[Terbaru] 14 Daftar Tempat Wisata di Banyuwangi yang Mempesona!

Wisata di Banyuwangi- Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang berasal dari provinsi Jawa Timur. Siapa yang tak kenal dengan provinsi yang satu ini. Jawa Timur terdapat banyak sekali destinasi wisata yang keren, unik, dan indah salah satunya ada di kabupaten Banyuwangi ini. Penasaran ada apa saja destinasi wisata yang memukau di Banyuwangi? Simak penjelasannya di bawah ini Bornean;

Apa saja Tempat Wisata di Banyuwangi ?

  • Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi
  • Wisata Pantai Pulau Merah
  • Pantai Wedi Ireng
  • Pantai Rajegwesi
  • Pantai Teluk Ijo
  • Teluk Biru Banyuwangi
  • Wisata Air Terjun Jagir Banyuwangi
  • Air Terjun Telunjuk Raung
  • Wisata Air Terjun Lider Banyuwangi
  • De’Djawatan
  • Kampung Primitif Banyuwangi
  • Kawah Ijen
  • Pura Agung Blambangan
  • Wisata Villa Bejong Sanggon

Berikut Penjelasan Detailnya;

Baca Juga :13 Tempat Wisata di Palembang Terpopuler yang Wajib Dikunjungi

Wisata Teluk dan Pantai di Banyuwangi

1. Pantai Plengkung (G-Land)

https://www.instagram.com/p/BoimSMpgB8h/swellamir

Wisata Banyuwangi ini berlokasi di Purworeju, Kalipait, Tegaldimo Kabupaten Banyuwangi. Pantai Plengkung terdapat di bagian Tenggara pulau Jawa. Pantai Plengkung ini juga memiliki nama populernya yaitu G-Land. Pantai ini dikategorikan memiliki ombak yang cukup besar, ombaknya berbentuk memanjang serta saat menggulung pantai ini berbentuk ombak yang hampir sempurna, sehingga pantai yang satu ini menjadi favorite nya para survers.

2. Pantai Pulau Merah

http://traveltime-ku.blogspot.com/2017/03/pantai-pulau-merah-tetap-jadi-primadona.html

Pantai Pulau Merah berlokasi di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini juga dikategorikan sebagai pantai terbaik di Jawa Timur loh Bornean. Pantai ini dikelilingi dengan hamparan pasir yang bewarna agak kemerahan. Terdapat pulau kecil di sana yang bernama Pulau Merah dan untuk pergi ke sana dapat menyewa perahu yang disediakan di Pantai. Pulau Merah yaitu batu besar yang sangat tinggi menjulang ke atas dengan rongga di tiap sisinya. Batunya ini memiliki ketinggian mencapai 200 meter.

3. Pantai Wedi Ireng

https://wisataid.com/keindahan-pantai-wedi-ireng-yang-begitu-menawan/

Pantai ini berlokasi di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai cantik ini memiliki pasir putih yang berkilauan. Jika ingin  ke sini, kalian harus melakukan penyebrangan menggunakan perahu/motor air dengan biaya Rp. 50.000,00/orang. Walaupun akses menuju tempat wisata yang satu ini lumayan jauh dan melelahkan tapi semua itu akan terobati saat melihat keindahan pantai ini dari dekat.

4. Pantai Rajegwesi

http://oknusantara.com/pantai-rajegwesi-banyuwangi-detail-57468.html

Wisata Banyuwangi ini berlokasi di Sarongan, Pessanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini tergolong masih sangat alami di Jawa Timur. Banyak sekali perahu nelayan yang tersedia untuk disewakan karena pantai ini difungsikan sebagai penyebrangan menuju Pantai Teluk Ijo. Di saat kalian menginjakkan kaki ke sini, kalian akan melihat banyaknya bebatuan sekaligus kuliner yang tersedia di depan pantai.

