10 Alat Musik Melodis Penjelasan serta Contoh dan Sejarahnya!

Alat Musik Melodis – Nada, irama dan lagu merupakan hal yang sering kita temui di dalam kehidupan sehari-hari, jika digabungkan ketiga hal tersebut dapat menjadi suatu musik yang dapat mencurahkan kejadian untuk mengetahui pemahaman seseorang dengan tidak berfikir secara rasional atau tanpa sadar.

Setelah membahas tentang musik kita kembali ke topik utama yaitu alat musik, alat musik merupakan dua kata yang terdiri dari kata alat dan musik. Alat merupakan suatu benda yang dapat membantu dan meringankan pekerjaan seseorang sesuai dengan fungsinya.

Musik merupakan suatu karya seni yang diterbitkan seseorang dengan irama, nada, suara serta melodi yang tertata dengan baik, memiliki kombinasi, dan terdapat makna dan arti yang terkandung didalamnya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa alat musik adalah suatu instrumen atau nada yang sangat diperlukan dalam menciptakan suatu karya musik dan alat musik merupakan benda atau alat yang dapat menumbuhkan suara-suara khas sehingga jika dipadukan dengan alat musik lainnya dapat mengeluarkan bunyi atau suara yang luar biasa.

Pengertian dan Fungsi Alat Musik Melodis

Nah, setelah borneo channel membahas tentang alat musik secara umum, langsung saja kita kembali ke topik utama yaitu alat musik melodis. Apa itu alat musik melodis? alat musik melodis merupakan alat atau benda yang dapat mengeluarkan suara melodi dari irama suatu lagu agar lebih keren untuk didengar.

Alat musik melodis hanya dapat digunakan dengan atau menghasilkan kord-kord tertentu seperti do, re, mi, fa, so, la, si, do. Musik yang dilengkapi oleh alat musik melodis adalah alat musik ritmis.

Selain berguna mengeuarkan suara melodi, alat musik ini juga dapat penuntun dan pemandu nada dalam suatu lagu. Cara memainkan alat musik melodis ada bermacam-macam dimulai dari ditiup, dipetik, digesek, ditekan , digoyang serta di hisap.

Jenis-jenis alat musik melodis ada beraneka ragam dari yang bersifat tradisional dan ada juga yang modern. Nah, langsung saja guys berikut ini daftar alat musik melodis lengkap bersama penjelasannya.

Model Alat Musik Melodis Dengan Cara Digesek

1. Biola

bukalapak.com

Biola merupakan alat musik yang familier dikalangan masyarakat, menghasilkan suara dan bunyi yang luar biasa jika dimainkan dengan nada yang teratur. Alat musik ini ditemukan pada penunggang kuda di sekitaran Asia bagian tengah.

Pada abad ke 16 awal biola modern terbit di sekitar Italia, tempatnya di kota pelabuhan Venice dan Genoa, tempat tersebut dapat tembus langsung ke Asia bagian tengah melalui jalur sutera.

Dan terjadi perubahan lagi pada abad ke 18, perubahan yang terjadi ialah perubahan bentuk pada bagian leher biola tepatnya di sudut, perubahan tidak hanya dibagian bentuk saja tetapi juga terdapat pada perubahan suara pada biola yang dianggap masih standar dan biasa saja.

Biola hanya memiliki 4 kunci yaitu G-D-A-E dan memiliki interval yang paling sempurna dengan peringkat ke lima, dan kunci G merupakan kunci dengan nada terendah pada alat musik ini khususnya biola.

Baca juga :Sejarah & Keunikan Tari Kecak

Model Alat Musik Melodis Dengan Cara Ditiup

1. Suling

bukalapak.com

Seruling (suling) merupakan alat musik yang mengeluarkan suara atau bunyi dengan cara ditiup. Pada zaman dulu hingga sekarang seruling dibuat dengan bahan dasar bambu yang dipahat dan dirapikan untuk menghasilkan bunyi-bunyi yang luar biasa.

Semakin berkembangnya waktu terdapat suling modern yang dibuat dengan bahan emas, perak, atau bahan keduanya yang dicampurkan yang menggunakan suling tersebut bukanlah orang biasa melainkan hanya untuk oranng yang ahli dalam memainkan seruling tersebut.

