[Menarik] Pakaian Adat Sumatera Barat yang Bikin Mata Melirik

Pakaian Adat Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan salah satu nama provinsi dari Indonesia. Kita juga dapat menyingkat nama provinsi ini dengan Sumbar. Provinsi yang satu ini berada di pulau Sumatera. Ibu kota dari Sumatera Barat ialah Padang. Provinsi Sumatera Barat berbatasan dengan empat provinsi lainnya, seperti Sumatera Utara, Jambi, Riau, dan Bengkulu.

Di Sumatera Barat terkenal dengan mayoritas etnis Minangkabau. Di Sumatera Barat masyarakatnya kebanyakan menganut agama Islam. Dalam provinsi Sumatera Barat ini terdiri dari 7 kota dan 12 kabupaten, terkecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai yang menggunakan nagari. Selanjutnya mari kita simak lebih lanjut salah satunya tentang pakaian adat Sumatera Barat.

  • Pakaian adat khusus pengantin Sumatera Barat
  • Pakaian Adat Sumatera Barat Untuk Pria Minangkabau
  • Baju Adat Padang Wanita Bundo Kanduang : Baju Kurung
  • Senjata Adat Sumatera Barat
  • Pakaian Untuk Pernikahan Bernuansa Minang
  • Mahkota Penggantin Bernuansa Minang
  • Seragam Pakaian Minang Modern

Berikut Penjelasan lebih detail mengenai Pakaian Adat Sumatera Barat!

Baca Juga : Pakaian Adat Riau

Pakaian Adat Sumatera Barat dan Maknanya

Nahh setelah teruntuk sahabat – sahabat borneo channel video di atas. Setelah kalian menonton video tersebut, sahabat-sahabat borneo channel diperkenalkan tentang pakaian adat yang khususnya pakaian adat dari provinsi yang berada di Indonesia bagian barat yaitu Sumatera Barat. Untuk pembahasan selanjutnya, yuk! simak penjelasan yang di bawah.

1. Baju Adat Khusus Penggantin

https://adatindonesia.com/pakaian-adat-minangkabau/

Bagi pemuda-pemudi ataupun yang sedang dilanda jatuh cinta juga dapat menggunakan baju adat Sumatera Barat yang pakaian adat penggantin yang sudah ada sesuai budayanya. Teruntuk baju adat Padang yang sering menggunakan warna yang cerah seperti warna merah. Juga disertai dengan bagian penutup kepala dan juga dilengkapi hiasan yang lainnya.

Hingga saat ini para penggantin yang khususnya yang berada di Sumatera Barat tetap menggunakan pakaian adat pernikahan Sumatera Barat. Karena seiring berkembangnya zaman maka pakaian adat pernikahan Sumatera Barat dibuat lebih menarik dan tidak menghilangkan unsur budaya aslinya.

Baca juga: Pakaian adat Aceh Wanita

2. Pakaian Adat Sumatera Barat Untuk Pria Minangkabau

Selanjutnya ada juga loh pakaian adat dari Sumatera Barat yang khusus untuk laki-laki. Pakaian ini sering disebut dengan masyarakat sekitar dengan nama pakaian penghulu. Dan yang memakai pakaian adat ini ialah para tetua-tetua desa atau hanya orang tertentu yang dapat menggunakannya pada saat kondisi yang tertentu.

Nah buat sahabat-sahabat borneo channel, untuk cara pemakaian baju adat ini tidak sembarang. Karena sudah ada ketentuan untuk cara memakainya. Ketentuan cara memakai baju adat ini berasal dari hukum adat. Untuk perlengkapan bajunya seperti : Deta, baju hitam, sesamping, sarawa, sandang, tungkek, cawek, dan keris.

Baca Juga : Daftar Nama Baju Adat Khas Maluku

3.  Baju Adat Padang Wanita Bundo Kanduang : Baju Kurung

http://vinakansaa.blogspot.com/2017/04/kebudayaan-sumatera-barat-rumah-adat.html

Pakaian adat Sumatera Barat tidak hanya lelaki saja, melainkan teruntuk perempuan juga ada pakaian adatnya. Nama pakaian adatnya ialah Bundo Kanduang. Masyarakat Sumatera Barat biasa menyebutkan nama pakaiannya juga dengan sebutan Limpapeh Rumah Nan Gadang.

