[TERBARU] Jangan Ngaku Pernah ke Pontianak Kalau Belum ke Tempat Wisata Pontianak ini!

Tempat Wisata Pontianak – Kota Pontianak sangat terkenal dengan Kota Khatulistiwa. Pontianak berada di wilayah yang dilalui oleh garis equator yang membagi bumi menjadi dua bagian, yaitu utara dan selatan. Pontianak juga memiliki sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas.

Tempat Wisata Pontianak Terbaik!

Bagi kalian yang sedang ingin berlibur tidak salahnya memilih Kota Pontianak sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Pontianak ini memiliki beberapa tempat wisata yang menarik, berikut ulasannya.

1. Tugu Khatulistiwa Pontianak – Khatulistiwa Park

Tempat Wisata Pontianak

Tugu Khatulistiwa

Tempat wisata pontianak ini merupakan salah satu Tugu kebanggaan Kota Pontianak. Berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, Tugu khatulistiwa kini telah bertrasnformasi menjadi bukan hanya sekedar ikon kota, namun menjadi tempat wisata unggulan Kota pontianak.  (baca lebih lanjut : Tugu Khatulistiwa Pontianak) Di tugu utama ini terdapat empat pilar kayu berlian dan dua pilar pada bagian belakang yang lebih tinggi dari pilar bagian depan. Tugu ini menyajikan berbagai informasi tentang garis khatulistiwa.

2. Tempat Wisata Kuliner di Pontianak (GM Coffe Street)

Tempat Wisata Pontianak
Bagi kalian pecinta kopi dan kuliner, Jalan gajahmada ini bias menjadi pilihan destinasi wisata kalian. Tempat ini sangat terkenal sebagai tempat bersantai yang asyik, apalagi pada malam hari. Kalian dapat menemui beberapa café atau waurng kopi yang menyediakan beberapa menu yang sangat enak. Di area ini buka 24 jam. Menu makanan yang disediakan antara lain kwe tiau, bubur ayam, mie kepiting, mie ayam, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Makanan Khas Pontianak

Kalian juga dapat menemukan menu bubur ayam pada malam hari. Harga semua makanan sangat terjangkau. Selain itu, ada café yang menyediakan wifi gratis, makanan ringan seperti pisang goreng crispy yang sangat enak. Kini pemerintah telah membangun taman mini yang dilengkapi ornamen lampu-lampu jalan yang unik dan menarik. Sehingga kalian tidak akan bosan berkunjung di tempat ini.

3. Joging Track Untan

Tempat Wisata Pontianak
Seiring betapa pentingnya hidup sehat, joging sekarang menjadi gaya hidup yang banyak diikuti oleh berbagai kalangan. Tempat jogging yang sedang ramai dikunjungi oleh masyarakat saat ini adalah Jogging track Untan yang berada di sekitar Taman Digulis Pontianak.
Area Jogging Track yang memiliki luas 800 meter ini menjadi daya tarik tersendiri dengan keasrian dan nuansa segar. Setiap hari lokasi ini ramai dikunjungi. Kini pemerintah menambah track bagi para pecinta BMX. Ada juga sarana bermain anak-anak.

4. Tempat Wisata Alam di Pontianak –  Taman Alun Kapuas

Tempat Wisata Pontianak
Sungai Kapuas kini dimanfaatkan bagian tepinya sebagai taman wisata. Berada persis di depan Kantor Walikota, membuat taman ini sering dikunjungi. Setiap sore, tempat wisata pontianak ini dipadati pengunjung karena susasana yang cocok sebagai tempat bersantai. ( Baca lebih lanjut : Alun Alun Kapuas)
Di tiap sudut taman dengan luas tiga hektar ini dilengkapi dengan replika Tugu Khatulistiwa. Pada malam hari, pengunjung akan dimanjakan dengan lampu yang gemerlap di tengah air yang memancur.