Ada dua macam suling konser yaitu suling konser standar, suling konser modern, dan Suling open-holed . Suling konser standar memiliki capaian nada hingga 3 oktaf yang bermula-mula di middle C dan ada juga yang bermula di nada B, nada B biasa dilakukan oleh para ahli.

Suling konser modern ada beraneka ragam kunci pilihan Thumb key B-flat dan B foot joint biasa digunakan oleh pemain menengah menuju ke pemain ahli profesional. Suling open-holed atau French Flute seruling ini menggunakan kunci dimana kunci tersebut memiliki lubang ditengah dan pemain harus menutupnya.

Suling open-holed biasa dimainkan oleh para ahli karena memainkan Suling open-holed sangatlah sulit yaitu menutup dengan jari, sedangkan untuk para pemula dapat menggunakan alat bantu penutup, keuntungan menggunakan kunci open-holed ialah suara rendah yang dihasilkan lebih jelas dan lebih keras.

Suling biasa digunakan di musik keroncong, dan musik musik lainnya. Nah guys, itulah penjelasan diatas menyimpulkan bahwa mengapa seruling sangat bagus untuk digunakan sebagai alat musik pengiring atau alat musik melodis.

Model Alat Musik Melodis Dengan Cara Ditekan

1. Piano

musicnotes.com

Alat musik yang dimainkan oleh pianis ini dapat mengeluarkan suara jika sang pianis menekan deretan tangga nada yaitu piano dengan menggunakan jari- jari tangan mereka. Dunia belum tau pasti siapa penemu piano yang pertama, sebabnya ialah banyaknya perdebatan yang terjadi.

Marius, Schroter, dan Christofori merupakan tokoh- tokoh yang bergerak untuk membuat alat musik piano, mereka memiliki tujuan untuk mencampurkan suatu keindahan nada-nada yang sangat kuat. Nada- nada itu adalah clavichord dan harpsichord.

Tetapi banyak yang mengakui bahwa Bartolomeo Cristofori adalah pencipta alat musik tersebut karena, Christofori seoranglah yang menampilkan hasil yang lengkap dibanding dengan kedua temannya.

Abad ke-17 berbagai macam bentuk piano yang dibuat, bentuk awalnya senarnya membentang hal itu piano dikatakan hampir sama persis dengan harpsichord. Waktu semakin maju sehingga bentuk piano persegi panjang yang dibuat dengan lebih praktis, ringan, dan murah.

Struktur (rangka) piano dibuat dengan bahan utama yaitu kayu, namun hal tersebut menyebabkan piano tidak memiliki suara yang keras untuk ditampilkan pada saat waktu konser tiba. Akibatnya, piano dibuat dengan rangka yang berbahan dasar besi yang hasilnya memiliki suara lebih keras dan dapat menopang senar lebih baik dibanding kayu.

Pada waktu pertama kali alat musik piano memiliki 62 tuts dan memiliki capaian nada hingga 5 oktaf, seiring berjalannya waktu akhirnya piano memiliki 88 tuts serta pedal yang dapat digerakkan oleh lutut. Ada dua jenis alat musik melodis (piano) yaitu piano akustik dan piano elektrik.

Perbedaan dari keduanya ialah terdapat pada bagaimana cara menghasilkan bunyi, untuk piano akustik menggunakan hammer yang berfungsi sebagai alat untuk memukul senar untuk menciptakan suara nada. Sedangkan piano elektrik memakai papan elektronik sebagai alat penghasil suara.

2. Akordion

alampedia.blogspot.com

Akordion merupakan salah satu musik melodis yang menghasilkan suara dengan cara ditekan. Alat musik yang memiliki species yang sama dengan organ ada pada tahun 1822 , yang dimana penciptanya adalah orang yang berasal dari jerman yaitu Christian Fried. Ada banyak jenis alat musik akordion yaitu kordion berwarna, akordion concertinas, akordion diantonis, dan akordion piano.

Alat musik akordion yang paling booming adalah akordion diantonis karena rentang nada tinggi yang dimilikinya sangatlah luas, itu sebabnya akordion diantonis sering digunakan sebagai pengiring musik jazz, musik kontemporer, dan jenis musik lainnya.

