Kue Lekong? Daftar Makanan Khas Lombok yang Bikin Nangis

Makanan khas Lombok– Lombok, pulau  dengan peringkat ke 108 berdasarkan luasnya ini, begitu memikat para pengunjung yang datang dengan segala pesonanya. Seolah-olah tempat ini menyediakan semua hal yang ingin dinikmati turis saat berlibur, mulai dari keindahan pantai, pesona alam, kearifan lokal dan budaya hingga kuliner legendaris yang memanjakan lidah.

Ngomong-ngomong kuliner khas Lombok, kali ini borneochannel.com bakal ngasi kamu referensi beberapa kuliner khas Lombok yang wajib kamu coba. Yang pasti soal rasa kamu nggak bakal kecewa, yuk langsung kita liat aja!

Minuman dan Makanan Khas Lombok

Sate, siapa yang nggak kenal sate? Makanan khas Indonesia yang udah terkenal di penjuru belahan dunia lain ini bisa kamu temui hampir disetiap daerah di Indonesia ini. Tapi, beda daerah beda juga rasanya! tergantung kondisi dan budaya daerah setempat. Walaupun memang sama-sama enak. Berikut beberapa minuman dan makanan khas lombok yang kami rangkum:

1. Sate Pusut

https://phinemo.com/19-ragam-sate-di-indonesia/40212682_716982818643044_3651612290311206478_n/

Lombok juga terkenal dengan beraneka jenis satenya, salah satunya sate pusut. Sate ini terbuat dari campuran daging cincang, parutan kelapa, dan bumbu yang endess deh pokoknya! kemudian dililit ke tusuk sate biasanya pakai bilah bambu kecil. Terurus yang namanya sate ya dibakar, wkwkwk.

Sate ini sebenarnya mirip dengan sate lilit khas Bali, hanya saja bumbu khasnya beda. Kalau sate lilit bumbunya pakai santan kelapa, tapi kalau sate pusut nggak.

Baca Juga : Daftar Makanan Khas Banten

2. Ayam Taliwang

https://migrationology.com/ayam-bakar-taliwang/

Kalau kamu pencinta kuliner atau hobi traveling, makanan yang satu ini nggak mungkin kamu nggak tau! Makanan khas Lombok utara yang satu ini memang udah terkenal di kalangan masyarakat umum. Apalagi para pencinta pedas, nggak boleh kelewatan buat coba makanan yang bisa bikin kamu keringetan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Dari namanya aja pasti udah tau kalau makanan ini terbuat dari ayam, kemudian ayam ini digoreng atau dibakar dan dilumuri bumbu pedas. Yang pastinya bakal bikin kamu susah move on dan nagih.

3. Plecing Kangkung

https://id.tastemade.com/videos/plecing-kangkung

Makanan satu ini juga nggak kalah seru dan bikin kamu heboh dengan rasanya yang luar biasa !!! makanan asal Lombok Timur ini udah terkenal banget dikalangan pecinta kuliner pedas khas Indonesia.

Kuliner satu ini didominasi dengan bahan dasar kangkung yang disajikan dengan parutan kelapa dan ditambah sambal pedas yang menggoda diatasnya. Plecing kangkung juga dapat ditemui didaerah lain tapi dengan ciri khasnya masing-masing.

Di Lombok Utara juga ada makanan sejenis namanya plecing kangkung opak-opak. Pada dasarnya makanan ini mirip dengan Plecing kangkung yang ada di Lombok Timur hanya saja disajikan dengan kerupuk yang terbuat dari singkong (opak-opak) yang renyah. Plecing kangkung ini paling nikmat jika disantap dengan sepiring nasi hangat, apalagi disaat lapar-laparnya pasti ludes.

Baca Juga : Minuman & Makanan Khas Solo

4. Sayur Ares

http://balikami.com/jukut-ares-kuliner-dari-batang-pisang-yang-kaya-manfaat

Sekarang, kalau kamu nebang pohon pisang jangan dibuang batangnya. Karena, ternyata di Lombok batang pisang ini diolah menjadi sayur nikmat yang sering dijadikan menu makanan di acara-acara besar, seperti pernikahan.

