada masa pemerintahan Raja Indra dinasti Syailendra. Kok bisa diduga? Iya perkiraan ini didasarkan pada penemuan prasasti karangtengah yang bercerita tentang Raja Indra yang membangun sebuah bangunan suci yang diberi nama “Wenuwana”. Yang kemudian oleh arkeolog belanda J. G. de Casparis dihubungkan dengan Candi mendut.

Baca Juga : 14 Tempat Wisata Di Makassar Dan Sekitarnya Gratis & Instagramable

3. Candi Selogriyo

https://liburmulu.com/wisata-di-magelang-instagramable-hits/candi-selogriyo-by-ig-anak_dusun_/

Masih di part candi, sekarang kita mau ngajak kamu ke candi Selogriyo. Candi ini agak beda dari dua candi sebelumnya, karena candi Selogriyo bercorak Hindu. Candi ini terletak di desa Candisari, Kecamatan Windusari, Magelang. Bangunan candi ini didirikan sekitar pada abad ke-9 masehi pada masa kerajaan Mataram Kuno.

Nggak cuma itu aja, pemandangan dari candi ini juga wow banget! Karena letaknya yang strategis di pertemuan tiga bukit yakni Bukit Giyanti, Bukit  Condong, dan Bukit Malang. Kebayangkan gimana indahnya pemandangan hamparan barisan bukit dari Candi ini. Dijamin puas sama semua suguhan wisata dari tempat ini.

Tempat Wisata Religi di Magelang

1. Masjid Agung Magelang

https://pesonamagelang01.blogspot.com/

Kalau kamu seorang muslim, jangan ngaku ke Magelang kalau belum ke sini. Yaps, Masjid ikon kota Magelang ini  kamuharus kunjungi kalau mampir ke Kota Magelang. Why? Karena masjid ini bisa dibilang merupakan saksi bisu dari perjalanan panjang kota Magelang dan pastinya megah yang penuh akan nuansa religi dan keagungan sang pencipta.

Masjid ini dibangun pada masa penjajahan inggris yang diprakarsai oleh Sajid Alwi bin Achmad Danuningrat (Danuningrat I) bupati pertama Magelang dengan nama Masjid Jami’ pada tahun 1894. Dan mulai lebih dikenal sebagai masjid agung Magelang setelah pemugaran pertama pada masa pemerintahan bupati ke-4 sampai sekarang.

Bangunan suci yang terletak di jalan Alun-alun Barat kelurahan Cacaban, Magelang ini bertipologi jawa dengan atap bertumpak-tumpak dan selasar tambahan dibagian depan. Selasar ini sering dimanfaatkan oleh jama’ah untuk beristirahat sejenak sambil menunggu waktu sholat tiba.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata di Padang ini Wajib Untuk Anda Kunjungi !

2. Komplek Makam Gunungpring

http://wisatamuntilanmgl.blogspot.com/2017/02/makam-aulia-gunungpring.html

Tempat wisata religi berikutnya yang cukup populer adalah komplek makam gunungpring. Gunungpring (pring = bambu) adalah sebuah desa di kecamatan Muntilan, Magelang. Di desa yang banyak terdapat pohon bambu ini terdapat makam para Auliya dan ulama serta makam keturunan raja-raja. Karena termasuk bagian dari Wewengkon Kagungan Dalem Kraton Ngayogjakarta Hadiningrat.

Komplek makam Aulia buka 24 jam dengan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan ibadah pengunjung seperti : musholla, tempat wudhu, penginapan, area parkir, warung makan, souvenir, air bersih dan lain-lain.

Gunungpring memiliki ketinggian 400 meter di atas permukaan air laut. Dari puncak gunungpring kita bisa melihat wilayah kecamatan Muntilan beserta pemandangan alam yang luas, udara yang sejuk, serta pegunungan manoreh dari kejauhan. Di desa ini juga terdapat pondok pesantren yang sudah sangat tua yakni Ponpes Darussalam Watucongol.

Tempat Wisata Alam dan Keluarga di Magelang

Kalau tadi kita udah jalan-jalan cari ilmu sejarah, next kita bakal ajak kamu menyusuri keindahan alam Magelang. berikut destinasi wisata alam Magelang yang recomend it banget buat kamu. Simak yang fokus ya!

1. Rintik Nyaring Curug Silawe yang Damai

http://wisatamuntilanmgl.blogspot.com/2017/02/makam-aulia-gunungpring.html

Curug Silawe terletak di lereng gunung Sumbing sebelah selatan dengan ketinggian kurang lebih 500 meter di atas permukaan air laut. Tepatnya di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, kabupaten Magelang.Tidak jauh dari Curug Silawe terdapat Curug Sigong dengan akses jalan setapak dari semen cor. Pemandangan Curug Sigong tidak kalah indah dari curug Silawe karena kita akan disuguhkan pemandangan berupa jatuhan air terjun dari sela-sela tirai batu berbentuk persegi yang wonderfull banget.