Musik melayu adalah salah satu jenis musik yang harus memiliki alat musik pengiring, peran akordion sangat lah penting didalam musik melayu. Pada awalnya akordeon tidak ada didalam musik melayu, yang ada hanyalah harmonium cara memainkannya lebih sulit dibanding dengan cara memainkan akordion.

Untuk memainkan akordion bisa dilakukan dengan posisi pemain sedang berdiri atau duduk, tali digantungkan pada bagian dada, untuk tangan kiri berfungsi sebagai alat bantu tarik dan dorong pada belows. Karet fleksibel (belows) berfungsi sebagai memberi pasokan udara yang berguna untuk mengeluarkan bunyi pada akordion tersebut.

Sedangkan pada bagian tangan kanan berfungsi sebagai alat bantu untuk memainkan atau menekan tuts-tuts tangga nada piano, memang agak sulit bagi pemula dalam memainkan alat musik ini, jika salah satu tidak dilakukan maka akordion tidak akan mengeluarkan suaranya.

Model Alat Musik Melodis Dengan Cara Digoyang

1. Angklung

budayajawa.id

Angklung merupakan alat musik yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, alat musik melodis yang berasal dari provinsi Sunda (Jawa barat) ini paling berbeda diantara alat musik melodis lainnya, karena angklung memiliki nada ganda atau multitonal.

Konon katanya Angklung sering digunakan dalam suatu adat yang berada di Sunda, yaitu suara angklung yang dimainkan untuk suatu ritual desa sehingga berfungsi untuk memanggil Dewi sri atau Dewi padi guna sebagai simbol kemakmuran pada desa tersebut.

Bahan utama untuk membuat alat musik ini adalah bambu, bambu tersebut dibentuk seperti tabung bambu yang dipahat dan diukir dengan teliti, jumlah tabung bambu yang digunakan untuk satu angklung sebanyak 2 sampai 4 tabung bambu lalu ditata dengan tali rotan.

Mungkin dari kalian masih banyak yang belum tau darimana nama angklung itu berasal, angklung berasal dari kata angkleung-angkleungan. Alat musik ini sebenarnya berasal dari calung. Calung merupakan alat musik seperti tabung bambu yang dipukul dengan kentungan.

Baca juga: Nama Bayi Perempuan

Model Alat Musik Melodis Dengan Cara Dipukul

1. Bonang

wajibbaca.com

Alat musik melodis (Bonang) merupakan alat musik yang sejenis dan hampir mirip dengan gamelan, bonang merupakan alat musik yang berasal dari provinsi jawa tengah Indonesia. Bonang dapat dikatakan sebagai gong mini karena sering diguankan di Degung Gamelan Sunda.

Nama lain dari bonang adalah pot atau ceret, terdapat dua jenis alat musik yang memiliki nama lucu ini yaitu bonang pelog dan bonang slendro. Untuk memainkan alat musik bonang ini adalah dengan cara memukul dengan tongkat yang khusus dibuat dengan melapisi tongkat dengan kain sedikit, begitu pula dengan pemukul gong yang hampir sama persis.

Bahan dasar untuk membuat bonang adalah logam perunggu, tetapi juga ada yang membuat alat musik ini dari logam besi yang dicampurkan dengan logam perunggu, sehingga harganya lebih murah dibanding dengan alat musik bonang yang dibuat dengan perunggu.

Berikut ini ada 3 jenis bonang:

a. Bonang Penerus

Bonang penerus merupakan bonang yang mempunyai ukuran paling kecil dibanding dengan bonang yang lain. Tetapi, dibalik ukurannya yang kecil bonang penerus memiliki kelebihan dengan nada oktaf yang tinggi dan lebih cepat dibanding dengan bonang barun.

b. Bonang Barun

Bonang Barun memiliki ukuran lebih besar atau sedang dibading dengan bonang penerus. kelebihan dari bonang jenis ini adalah memiliki nada oktaf sedang dan nada oktaf yang tinggi.

Alat musik bonang jenis ini merupakan nada atau instrumen utama serta juga dapat menuntun musik-musik instrumen, tidak hanya itu bonang barun juga dapat mengatasi lagu lagu yang banyak terdapat cengkokannya.

c. Bonang Panembung

Bonang Penembung merupakan bonang yang memiliki ukuran besar dibanding dengan bonang jenis lainnya dan bonang jenis ini memiliki nada yang oktaf nya sangat rendah dibanding dengan jenis bonang lainnya.