Zaman dahulu sayur ares ini hanya dapat ditemui di acaar hajatan, tetapi sekarang kita sudah dapat menemukannya di restoran dan warung-warung di Lombok. Cara memasak sayur ini juga cukup sederhana, inti pohon pisang dicuci bersih. Kemudian batang pisang diiris tipis dan dimasak dengan kuah santan serta bumbu dan rempah yang mantap.

5. Sate Tanjung

http://pesonalomboksumbawa.info/sate-tanjung-2/

Kalau daerah dataran tinggi sate terbuat dari daging ayam atau kambing mungkin udah biasa. Tapi, kalau sate ikan dari pesisir Lombok Utara yang luar bisa ini dan wajib kamu coba.

Sate yang terkenal gurih dan pedas ini memang beda, sate ini tidak disajikan denagn saus apapun. Sebab, ikan sudah direndam didalam bumbu dan rempah khas yang pedas manis terlebih dahulu sebelum dililit ke tusuk sate dan dibakar. Sate tanjung disajikan diatas opak singkong dan ditemani lontong, urap sayur atau plecing kangkung.

Kuliner yang dulunya hanya dapat dijumpai pada acara-acara keagamaan ini, sekarang dapat dengan mudah kamu jumpai di sepanjang jalan di daerah Tanjung Lombok Utara pada siang hingga sore hari.

6. Sate Bulayak

https://travelingyuk.com/sate-bulayak/39351/

Bahan dasar dan cara pembuatan sate bulayak hampir sama dengan kebanyakan sate pada umumnya, yakni menggunakan daging ayam/sapi dan jeroan. Yang kemudian ditusuk dan dibakar di atas arang, hanya saja sate bulayak disajikan bersama lontong yang dililit daun enau (bulayak).

Bumbu sate bulayak terbuat dari kacang tanah sangrai yang kemudian ditumbuk dan direbus bersama santan dan bumbu-bumbu khas seperti bawang putih, cabai, jinten dan lain-lain sehingga menghasilkan rasa pedas yang sangat lezat dan nikmat.

Baca Juga : Daftar Minuman dan Makanan Khas Padang

7. Ayam Rarang

https://www.kaskus.co.id/thread/5aaf7505507410c3128b456f/nggak-cuma-ayam-taliwang-lombok-juga-punya-ayam-rarang-sebagai-kuliner-khasnya/

Makanan khas Lombok yang satu ini hampir mirip dengan ayam taliwang, karena terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu ayam kampung dan bumbu-bumbu khas Lombok. Hanya saja komposisi bumbu dan tingkat kepedasannya berbeda, level kepedasan ayam rarang berada dibawah ayam taliwang yang terkenal luar biasa pedas.

Tapi, kalau kamu coba ayam rarang nggak kalah menggetarkan lidah juga lo!. Yang pasti kamu bakal nyesel kalau main ke Pulau eksotis ini tanpa nyobain dulu makanan khas Lombok yang satu ini.

8. Sate Rembiga

https://beritagar.id/artikel/piknik/sate-rembiga-dari-bumi-sejuta-sapi

Belum lengkap rasanya jika pergi ke Lombok tanpa menikmati sate khasnya yang satu ini. Yups! sate rembiga, nama makanan khas Lombok yang satu ini diambil dari nama sebuah kelurahan di Selaparang, Mataram Lombok.

Sate rembiga terbuat dari daging sapi yang diolah dengan baluran rempah tradisional Lombok yang khas. Sehingga menghasilkan sate rembiga yang empuk dan nikmat yang nggak boleh kamu lewatkan.

9. Bebalung

https://sayyidhakam.com/tag/bebalung/

Dalam bahasa Sasak bebalung berarti “tenaga”, karena masyarakat meyakini bahwa setelah menyantap makanan khas lombok yang kita akan semakin bertenaga dan bersemangat. Bebalung merupakan hidangan wajib yang selalu dihidangkan pada setiap acara hajatan di Lombok selain sayur ares.

Bebalung terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit, jahe, dan sedikit garam. Cara pembuatan bebalung cukup sederhana, Iga yang sudah dibersihkan direbus sampai daging yang melekat lembut, setelah itu dicampur dengan racikan bumbu yang ditumis. Dan terakhir rebus kembali hingga bumbu meresap.

