Sulitkah Belajar Bahasa Inggris? - Borneo Channel

Sulitkah Belajar Bahasa Inggris?

Pengalaman Seputar Belajar Bahasa Inggris

Howdy Borneans, sebagian dari kalian mungkin menganggap bahasa belajar bahasa Inggris adalah sesuatu yang sangat sulit. Hal ini mungkin tercipta oleh berbagai stigma yang berada disekitar kita, mulai dari keluhan teman-teman ataupun pengalaman orang lain.

Di Indonesia, hampir semua wilayah memiliki bahasa daerah masing- masing.  Rata-rata penduduk Indonesia dapat menguasai 2 bahasa, bahasa daerah (mother tongue language) dan Bahasa Indonesia (primary language). Pernahkan terfikir mengapa kita dengan mudah mempelajari bahasa daerah tempat tinggal kita.

Pada dasarnya belajar bahasa adalah mempelajari sebuah skill, sama halnya dengan belajar sepeda atau berenang. Skill atau kemampuan adalah sesuatu yang berkaitan dengan pengalaman yang harus dilakukan dan diasah atau dilatih.

Belajar Bahasa Inggris
Belajar Sepeda

Jika seseorang tahu teori bagaimana bersepeda, belum tentu dia bisa untuk bersepeda.  Diperlukan pengalaman langsung dan latihan secara rutin untuk dapat menguasai skill tersebut. Sama halnya dengan bahasa.

Disekolah, bisanya kita hanya sebatas mempelajari teori –teori tentang bahasa namun sangat jarang kita praktekkan di kehidupan sehari-hari. Menurut admin hal ini lah yang membuat mungkin sebagian dari kita tidak begitu mengusai, bahkan cenderung menghindari untuk belajar bahasa Inggris. Lain halnya dengan bahasa daerah, kita biasanya lebih sering mempraktekkan bahasa daerah tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga kemampuan bahasa daerah tersebut dapat kita kuasai dengan baik.

Pada kesempatan kali ini, admin akan berbagi info seputar pengalaman mempelajari bahasa Inggris. Salah satu hal yang sangat penting sebelum belajar sesuatu adalah niat dan motivasi. Karena hal tersebutlah yang akan berperan sebagai penyemangat kita dalam belajar.  Admin akan menerangkan tentang pentingnya mempelajari bahasa Inggris.

1. Bahasa Inggris Digunakan di Berbagai Negara

Walaupun berada di urutan ke ketiga setelah bahasa China dan spanyol  di peringkat urutan bahasa yang paling sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling tersebar di berbagai macam negara. Belum lagi ditambah dengan jumlah pengguna Bahasa Inggris sebagai second language maupun foreign laguage. 

Belajar Bahasa Inggris
Illustrasi

Selain Inggris, ada banyak negara yang juga menjadikan inggris sebagai bahasa resmi (official language) seperti USA, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan lainnya. Bahasa Inggris juga menjadi Bahasa Diplomasi dan Bahasa Resmi dalam Uropean Union, the United Nations, NATO and the European Free Trade Association, dll. 

Ditambah lagi, Bahasa Inggris banyak dijadikan sebagai Bahasa Kedua (Second Language) oleh banyak negara seperti Malaysia, Norwegia, Swedia, Denmark, Jerman, dan Belanda. Jika ditotalkan, hampir 500 Juta orang menggunakan bahasa ini diseluruh dunia  dan belum ditambah dengan jumlah orang yang mempelajarinya.

Belajar Bahasa Inggris
Illustrasi

Di beberapa negara Eropa dan Afrika yang notabene bukan pengguna bahasa dari lahir (native speaker), mereka menggunakan bahasa Inggris dalam level yang masih sangat rendah. Dalam artian pengguna masih tidak terlalu lancar dan fasih dalam penggunaan bahas. Sebenarnya ini merupakan kesempatan besar bagi kalian yang ingin mencoba untuk memberanikan diri bekomunikasi dan belajar secara langsung tanpa takut untuk melakukan kesalahan.

Mempelajari bahasa Inggris dapat memberikan hasil yang setimpal bahkan lebih besar dari usaha yang kamu lakukan dalam belajar. Dengan mempelajari Bahasa Inggris kita dapat berkomunikasi dengan orang diseluruh dunia.

2. Bahasa Inggris Membuka Peluangmu

Dengan bisa berbahasa Inggris akan memungkinkan kamu untuk melakukan komunikasi efektif in berbagai negara, dan ini akan membuka peluang untuk berkerja diluar negeri. Seiring dengan terbukanya pasar bebas, penggunaan bahasa Inggris akan sangat diperlukan agar kalian dapat bersaing dengan pekerja dari luar.

Belahar Bahasa Inggris
Illustrasi

Beberapa bidang pekerjaan seperti travel, airline, tourism dan industri film biasanya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Biasanya para penyedia perkerjaan akan meminta beberapa bukti berupa sertifikat kecakapan atau tes wawancara Bahasa Inggris sebelum mereka menerima kalian. Kemampuan berbahasa Inggris akan akan secara langsung membuka lebih banyak peluang karir.

Belajar Bahasa Inggris
Illustrasi

Disamping peluang kerja, Bahasa Inggris juga akan membuka peluang kalian di bidang pendidikan. Mungkin sebagian dari kalian pernah bermimpi untuk berkuliah atau mencari beasiswa ke luar negeri. Peluang kalian akan semakin besar jika mempelajari bahasa Inggris. Semua perguruan tinggi kelas dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa  pengantar. Ini menjadikan Bahasa Inggris sebagai hal petama yang haru kalian taklukan demi mencapai impian kalian!

3. Bahasa Inggris Memberikan Akses Lebih Luas pada Ilmu Pengetahuan

Tahukah kalian bahwa 55% halaman web di dunia menggunakan bahasa Inggris? Ini sangatlah besar jika dibandingkan dengan bahasa lain, yang diikuti bahasa rusia dengan persentase sebesar 6%. Pengetahuan Berbahasa Inggris membuatmu dapat mengakses berbagai macam sumber intelektual dunia.

Belajar Bahasa Inggris
Illustrasi

Bahasa Inggris juga dikenal sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Jika kamu mempelajari Bahasa Inggris, kamu tidak hanya dapat mengakses banyak sekali ilmu yang tersedia di Internet, namun kamu juga dapat belajar banyak sekali buku-buku atau paper ilmu pengetahuan. Bahasa Inggris sangatlah penting jika kalian ingin mengejar karir dibidang ilmu pengetahuan. Rata-rata hampir semua rujukan di bangku perkuliahan menggunakan buku yang berbahasa Inggris.

4. Bahasa Wajib untuk Travelling

Jika kamu sering atau ingin berpergian ke luar negeri, kamu tentunya harus dapat berkomunikasi dengan baik di negara tersebut. Seiring dengan dijadikannya Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional, bahasa ini juga digunakan sebagai lingua franca atau bahasa penyambung. Biasanya hampir di semua tempat, teutama tujuan travelling Bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa untuk berkomunikasi.

Belajar Bahasa Inggris
Illustrasi

Tentunya untuk dapat mempelajari bahasa lokal akan sangat menghabiskan waktu. Pertimbangkan untuk dapat menguasai bahasa-bahasa yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti bertanya arah, berbelanja, berkenalan, dll. Mungkin kita akan mempelajari bahasa lokal di tempat berkunjung, namun pertimbangkan bahasa Inggris sebagai alternatif Bahasa.

5. Bahasa untuk Film dan Lagu

Belajar Bahasa Inggris
Illustrasi

Jika kalian penggemar film-film bioskop atau sitcom, Bahasa Inggris haruslah jadi hal yang wajib. Karena banyak sekali film-film dunia yang ditulis dan diproduksi dalam bahasa Inggris. Dengan secara langsung memahami dialog tanpa subtitles akan memberikan pengalaman yang lebih menarik. Ditambah lagi dengan terus berinteraksi dengan Bahasa Inggris di film maupun lagu adalah cara yang sangat baik untuk melatih kemampuan mendengar kalian.

Itulah tadi berdasarkan pengalaman admin beberapa hal yang bisa kalian jadikan sebagai motivasi untuk belajar. Mungkin motivasi setiap orang akan berbeda-beda,  namun yang harus kalian selalu ingat adalah alasan mengapa belajar Bahasa Inggris, yang nantinya akan selalu memotivasi kalian untuk terus belajar. Setelah menemukan motivasi untuk belajar, tahap selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara belajar sesuai dengan kebutuhan kalian.

Untuk cara belajar bahasa Inggris, simak post-post admin berikutnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.