Selama perjalanan menuju curug kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, berupa hamparan persawahan dan barisan bukit serta pepohonan hijau dengan udara yang masih asri. Yang membuat kita nggak akan merasakan capeknya perjalanan ke curug akibat medan yang cukup terjal dan terbilang sulit. Tapi kalau udah terlanjur capek dan nggak sanggup untuk langsung pulang di hari yang sama, tenang gengs karena disini pengelola juga menyediakan tempat berkemah buat kamu, seru kan!

2. Rafting Sungai Elo

https://arungjerameloprogo.com/paket-arung-jeram-sungai-elo-magelang/

Jika kebetulan kamu adalah pecinta alam dan penikmat tantangan, boleh ni coba alternatif wisata rafting atau arung jeram di Sungai Elo. Jarak rafting yang ditawarkan sungi elo sekitar 12 kilometer dengan kisaran waktu 2,5 sampai 3 jam. Sungai Elo sendiri terletak di desa Pare, Blondo, Kota Mungkid, Magelang.

Rafting sungai elo merupakan pilihan yang tepat untuk menikmati wisata sungai bersama keluarga atau teman-teman dekat termasuk bagi para pemula. Karena sungai elo memiliki tingkat bahaya rafting yang cukup rendah, apalagi kita akan dipandu oleh pemandu-pemandu berpengalaman, jadi jangan khawatir.

Sementara untuk briefing teknis-teknis keselamatan serta perlengkapan yang akan kita kenakan saat rafting nanti seperti helm, rompi, pelampung dan dayung akan disampaikan dan disiapkan oleh para pemandu.

Baca Juga : 13 Tempat Wisata di Palembang Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

3. Negeri Awan di Puncak Bukit Punthuk Setumbu

http://tempatwisataindonesia.id/punthuk-setumbu/

Bukit Punthuk Setumbu terletak di gugusan Pegunungan Manoreh dengan ketinggian mencapai 400 meter drpl. Dari puncak bukit kita bisa menyaksikan sunrise dari balik gunung Merbabu serta kemegahan Candi Borobudur yang dikelilingi lautan kabut bak negeri diatas awan.

Puncak Punthuk Setumbu merupakan pelataran luas dengan pagar-pagar pembatas. Di sini kita akan menemukan rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu yang bisa digunakan untuk duduk sembari menanti mentari terbit. Sekedar saran buat kamu yang ingin menikmati pemandangan Borobudur dikelilingi lautan kabut, usahakan datang sebelum pukul 05:00 pagi. Dan pemandangan sunrise cantik tanpa terhalang kabut usahakan datang pada musim kemarau.

4. Alun-Alun Magelang

https://beritautama.net/2017/12/28/malam-tahun-baru-alun-alun-magelang-bebas-kendaraan-bermotor/

Kayaknya memang semua tempat punya ikon buat ngumpul sekaligus wisata deh! Iya kayak Monas di Jakarta, Tokyo Tower di Tokyo, dan alun-alun kota di berbagai daerah khususnya di Indonesia. Begitu juga dengan Magelang yang punya Alun-alun Magelang sebagai ikon dan pusat keramaian kota dengan patung Pangeran Diponegoro menunggang kuda serta menara air bekas peninggalan belanda sebagai ciri khas.

Lokasi alun-alun magelang cukup strategis buat kamu masukkan ke dalam list tujuan tempat wisata di Magelang. Karena berada di pusat kota sehingga dekat dengan pusat perbelanjaan, disini juga banyak pedagang makanan dan jajajnan khas magelang. Dan kebetulan juga alun-alun magelang nggak begitu jauh dari masjid Agung Magelang jadi bisa mampir sekalian deh hehehe.

Di malam hari kamu bakalan betah buat berlama-lama bersantai disini, karena lampion-lampion bunga di alun-alun akan menyala dan membuat suasana semakin nyaman. Sehingga ramai keluarga di Magelang atau pelancong yang datang untuk sekedar bersantai sambil menikmati keramaian kota.

Nah, keren-keren kan rekomendasi tempat wisata di magelang dari kita, semoga bermanfaat. Salam Kota Sejuta Bunga. See you . . .

Nadya Lestari: Hello my name is Nadya Lestari, My hobby is singing and I love a "free" time so much . . . I hope you enjoy this article