Biasanya bebalung disajikan dalam keadaan hangat didalam mangkok dengan taburan bawang goreng. Dan tak lupa nasi putih hangat dan akan semakin nikmat jika disantap bersama plecing kangkung.

Ada beberapa referensi warung yang terkenal dengan racikan Bebalungnya, diantaranya Depot Kelebet di Jalan Hos Cokroaminoto, tepatnya dibelakang kantor gubernur NTB dan Rumah makan Ramayana di daerah Ampenan di Jalan utama menuju Pantai Senggigi dari Kota Mataram.

10. Beberuk Terong

https://resepkoki.id/resep-beberuk-terong/

Beberuq terong merupakan makanan dari olahan terong yang mirip denagn terong balado. Hanya saja bumbu yang digunakan adalah bumbu khas lombok yang segar dan pastinya pedas.

Ada dua versi cara penyajian beberuq terong, yaitu pertama menggunakan terong bulat mentah yang diiris keci-kecil, dan kemudian dicampur denagn sambal tomat pedas. Sedangkan cara penyajian yang kedua menggunakan terong bakar yang disuir memanjang dan dicampur dengan bumbu plecing.

11. Kelaq Kelor

https://beritagar.id/artikel/piknik/kelaq-sayur-khas-lombok

Kalau di daerah laun daun kelor sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal dan untuk memandikan jenazah. Ternyata di Lombok daun kelor diolah menjadi sayur bening/tumisan yang nikmat dan khas.

Kelaq Kelor sangat nikmat jika disantap dengan nasi putih hangat dan sambal terasi khas lombok yang dijamin mantap. Kalau kamu sedang mencari tempat menjual kelaq kelor, di daerah Pancor Lombok Timur ada warung yang selalu menyajikan kelaq kelor sebagai sajian menu utamanya.

12. Es Wedang Lombok

https://www.youtube.com/watch?v=uFjFPZZMyT4
Wedang Lombok mirip dengan wedang-wedang yang ada dipulau jawa, dengan bahan-bahan seperti jahe, kayu manis, merica, dan serei. Hanya saja pada wedang Lombok ini ditambahkan cabai utuh sear sehingga menghasilkan kekhasan rasanya sendiri.
Kalau biasanya Wedang disajikan selagi hangat, tapi wedang poteng ini disajikan dingin dengan tamabahan es batu sehingga terasa segar dan lega ditenggorokan. Dan pastinya yang namanya wedang tetap saja menghangatkan tubuh apalagi pada saat cuaca sedang dingin.

13. Tuak Manis/Tuak Enau

https://carica.co.id/minuman-paling-populer-di-indonesia/minuman-lahang/

Minuman manis tidak beralkohol yang sangat digemari oleh sebagian masyarakat daerah Lombok Timur ini terbuat dari air pohon enau/nira. Tak hanya manis minuman ini juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Diantaranya air tuak manis dapat menyegarkan badan, mengobati berbagai macam penyakit, seperti penyakit kencing batu, kencing manis, dan juga dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Selain itu, tuak manis juga dapat menguatkan jantung dan menjaga kondisi  paru-paru agar tetap berfungsi dengan baik, serta dapat membantu menstabilkan kondisi empedu di dalam tubuh.

14.  Brem

http://www.whateverbackpacker.com/2011/12/dari-desa-ke-desa-2-dewa-mabok-dari.html

Minuman khas Lombok satu ini mirip dengan  tuak manis hanya saja minuman ini mengandung alkohol dan dapat memabukkan. Brem terbuat dasaringan air beras dan diberi tambahan lain sebagai khasiat obat, atau langsung disimpan. Sehigga terjadi proses fermentasi yang menghasilkan alkohol.

Minuman ini dijadikan obat bagi masyarakat setempat, untuk mengobati encok dan pegal-pegal. Atau disuguhkan kepada tamu saat upacara adat seperti pernikahan.

Kadar alkohol minuman ini cukup tinggi sekitar 15-25 persen tergantung lama penyimpanan. Namun, menurut masyarakat setempat semakin lama disimpan khasiat obatnya akan semakin berkurang dan malah semakin memabukkan dan warnanya juga akan semakin bening.