5. Pantai Teluk Ijo

https://limakaki.com/pantai-teluk-hijau-banyuwangi.html

Pantai Teluk Ijo beralamat di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi yang buka dari jam 07.00-16.30. Pantai ini ya Bornean rekomended banget bagi kalian para backpacker banyuwangi. Kalian akan disuguhkan dengan pantai yang bersih dengan pemandangan air yang hijau serta pasirnya uang putih menjadi incaran para wisatawan. Bagi kalian yang bingung ingin menghabiskan weekend bersama keluarga bisa mengunjungi pantai teluk ijo ini yang bisa ditempuh dengan 2 jalur yaitu jalur laut (penyebrangan) dan jalur darat.

6. Teluk Biru Banyuwangi

http://www.asliindonesia.net/teluk-biru-banyuwangi/

Teluk Biru Banyuwangi atau dikenal dengan Teluk Banya Biru ini berlokasi di Sengrong, Purwerejo, Alas Purwo National Park Purworejo. Laut di sini sangatlah bersih dipadukan dengan wisata taman lautnya yang sangat indah untuk kalian para traveling banyuwangi. Perjalanannya memang lumayan melelahkan tetapi semua akan tergantikan dengan keindahan dari pesona cantik Teluk Biru Banyuwangi ini.

Baca Juga :7 Daftar Tempat Wisata Di Cirebon Yang Super-Keren

Wisata Air Terjun di Banyuwangi

1. Air Terjun Jagir

https://dolandolen.com/sayang-bawa-aku-ke-banyuwangi/

Air Terjun Jagir berlokasi di Dusun Krajan, Kp. Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi buka pada pukul 06.00-17.00. Air terjun cantik ini terdapat 2 air terjun lagi yang berdekatan yang asalnya bukan dari aliran sungai melainkan dari 3 sumber air yang berbeda-beda. Ketinggian air terjun ini mencapai 20 meter. Air terjun ini pula mudah kok untuk dijangkau oleh masyarakat sekitar serta untuk kalian Bornean yang ingin mengunjungi air terjun ini.

2. Air terjun Telunjuk Raung

https://www.instagram.com/p/Bnmz1u4HNY_/prdndwi

Air Terjun Banyuwangi ini beralamat di sumber asih, sumberarum, songgon, kabupaten Banyuwangi. Air terjun ini buka pada pukul 06.00-18.00 dengan HTM Rp 10.000,00. Air terjun ini sangat cocok dan dianjurkan untuk kalian yang kebinggungan berwisata bersama keluarga di mana. Air Terjun Telunjuk Raung ini juga merupakan wisata baru Banyuwangi jadi tak heran kalian tidak akan menemukan orang berjualan disekitar air terjun dikarenakan tempat wisata ini masih baru, maka kalian yang ingin ke sini dianjurkan pula bawa bekal ya tapi ingat tetap jaga kebersihan di manapun berada.

3. Air Terjun Lider

https://www.instagram.com/p/Bo1e0ZTFiDI/infiatravel

Sesuai dengan namanya Air Terjun  Lider yaitu air terjun yang berlokasi di Lider, Sumberarum, Sanggon, Kabupaten Banyuwangi buka dari jam 08.00-17.00. Air Terjun Banyuwangi ini terkategori sebagai air terjun tertinggi yang ada di Banyuwangi karena berada di dataran tinggi. Untuk akses perjalananya cukup menguras tenaga tetapi semuanya akan terbalaskan dengan keindahan dan kesejukan dari air terjun Lider ini. Suasananya yang sejuk dan airnya yang super segar menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi air terjun ini. Kalau kalian tertarik untuk pergi ke sini disarankan benar-benar harus mempersiapkan fisik dan mental karena lokasinya yang sangat jauh dari pusat kota.