Pakaian adat Padang wanita bundo kanduang ini merupakan pakaian kebesaran untuk wanita yang berada di Sumatera Barat. Yang mana merupakan bentuk dari kedudukan wanita yang memiliki peran sangat penting dalam sebuah keluarga. Dan memiliki andil yang sangat berpengaruh dalam berumah tangga.

Tak hanya itu, limpapeh juga memiliki arti. Limpapeh merupakan bentuk dari kata limapeh yang berartikan bagian tiang tengah bangunan rumah adat Sumatera Barat. Maksud dari penamaannya ini karena dapat dianggap sebagai tiang yang menguatkan bangunan, atau perumpamaan sebagai wanita di sebuah keluarga.

Baca Juga : Makanan Khas Sumatera Utara

Senjata Adat Sumatera Barat

Setelah kita membaca tentang pakaian adat dari Sumatera Barat. Ga bakalan lengkap dong kalau kita tidak mengetahui aksesoris yang biasanya digunakan saat menggunakan pakaian adat. Aksesoris yang digunakan biasanya senjata tradisional dari daerah setempat. Berikut penjelasan dari Senjata Adat Sumatera Barat :

1. Kerambit

https://www.bukalapak.com/p/hobi-koleksi/koleksi/alat-pertahanan-diri/7ipj2e-jual-kerambit-minang

Senjata tradisional yang perlu kalian ketahui untuk menambah pengngetahuan kalian sobat – sobat borneo channel khususnya yang berada di Sumatera Barat yaitu ada yang bernama Kerambit. Kerambit merupakan senjata adat yang berada di Sumatera Barat yang kepopulerannya termasuk tinggi loh.

Tak hanya sampai di situ kepopulerannya. Ada asap ada api. Kepopuleran dari Kerambit ini karena akibat yang ditimbulkan dari serangan kerambit itu sendiri. Serangan yang ditimbulkan dapat menumbangkan lawan yang dihadapi. Usut punya usut kerabit bahkan juga digunakan sebagai senjata wajib tentara yang sebelumnya telah melalui proses adopsi oleh US Marshal.

Lalu tahukah kalian bentuk dari kerambit sahabat-sahabat borne channel ? jadi bentuk dari kerambit ialah seperti pisau namun pada bilahnya terdapat lengkungan yang berbentuk siku. Dan tentunya ujung dari pisau itu tajam dan membentuk sisi yang runcing.

Efek yang dapat dirasakan saat orang yang mengenai ketajaman pisaunya ialah sangan fatal dan mengerikan. Karena yang terkena bisa-bisa meninggalkan luka yang dapat memutusakan jaringan di dalam tubuh mereka seperti otot dan urat. Padahal dari luar jika dilihat secara sepintas hanya luka biasa. Sungguh menakjubkan senjata tradisional kerambit ini!

Related Post

2. Karih

https://deskgram.net/explore/tags/karih

Selanjutnya ada lagi nih senjata tradisional yang dari Sumatera Barat yang tak asing di telinga kita. Sebutan untuk senjata ini ialah Karih atau bisa juga disebut dengan keris dalam bahasa Minangkabau. Seperti sebutan layaknya keris yang pada umumnya, di budaya Minangkabau juga terdapat keris juga. Karih juga sekarang digunakan untuk perlekapan dari pakaian adat pengantin pria Minang loh.

3. Kalewang

http://www.vikingsword.com/vb/showpost.php?p=186722&postcount=2

Selanjutnya ada lagi nih senjata tradisional dari Sumatera Barat. Bentuknya seperti golok kan. Yap! benar sekali. Nama alat tradisional ini adalah Kalewang. Ternyata kalewang dijadikan sebagai senjata utama waktu perang Padri loh. Perang yang berlangsung sekitar awal abad 19. Dan kalewang hingga sampai saat ini masih digunakan.

4. Ruduih

http://vis.verdant.id/rudus/

Selanjutnya ada lagi nih, yaitu Ruduih. Yap!, sekilas memang seperti kelewang. Hanya saja ruduih lebih menyurupai pedang dengan satu sisi yang tajam dan sedikit cembung ke dalam. Patut diperhitungkan karena senjata yang satu ini juga mematikan loh. Senjata ini juga konon dipakai oleh prajurit kerajaan pada perang Manggopoh,1908.

