Wisata Palembang Yang Kaya Akan Keanekaragaman

Wisata Palembang – Wisata merupakan perjalanan yang dilakukan seseorang maupun kelompok yang mengunjungi tempat tertentu. Kunjungan tersebut dapat bertujuan untuk tujuan rekreasi, mempelajari wisata tersebut maupun untuk pengalaman pribadi.

Bagi orang atau sekelompok yang berwisata, itu dikenal dengan istilah wisatawan. Umumnya setiap wisata memiliki daya tarik yang meliputi keindahan, keunikan dan keanekaragaman kekayaan alam dan budaya.

Aneka Ragam Wisata Palembang

Wisata terbagi menjadi bermacam-macam diantaranya wisata budaya, wisata maritim atau bahari, wisata cagar alam atau taman konservasi, wisata konvensi, wista buru, wisata ziarah dan tak terlupakan wista kuliner.

Kota yang menjadi tujuan wisata kita kali ini adalah Palembang. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan dapat menjadi tempat tujuan wista yang menarik dengan keanekaragaman yang patut kita kunjungi.

Wisata Budaya Palembang

 

Potensi wisata Palembang ada bermacam-macam. Untuk kategori wisata budaya Palembang terdapat tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi pencinta wisata.

Pertama, Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Karang Anyar yang berada di dekat bukit Siguntang, Monumen Perjuangan Rakyat yang berada di tengah-tengah kota Palembang, Rumah Limas, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang terletak di tepi sungai Musi dan Museum Balaputeraewa yang teretak di Jl Sudirman.

Adapun oleh-oleh budaya Palembang yang paling terkenal yang dapat kamu bawa pulang adalah Songket Palembang.

Wisata Maritim atau Bahari Palembang

Potensi wisata Palembang berikutnya adalah wisata maritim atau bahari.

Di kota Palembang kita dapat menemui Danau Opi yang merupakan tempat rekreasi yang menarik, Danau Tanah Mas dimana wisatawan dapat berkesempatan untuk memancing dan memberi makan ikan mas dan Wisata Sungai Musi yang merupakan wisata andalan di Kota Palembang.

Hal yang menarik di Sungai terdapat penduduk lokal yang memancing dan terdapat kios-kios yang terapung.  Banyak rumah yang dibangun di atas Sungai Musi ini adalah hal yang jarang kita jumpai.

Wisata Cagar Alam Palembang

Wisata cagar alam di Palembang juga dapat kita jumpai yaitu di Hutan Wisata Punti Kayu.

Dengan memiliki area yang seluas 50 hektar, hutan yang mayoritas tumbuh tanaman pinus ini sangat menarik bagi pengunjung. Selain tanaman pinus kita juga bisa melihat kera atau monyet disini. Mereka dapat kita beri makan kacang atau pisang. Kera hidup secara berkelompok dan mau untuk diajak berinteraksi.

Wisata Ziarah Palembang

Selain berkunjung ke berbagai wisata di atas, kita dapat mengunjungi wisata ziarah. Wisata Palembang mempunyai Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin. Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kota Palembang dan berada di dekat pusat kota.

Tiga budaya menghiasi Masjid inidiantaranya budaya Indonesia, Eropa maupun China. Masjid ini dibangun dengan menara bersegi 12 dengan tinggi 45 meter. Fasilitas menuju Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin terbilang mudah diakses.

Wisata Kuliner Palembang

Tak terlupakan wisata kuliner, bagi pecinta kuliner kalau belum lengkap kalau kalian belum mencoba makanan khas dari Palembang. Kuliner yang top di Palembang diantaranya yaitu pempek, es kacang merah, mie celor, brengkes tempoyak, celimpungan, pindang patin, dan pasar kuliner di tepian Sungai Musi.

Di tepian Sungai Musi berjejer banyak warung yang menjajakan menu andalannya. Selain itu ditambah dengan melihat pemandangan Sungai Musi sambil menikmati makanan khas Palembang.


Jadi, kalau kalian ke Palembang cobalah mengunjungi wisata yang ada di sana. Wisata Palembang terbilang lengkap dari wisata budaya hingga wisata kuliner.

Banyak ragam wisata yang terdapat di sana. Kalian bisa mengajak ayah, ibu, kakak, adik, saudara, teman maupun pacar mengunjungi wisata Palembang.

Wisata Palembang dijamin akan membuat kalian gembira, senang nikmat dan puas bahkan ketagihan mengunjunginya lagi.

Leave a Comment