Baca Juga :Terupdate 15 Daftar Tempat Wisata di Garut Kekinian, Peta Wisata Garut

Wisata Populer di Banyuwangi

1. De-Djawatan

https://medium.com/renaldiahmad/banyuwangi-magical-forrest-c97a4f01790e

Bagi para instagramable pasti tak asing dengan hutan cantik yang satu ini. Hutan Jawatan Benculuk ini berlokasi di Purwosari, Benculuk, Ciuring, Kabupaten Banyuwangi buka pada pukul 07.30-18.00. Hutan cantik terdiri dari beragam pohon trambesi yang berusia 100 tahun. Pohon besar dan megah ini menambah aksen eksotis dan keren dengan perpaduan batang pohon yang ditumbuhi paku-pakuan. De-Jawatan ini juga sedang hits di Bayuwangi loh Bornean, tertarik untuk mampir?

2. Kampung Primitif Banyuwangi

https://www.instagram.com/p/BeRzSddA2UC/

Mendengar kata ‘primitif’ pasti memiliki sekilas pandangan tentang zaman prasejarah. Ya, wisata unik satu ini berada di Purwodadi, Gambiran, Dusun Krajan, Kabupaten Banyuwangi buka pada pukul 07.00-17.00. Kampung Primitif Banyuwangi merupakan wisata baru Banyuwangi yang menawarkan suasana desa zaman prasejarah. Primitif ini tersendiri ternyata memiliki kepanjangannya sendiri loh Bornean versi dari pemuda-pemudi Banyuwangi yaitu ‘Prima dan Inovatif’.

Kampung Primitif Banyuwangi ini kalian akan menemukan budaya-budaya nusantara dengan pernak-pernik yang bernuansa kehidupan zaman prasejarah. Kampung ini juga menyediakan destinasi naik perahu serta rumah makan di kampung primitif ini.

3. Kawah Ijen

https://www.instagram.com/p/Brm2vp2H2U7/jalanjalandibanyuwangi

Kawah ijen berlokasi di Pt. Perk. Lidjen Tamansari. Bagi kalian backpacker Banyuwangi pasti tak asing dengan kawah Ijen, kawah yang menyajikan pemandangan super-menakjubkan. Kawah ijen terkenal dengan pesona Blue Fire nya yang sangat memanjakan mata. Karena kawah ini berasal dari gunung berapi aktif maka diharapkan kehati-hatiannya dari pengunjung untuk mendaki kawah ini. Kalian yang tertarik untuk menjelajahi kawah ijen ini jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan mental karena pendakiannya yang melelahkan. Sekaligus jaket parasut karena di sana nanti cuaca nya sangat dingin.

Baca Juga :Tempat Wisata Di Makassar

4. Pura Agung Blambangan

https://www.instagram.com/p/BdoeaYGgefK/pancasuwandika

Pura ini bertempat di Blambangan, Muncas, Dusun Krajan, Tembokrejo, Kabupaten Banyuwangi. Pura ini merupakan pura terbesar dari 92 pura lainnya yang ada di Banyuwangi. Pura yang bersih, cantik dan asri menjadi daya tarik pengunjung untuk mengunjungi pura cantik ini. Letaknya yang berdampingan dengan masjid dan penduduk setempat. Pura ini selalu ramai dikunjungi baik oleh umat daerah Banyuwanginya sendiri maupun dari luar kota.

5. Villa Bejong Songgon

https://www.instagram.com/p/Br_XvW7nYao/acheromabwx

Wisata Banyuwangi ini berlokasi di Bejong, Sumberatum, Songoon, Kabupaten Banyuwangi. Suasana di villa ini sangatlah sejuk serta pemandangan yang begitu cantik dan mempesona. Kalian pecinta foto bisa pergi mengunjungi villa bejong songgon ini karena spot berfotonya yang keren, villa ini terletak di antara kebun cengkeh Bornean, tertarik untuk mengunjungi villa ini ?

Cantik-Cantikan Wisata di Banyuwangi Bornean? Selain berwisata kita juga bisa lebih menghargai dan menjaga baik-baik alam yang menjadi warisan kekayaan Indonesia yang tidak akan pernah ada habisnya.

Dirja Satya Kirana: