[TERUJI] Tips dan Trik Jitu Pukau HRD saat Interview Kerja

Interview Kerja –  Howdy Bornean! Sedang berdebar-debar gelisah menanti saat interview tiba? Interview atau wawancara kerja merupakan saat – saat yang sangat penting dan krusial bagi seseorang yang ingin melamar kerja.

Pada dasarnya, Interview kerja adalah tahapan ketika HRD yang telah mereview lamaran kerja kalian tertarik dan ingin bertemu dan menguji secara langsung para pelamar. Ini yang perlu kalian jadikan motivasi, bahwa kalian telah terpilih dan tugas selanjutnya untuk membuktikan apakah diri kalian sesuai dengan yang kalian tulis di lamaran kerja.

Bagaimana Proses Interview Kerja?

Pada proses interview atau wawancara kerja, kalian nantianya akan mendapatkan berbagai macam pertanyaan dari pihak HRD yang harus kalian dijawab dengan baik dan tepat tentunya. Pertanyaan tersebut biasanya sangat bervariasi, mulai dari seputar perkerjaan hingga kepribadian kalian. Pertanyaan tersebut biasanya ditujukan untuk menggali diri seorang pelamar, mulai dari jawaban yang kalian berikan hingga gerak gerik kalian dalam menjawab dan sikap tentunya.

interview kerja

illustrasi

Bagaimanapun untuk melakukan sesuatu tentu kita harus melakukan berbagai macam persiapan mulai dari mental hingga pengetahuan. tidak terkecuali dengan interview kerja. Kalian dapat mempelajari bagaimana bersikap, berbicara dengan percaya diri, hingga mencari tahu pertanyaan yang biasa dilontarkan saat wawancara.

Kali ini admin akan mengupas tuntas perihal wawancara kerja, mulai dari tips dan trik hingga pertanyaan yang bisa dilontarkan saat interview kerja. Berikut pembahasannya :

Tips dan Trik Sebelum Wawancara Kerja

Biasanya salah satu penyebab dari kegagalan dalam tes wawancara adalah kurangnya persiapan pelamar kerja dalam materi wawancara dan perilaku yang tidak siap sebelum tes wawancara dilaksanakan. Hingga, ketika interview kerja berjalan, pelamar merasa gugup dalam menjawab pertanyaan hingga performa saat wawancara pun menjadi kurang baik.

Oleh karena itu, persiapan baik dari segi materi maupun mental harus kalian lakukan sebelum melangkah ke tempat interview. Berikut beberapa macam persiapan yang dapat kalian lakukan sebelum menghadapi interview kerja:

1. Berpenampilan Terbaik

interview kerja

Persiapkan Penampilan

Persiapkanlah pakaian terbaik kalian! usahakan untuk berpenampilan bersih dan rapi saat wawancara. Selain itu, sedikit treatment penampilan di salon akan sangat berguna, selain untuk memberikan kesan baik, tentu juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ingatlah segala macam gerak-gerik kalian akan dinilai, tidak terlepas dengan penampilan. Usahakan untuk memberikan kesan pertama yang baik, jika sukses, interview kalian tentu akan lebih mudah dan lancar.

2. Sampai Lebih Awal

wawancara kerja

Pergi Lebih Awal

Memang terdengar sepele, namun ini dapat menjadi salah satu indikator kesiapan kalian. Ketika sampai lebih awal, kalian akan memiliki waktu yang cukup untuk menyesuaikan diri dan mempersiapkan mental di lokasi interview tersebut. Gunakan waktu tersebut untuk mengatur emosi, mengontrol diri dan emosi, mempersiapkan diri untuk fokus, dan persiapan teknis lainnya.

Dengan datang lebih awal tentu juga akan memberkan kesan tersendiri bagi perusahaan. Karena pada dasarnya sesuatu yang dikerjakan dengan terburu – buru hasilnya tidak akan maksimal.

3. Tetapkan Harapan!

Interview Kerja

Tetapkan Harapan

Biasanya kalian akan diminta untuk mengisi formulir sebelum wawancara yang mana berisikan mengenai harapan yang kalian inginkan ketika berkerja di perusahaan tersebut. Beberapa hal yang harus kalian isi seperti gaji yang diharapkan, lingkungan pekerjaan yang diidamkan, fasilitas yang diharapkan, kesediaan untuk ditempatkan di luar kota/provinsi dan yang lainnya.