5. Tempat Nyantai di Pontianak -Taman Akcaya

Tempat Wisata Pontianak

Tempat wisata pontianak ini berada di daerah Kota Baru dekat dengan Rumah Betang Radakng. Taman akcaya sering di kunjungi masyarakat. Ada perahu yang bertuliskan Taman Akcaya, sehingga menjadi sasaran pengunjung untuk berfoto. Tempat ini juga dilengkapi tempat bermain anak-anak.
Di tengah taman ada rumah baca yang baru ini dibangun. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan menjadi tempat bersantai yang menyenangkan.

6. Paradise-Q Kubu Raya

Kolam Renang di Pontianak

Slider di Kolam Renang Paradise – Q

Tempat wisata yang satu ini merupakan kolam renang yang sangat baru di  daerah kota Pontianak. Wahana Keluarga berana Paradise Q ini berlokasi di Jalan Ayani 2 atau Jalan Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Nama “Paradise Q” atau yang berarti syurga ku merupakan wahana air terbesar dan terlengkap yang ada di Kalimantan yang disebut-sebut memiliki standar dunia atau world-class standard. (Baca lebih lanjut : Paradise Q )

7. Rumah Betang Radakng

Tempat Wisata Pontianak
Kalimantan Barat memiliki penduduk asli suku Dayak. Pada bagian rumah betang radakng terdapat seni ukiran khas suku Dayak. Bangunan ini merupakan replika dari rumah adat suku Dayak. Tempat wisata ini pernah tercatat meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia, karena mempunyai panjang 138 m lebar 5 meter 7 meter. (Baca Lebih lanjut : Rumah Adat Kalimantan Barat)

8. Wisata Malam Pontianak – Tugu Digulis (Tugu Bambu Runcing)

Tempat Wisata Pontianak

Tugu Digulis tak kalah menarik dengan Tugu Khatulistiwa. Tugu Digulis merupakan simbol kota Pontianak selain Tugu Khatulistiwa. Karena letaknya strategis sehingga mudah dikunjungi atau dilihat oleh pengunjung.

Monumen ini diresmikan pada 10 November 1987 oleh Gubernur Kalimantan Barat saat itu, H Soedjiman. Monument ini menceritakan tentang perjuangan pemuda Kalimantan saat meraih kemerdekaan RI. Tugu ini didirikan sebagai peringatan atas perjuangan sebelas tokoh Sarekat Islam Kalimantan barat

Tugu Digulis terletak di tengah kota. Letaknya di Jalan Jenderal Ahmad Yani. Orang biasa menyebutnya dengan bundaran Universitas Tanjungpura alias Bundaran Untan. Monumen ini berbentuk sebelas bambu runcing yang menjulang tinggi dengan ukuran yang berbeda. Warnanya kuning kehijauan seperti bambu pada umumnya.

Tidak hanya itu kini tugu ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, mulai dari jogging track, street art, hutan kota, hingga air terjun di pontianak.

9. Masjid Jami Sultan Syarif Abdurrahman

Tempat Wisata Pontianak

Masjid Jami Kesultanan Pontianak pertama kali dibangun oleh Sultan pertama sekaligus pendiri Kesultanan Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie. Masjid ini menjadi awal dimulainya sejarah Kota Pontianak.

Setiap tahun warga Pontianak memperingati hari lahir kota Pontianak, ibukota Propinsi Kalimantan Barat. Kini, Masjid Jami tersebut dinamai Masjid Sultan Abdurrahman Pontianak (Baca lebih Lanjut : Sungai Kapuas Pontianak).

10. Museum Kalimantan Barat

Tempat Wisata Pontianak

Tempat wisata bersejarah ini berlokasi di jalan Jenderal Ahmad Yani. Museum ini memiliki tiga zona koleksi yang bermacam-macam. Mulai dari peninggalan artefak dari Kalimantan barat, benda hasil olahan kerajaan, kerajinan seni dan budaya yang asli dari suku Dayak, hingga berbagai koleksi keramik dari China.

Terdapat taman kecil di bangunan luar museum yang memiliki jembatan kayu. Taman ini biasanya dijadikan untuk arena berfoto bagi pengunjung yang berkunjung.