Model Alat Musik Melodis Dengan Cara Dipetik

1. Gitar

kliktidiart.com

Siapa yang tak kenal dengan alat musik yang satu ini berasal dari negara yang terkenal yaitu Spanyol, gitar merupakan alat musik yang sering digunakan sebagai pelengkap akustik dan jenis-jenis musik lainnya. Cara memainkan alat musik yang satu ini adalah dengan cara dipetik dngan menggunakan jari-jari tangan.

Alat musik ini berbentuk seperti bagian tubuh pokok yaitu dalam artian terdapat badan leher dan kepala. Pada bagian kepala terdapat 6 kunci untuk mengatur senar, pada bagian leher terdapat 6 senar yang didempetkan.

Terdapat dua jenis gitar yaitu gitar akustik dan gitar elektrik, gitar akustik memiliki lubang atau disebut dengan hollow body, hollow body sudah digunakan sedak jaman dahulu hingga sekarang. ada tiga jenis gitar akustik yaitu gitar dengan senar nilon, senar baja, dan senar archtop.

Sedangkan gitar elektrik ada sejak tahun 1930, soundsystem dan pandai mengecohkan bunyi gitar sangat berpengaruh pada gitar elektrik. Pada zaman dahulu gitar elektrik menggunakan hollow body tetapi seiring bejalannya waktu, pada zaman modern gitar elektrik tidak memiliki hollow body dan diganti dengan solid body.

2. Kecapi

alatmusikkecapi.blogspot.com

Kecapi atau kacapi merupakan alat musik yang berasal dari Sunda (Jawa Barat) alat musik ini juga merupakan alat musik tradisional yang dijadikan bagian penting atau harus ada pada Tembang Sunda dan Mamaos Cianjuran.

Sebenarnya, alat musik kacapi sudah ada pada zaman dahulu, zaman dulu kecapi sudah ada di negeri China. Pada saat di China nama alat musik ini bukanlah kecapi, nama lainnya ialah Ghuzeng.

Alat musik kecapi dibuat dengan bahan dasar yaitu kayu (dipahat) yang berfungsi sebagai body dari kecapi itu sendiri, serta terdapat senar yang berfungsi untuk mengeluarkan suara suara indah dan lembut yang cocok untuk mengiringi tembang sunda.

Mungkin masih banyak orang diluar sana yang mengatakan bahwa kecapi adalah buah padahal kecapi merupakan alat musik tradisional yang dapat juga dijadikan sebagai alat musik melodis super keren.

3. Sasando

cgtrader.com

Alat musik yang satu ini merupakan alat musik dawai yang dimainkan dengan cara dipetik, sasando merupakan alat musik yang berasal dari Indonesia tepatnya berada di pulau Rote, provinsi Nusa Tenggara Timur. Sasando memiliki nama lain yaitu sasandu arti sasandu terbagi dua yaitu sandu dan sanu (bergetar dan meronta).

Sasando memiliki body atau pada bagian badan berbentuk tabung yang terbuat dari bahan dasar bambu yang dirapikan, lalu dibagian tengah juga terdapat senar dan dawai mengelilingi tabung gunanya akan menciptakan suara dengan cara ditempelkan dari ujung tabung atas ke bawah.

Pada tabung terdapat kunci atau ganjalan yang berfungsi sebagai penentu nada, jika pada bagian tengah sudah komplit bagian badan sasando dimasukkan kedalam tempat yang berbentuk cembung seperti kipas, kipas tersebut terbuat dari anyaman yang berbahan utama daun lontar.

Seiring bejalannya waktu, sasando semakin berkembang pada era modern yang pastinya tidak hanya sasando akustik saja tetapi juga ada sasando elektrik sehingga menghasilkan suara yang lebih keras dibanding sasando akustik, karena suaranya khas sasando sangat sering dan cocok menjadi alat musik pengiring.

Sekian guys penjelasan tentang alat musik melodisnya semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang ingin cari tau tentang alat musik melodis, terimakasih…

Devi Rahmadani: Nama saya adalah Devi rahmadani ,biasanya dipanggil Devi saat ini berusia 19 tahun .saya tinggal di Pontianak dan saya seorang mahasiswa Informatika Universitas Tanjungpura.