Biasanya yang sangat menbingungkan untuk diisi ialah kolom gaji yang diinginkan. Usahakan untuk tidak mematok gaji atau fasilitas yang tidak rasional untuk ukuran kalian. Yang harus kalian lakukan ialah mengukur dan mempertimbangkan terlebih dahulu kemampuan yang kalian miliki, bukan hanya mengikuti keinginan semata.

Jika tidak masih bingung, carilah referensi gaji dengan kualifikasi yang kalian miliki, baik gelar maupun pengalaman.

4. Ketuk Pintu dan Bersalaman Saat Masuk Ruang Interview

Interview Kerja

Cairkan suasana

Ketika nama kalian dipanggil, itu adalah saatnya untuk mulai menjaga setiap sikap yang kalian lakukan. Mulai kesopanan hingga gerak gerik tubuh semuanya akan menjadi perhatian tersendiri. Salah satu cara untuk memberikan kesan baik ialah dengan mengetuk pintu dan bersalaman dengan para pewawancara.

Berikan senyuman dan kesan pertama yang baik dengan memperhatikan setiap detail sikap yang kalian lakukan. Selain itu, berjabatan tangan juga akan sangat berguna dalam beradaptasi dan mencairkan suasana di dalam ruangan tersebut.

5. Lakukan Kontak Mata Saat Wawancara

Interview Kerja

Lakukan Kontak Mata

Pada saat interview kerja telah dimulai, usahakan untuk memandang kedua mata pewawancara. Kontak mata akan membuat kalian terlihat menjadi orang yang serius dan percaya diri. Usahakan untuk tidak melamun atau beratatapan kosong.

Baca Juga : Cara Menjadi Moderator

6. Jawab dengan Jelas dan Singkat!

Interview Kerja

Jawab dengan Jelas

Pada proses wawancara, biasanya terdapat beberapa pertanyaan kunci yang sebaiknya dijawab dengan jelas dan singkat. Usahakan untuk menjawab pertanyaan sesuai dengan jalur dan alur yang mereka ingikan dan  jangan memberikan jawaban yang menimbulkan pertanyaan baru atau bahkan membingungkan.

Hindari pula untuk memberikan bertele-tele dengan bahasa langit syurga, cukup jadilah dirimu sendiri dan fokus dengan jawaban. Cara kalian berfikir akan sangat di uji pada tahapan ini, tentu berlatih dan mencari contoh pertanyaan interview akan sangat berguna.

7. Tunjukkan Semangat dan Minat

interview kerja

Selalu tunjukkan semangat

Usahakan untuk tetap terlihat ekspresif dan bergairah selama proses interview. Ekspresi wajah yang kalian munculkan akan sangat berpengaruh terhadap mood pewawancara, jika kalian terlihat gugup, mereka akan semakin menekan. Usahakan untuk terlihat bergairah agar mereka terkesan dan juga tertarik dengan kalian.

8. Ucapkan Terima Kasih

interview kerja

Ucapkan Terima Kasih

Ketika tes wawancara usai, berikanlah kesan yang membekas. Salah satunya dengan mengucapkan terima kasih ketikan ingin beranjak. Kemudian jabat tangan mereka dengan penuh keyakinan. Perilaku tersebut akan memberikan kesan good manner dan serius dalam memperjuangkan posisi pekerjaan yang kalian inginkan.

Baca Juga : Contoh CV Bahasa Inggris

Pertanyaan Interview Kerja yang Biasa ditanyakan

wawancara kerja

wawancara kerja

Sesudah mengetahui tips dan trik saat wawancara kerja, selanjutnya kita akan membahas pertanyaan yang sering muncul pada wawancara. Hal ini sangat perlu untuk kalian ketahui sebagai latihan dan persiapan nantinya. Berikut pembahasannya:

Tolong jelaskan tentang diri Kalian?

Ketika mendapatkan pertanyaan seperti ini, kalian dapat menjelaskan tentang hal apa yang bisa kalian tawarkan dari dalam diri. Pada dasarnya, pewawancara ingin mengetahui berapa lama pengalaman kalian sebelumnya terkait pekerjaan yang ingin kalian lamar. HRD biasanya akan menggali pengetahuan, watak kepribadian dan kemampuan kalian.