Selain menampilkan koleksi yang ada di Ruangan Pameran Tetap I, Museum Provinsi Kalimantan Barat juga menampilkan koleksi replika dan miniatur yang berada di plaza Jangkar kapal dagang asing.

Museum ini biasanya mengadakan pameran lukisan yang di tampilkan di selasar museum. Setiap tahun biasanya mengadakan lomba cerdas cermat, melukis dan lomba mading. Juga mengadakan kegiatan Sosialisasi agar masyarakat seperti anak sekolah mengetahui budaya Kota Pontianak.

11. Keraton Kesultanan Kadariyah

Sungai Kapuas Pontianak dan keraton kadariah

Keraton Kadariyah Pontianak di Bantaran Sungai Kapuas

Keraton Kesultanan Kadariyah merupakan istana peninggalan kesultanan Pontianak. Didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman pada 14 Rejab 1185 H bersamaan 23 Oktober 1771M. Terletak 4 km dari pusat kota dan terletak di Kampung Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

Jika kalian masuk ke dalam istana, makan kalian akan menjumpai beberapa benda peninggalan sejarah, seperti Singahsana, Kaca Pecah Seribu, Al-Quran tulisan tangan dan salasilah keturunan Sultan Pontianak dari sultan pertama, Sultan Sharif Abddurahman Alkadrie hingga kepada Sultan Kelapan.

Pada bagian depan, tengah, dan kiri depan istana kalian dapat melihat meriam kuno buatan Perancis dan Portugis. Kalian juga dapat melihat Anjungan, sebuah ruangan yang menjorok ke depan yang dulu digunakan sebagai tempat peristirahatan Sultan atau untuk sekedar menikmati keindahan pemandangan Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

12. Makam Kesultanan Batu Layang

Tempat Wisata Pontianak

Makam Kesultanan Batu Layang merupakan tempat pemakaman tujuh sultan dari Pontianak dan keluarganya. Makam Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie dijadikan makam utama.
Makamnya berada di tengah komplek mirip bunker yang berukuran kecil. Untuk bisa masuk ke area pemakaman sultan, kalian harus menundukkan kepala. Hal ini sebagai simbol penghormatan kepada sultan.

13. Kolam Renang JC Oevang Oeray

Tempat Wisata Pontianak

Kolam Renang JC Oevang Oeray adalah salah satu kolam renang yang ada di kota Pontianak. Kolam renang ini berada di Jalan Ayani Pontianak, tepatnya di belakang Gor Pangsuma. Kolam renang ini sangat ramai dikunjungi, mulai oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

14. Car Free Day – Jalan Ahmad Yani Pontianak

tempat wisata pontianak

Car free Day

Satu lagi kegiatan yang tidak boleh kalian lewatkan kalau berkunjung ke pontianak, yaitu berkunjung ke car free day. Car free day di Pontianak diadakan di jalan protokol utama kota yaitu jalan Ahmad Yani, lebih tepatnya di daerah depan Mega Mall Pontianak, Stadion SSA Pontianak, Hingga Masjid Raya Mujahidin.

Disana kalian akan melihat berbagai macam kegiatan anak muda pontianak dengan berbagai macam label komunitas berkumpul untuk memperkenalkan kegiatan mereka. Mulai dari komunitas menulis, olahraga, hingga hobby.

Selain itu bagi kalian yang hobi berbelanja dan berburu kuliner di Minggu pagi, kalian harus mengunjugi kawasan CFD di area Stadion SSA. Kalian akan menemukan jejeran stand memenuhi area tersebut, mulai dari stand kuliner, fashion, hingga hobby. Sangat cocok bagi kalian yag ingin merasakan nuansa pontianak dan cultur orang-orangnya secara lebih dekat.

Baca Juga : Tempat Wisata di Singkawang

Nah, demikianlah tempat wisata pontianak yang paling sering dikunjungi. Buat kalian yang berencana jalan-jalan ke Pontianak, jangan lupa singgah di tempat wisata pontianak diatas. Terima Kasih!

  • Add Your Comment