Oleh-Oleh Khas Lombok

1. Susu Kuda Liar

https://www.pegipegi.com/travel/beginilah-asal-usul-nama-susu-kuda-liar-dari-sumbawa/

Kalau biasanya kamu minum susu sapi, sekarang yuk cobain susu kuda dari tanah Lombok. Nggak usah khawatir soal rasanya atau takut mual, karena susu kuda liar ini memiliki rasa yang jauh lebih gurih dibandingkan dengan susu sapi sebab kandungan gulanya lebih tinggi.

Minuman ini sudah banyak dijual dijual dengan anea kemasan, tapi kalau kamu ingin menikmatinya dalam versi segar kamu juga bisa langsung ke peternakan kuda yang memproduksi susu kuda liar. Salah satunya di Kampung Wisata Susu Kuda 88 di Jalan Lintas Sumbawa Kabupaten Bima, NTB.

2. Dodol Rumput Laut

http://duniamakan.blogspot.com/2011/08/dodol-rumput-laut.html

Kalau mendengar kata-kata rumput laut pasti identik dengan agar-agar atau es rumput laut ya! Tapi kali ini di Lombok rumput laut diolah menjadi dodol yang cocok buat dijadikan oleh-oleh buat keluarga dirumah setelah menghabiskan waktu dipulau eksotis ini.

Dodol yang satu ini istimewa lho! selain enak dodol ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mampu membersihkan toksin di dalam tubuh, menyeimbangkan berat badan, dan sebagai antibakteri. Makanan ini juga beda dari dodol-dodol yang lain warnanya bening dan terdapat berbagai varian rasa dan bentuk yang sangat digemari anak-anak.

3. Peyek Kangkung Rumput Laut

http://wisatabaru.com/10-oleh-oleh-khas-lombok-murah-meriah-yang-wajib-dibawa-pulang/

Oleh-oleh khas Lombok yang satu ini cukup unik dan terbilang masih baru. Selain dodol rumut lautnya yang khas para pebisnis kuliner juga mulai mengembangkan produk olehan dari rumput laut, yakni peyek kangkung rumput laut.

Tidak hanya terkenal sebagai penghasil rumput laut, tapi Lombok juga dikenal sebagai produsen kangkung dengan tekstur yang khas dan cukup besar dibanding daerah-daerah lain.  Perpaduan dua buah hasil alam sebagai sebuah kearifan lokal membuat pundi-pundi rupiah yang dihasilkan pun tidak sedikit.

Peyek kangkung rumput laut ini memiliki 4 varian rasa yakni, original, pedas, seledri, dan teri pedas. Peyek ini selain cocok untuk dijadikan cemilan, juga sangat nikmat jika disajikan bersama nasi hangat.

4. Kue Lekong

http://www.twipu.com/luckyrhj

Makanan khas Lombok lainnya yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah kue lekong. Kue yang satu ini terbuat dari tepung sagu dengan isian selai nanas. Sehingga masyarakat banyak menyebutnya sebagai nastar Lombok, kue ini juga biasa dijadikan sebagai hantaran pengantin di Lombok.

5. Keripik Ares

https://shopee.co.id/SAMBAL-BU-RUSDAM-SAMBAL-LOMBOK-IJO-SAMBEL-BAWANG-SAMBEL-TERASI-SAMBEL-EDAN-i.15399476.130462365

Keripik ini nggak boleh sampai kamu lewatkan kalau berkunjung ke Lombok, makanan khas lombok yang satu ini cukup unik. Karena terbuat dari bahan dasar ares atau kedebong pisang muda yang biasanya tak pernah dimanfaatkan oleh masyarakat umum sebagai bahan makanan.

Tapi jangan salah, soal rasa keripik ini tidak bisa diremehkan. Rasanya yang khas serta gurih, dan renyah membuat keripik ini sangat digemari oleh masyarakat setempat. keripik ares ini juga sangat cocok  untuk disantap bersama nasi hangat maupun dijadikan cemilan teman nonton tv.

Nadya Lestari: Hello my name is Nadya Lestari, My hobby is singing and I love a "free" time so much . . . I hope you enjoy this article