Dalam menjawab, paparkan pengalaman kalian secara detail namun jelas, semakin banyak hal yang dapat kalian ceritakan terkait dengan hal tersebut, akan lebih menambah kesan diri kalian.

Mengapa Meninggalkan/Berniat Meninggalkan Pekerjaan Terakhir?

Ini merupakan salah satu pertanyaan yang cukup membingungkan sekaligun tricky. Kalian harus dapat menjawabnya dengan penuh keyakinan dan terpenting dengan jujur. Apabila memang mendapati perusahaan lama yang kurang menghargai pekerjaan kalian maka katakan saja yang sebenarnya. Usahakan untuk tidak memojokkan satu pihak dengan menyalahkan mereka dan seolah-olah kalian berada di posisi yang paling benar.

Baca Juga : Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris

Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan ini?

Pertanyaan yang satu ini dapat menjadi jebakan jika kalian kurang bijak dalam berfikir. Biasanya yang langsung terlintas dalam fikiran kita iaah karena uang/gaji. Wajar memang, namun akan kurang elok jika kalian menjawab begitu, seolah-olah kalian bekerja hanya untuk mencari uang. Padahal ada banyak hal lain yang lebih berharga yang dapat kalian dapatkan, mulai dari pengalaman, pembelajara, relasi, dan banyak lagi yang lain.

Coba untuk gali dan utarakan nilai positif yang tidak hanya sekedar uang semata. Ketika kalian mampu menyampaikan hal tersebut, kalian akan dilihat sebagai individu yang memiliki etos kerja dan value teresendiri.

Kenapa Kami Harus Mempekerjakan Anda?

Kalian harus tenang dalam manjawab pertanyaan ini karena bisa jadi sangat menjebak. Sebagi pelamar yang ingin dipilih, tentu mereka akan berusaha untuk mempromosikan dirinya dengan berbagai cara. Hal ini boleh saja kalian lakukan, hanya saja jangan sampai terkesan berlebihan dan terlalu mengada-ada.

Usahakan untuk tetap apa adanya dan jujur menceritakan keunggulan kalian, bisa jadi kalian menceritakan pengalaman yang berkaitan dengan perkerjaan tersebut, pencapaian yang pernah kalian raih, dan hal positif lainnya.

Apa kelemahan Terbesar?

Dalam menjawab pertanyaan ini,  sering kali membuat kandidat merasa serba salah. Pada satu sisi harus mempromosikan diri, namun harus pula menceritakan kelemahan. Sering kalia para pelamar menganggap bahwa ketika mereka mengungkapkan banyak kelemahan, justru akan menjatuhkan image di depan pewawancara. Lalu bagaimana cara terbaik menjawabnya?

Pahamilah bahwa setiap manusia tidak ada yang sempurna dan pasti pernah dam memiliki kekurangan. Untuk menjawab pertanyaan seperti di atas, kalian dapat menggunakan trik “kelemahan yang menguntungkan”, sebagai contoh tidak sabar untuk menyelesaikan pekerjaan, marah ketika tidak menyelesaikan sesuatu dengan baik, dsbg.

Apa yang diketahui dari Perusahaan ini?

Ini bisa dikatakan sebagai pertanyaan wajib ketika wawancara. Pewawancara berusaha untuk menggali keinginan dan keseriusan kalian untuk berkerja dengan mencari tahu apakah kalian memiliki usaha untuk mengenal lebih jauh atau tidak mengenai perusahaan yang akan kalian lamar. Carilah informasi ini sebanyak-banyaknya!

Ada yang Ingin ditanyakan?

Pertanyaan terakhir yang sering diajukan oleh pewawancara adalah “Apakah ada pertanyaan untuk saya?” Untuk menyikapi hal ini, ada baiknya kalian untuk memberikan pertanyaan seputar apa yang  kalian belum ketahui. Pertanyaan ini sering kali digunakan untuk mengetes antusias kalian dalam berdiskusi dan berfikir kritis. Ada baiknya untuk mempersiapkan pertanyaan sebelum kalian pergi interview.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Dalam Bahasa Inggris

Itulah tadi berbagai informasi mengenai tip dan trik interview kerja dan beberapa pertanyaan yang sering muncul pada wawancara kerja. Persiapkanlah segala sesuatunya dengan baik agar mendapatkan hasil yang baik pula. Sekian dan semoga sukses!

  • Add Your Comment