Setelah melihat senjata-senjata tradisional yang ada di Sumatera Barat ternyata efeknya mematikan juga ya jika terkena serangannya. Nah selanjutnya kita akan melampirkan Baju Adat Minang Modern :

Baju Adat Minang Modern

Berhubung sekarang zaman sudah maju. Tentu saja kreativitas tak henti sampai situ saja kan. Banyak desainer-desainer yang sudah merancang pakaian tradisional menjadi baru kembali. Namun itu tidak menghilangkan unsur budaya yang ada di dalamnya. Yuk lihat-lihat!

1. Pakaian Untuk Pernikahan Bernuansa Minang

https://id.pinterest.com/pin/822047738204485420/

Wahh cantiknya!!. Dengan balutan kain yang berwarna cerah seperti gambar yang di atas baju adat Sumatera Barat tampak lebih memukau ya.

2. Mahkota Penggantin Bernuansa Minang

https://id.pinterest.com/pin/822047738204479001/

Waw, tak kalah cantiknya ya walaupun lebih di inovasi kan menjadi mahkota yang megah. Perancang busana Indonesia memang gak ada matinya berkarya. Bangga banget!!

Baca Juga : Tradisional dan Keren Pakaian Adat Papua yang unik dan Khas dari Papua

3. Seragam Pakaian Minang Modern

https://id.pinterest.com/pin/461759768021793370/

Apiknya! Sekeluarga menggunakan pakaian yang bernuansa Minang pada hari yang dinantikan yaitu hari pernikahan. Wah setelah ngeliatnya awas baper ya.

Upacara Adat Sumatera Barat

Pakaian adat tentunya tidak akan di gunakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari. Orang disana menggunakan itu pada saat tertentu saja atau pada saat upacara adat. Banyak Upacara adat yang biasanya dilakukan oleh orang orang dari Sumatera Barat. Inilah beberapa upacara adat tersebut.

1. Makan Bajamba

photo by takaitu.id

Tidak hanya disebut makan bajamba, tradisi ini bisa disebut dengan makan barapak. Kegiatan ini dilakukan oleh kebanyakan masyrakat Minang. Kegiatan ini dilakukan disebuah tempat yang telah ditentukan dan kemudian bersama sama menyantap hidangan yang telah disediakan. Tradisi ini pada umumnya diadakan  saat hari besar islam, upacara adat dan juga acara acara penting lainnya.

Tradisi ini bertujuan agar kita tidak membedakan satu sama lain, tanpa melihat status-status yang melekat pada orang orang itu sendiri. Kegiatan ini diadakan ditempat yang luas sehingga orang orang bisa berkumpul bersama. Tidak tanggung tanggung, jumlah orang yang hadir bisa mencapai puluhan hingga ratusan.

2. Batagak Pangulu

photo by ranahminangkabau.blogspot.com

Pada umumnya bila ada suatu suku dipastikan ada seseorang yang menjadi pemimpin dari suku tersebut. Begitu pula dengan suku Minangkabau,upacara pengangkatan ketua suku inilah disebut upacara Batagak panggulu.

Upacara ini bisa digolongkan upacara besar bagi orang orang minangkabau . Maka dari itu acara ini bisa lebih dari 3 hari. Mereka juga memotong kerbau saat tradisi ini dilakukan. Tradisi ini diadakan setahun sekali atau lima tahun sekali.

3. Tradisi Baralek Gadang

Photo by Youtube

Upacara Baralek Gadang ini bisa disebut juga upacara penikahan. Upacara ini dimulai dari sebelum pernikahan hingga usainya pernikahan tersebut.

Baca Juga : Minuman dan Makanan Khas Padang

Gimana? Sahabat-sahabat borneo channel yang sudah melihat baju adat Sumatera Barat bagus-baguskan?! Pakaian adat Sumatera Barat sudah pasti merupakan bagian dari pakaian adat kebanggan yang ada di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Kita sebagai masyarakat Indonesia turut melestarikan!

Syahfira Mulya: Nama saya Syahfira Mulya. Biasanya saya sering dipanggil Sasa. Saya asli orang Singkawang. Lahir tanggal 17 Desember 1998. Saya mahasiswi di Informatika - Universitas Tanjungpura, angkatan 2017. Hobi saya menemukan hal yang baru, apapun itu yang membuat saya tertarik dan travelling. Saya bungsu dari 2 bersaudara.