Perpustakaan online gratis

[Mahasiswa Wajib Tahu] 13 Situs Perpustakaan Online Gratis biar Skripsi Kelar, Cepet Nikah!

Kumpulan Situs Sumber Akademis Terpercaya untuk Skripsi atau Tugas Kalian!

Perpustakaan Online Gratis – Hei para mahasiswa angkatan tua? Hari ini masih dikampus aja? Kapan wisuda? Kapan nikah? Pertanyaan yang sangat menyeramkan bagi pemuda masa kini, terutama para mahasiswa.

Bagi mahasiswa target kelulusan sangatlah penting sebagai langkah awal menuju masa depan. Target biasa diartikan mulai dari nilai yang tinggi, prestasi, ataupun kecepatan waktu lulus. Setiap orang memiliki target sendiri – sendiri, tapi jangan sampai target kalian menjadi hancur lebur hanya karena masalah skripsi atau tugas yang tak kunjung selesai karena keterbatasan sumber di era informasi yang sudah sangat canggih sekarang ini, sungguh konyol bukan?

perpustakaan onlie gratis
Illustrasi

Bagi kalian mahasiswa akhir yang hobi buka internet tapi skripsi gak kelar-kelar,ayo buruan insaf ! Ingat jodoh!

Banyak sekali pembenaran yang biasa dilakukan, mulai dari susahnya mencari sumber yang terpercaya sampai sumber yang terbatas. Padahal banyak situs-situs jurnal dan perpustakaan online gratis yang bisa kalian semua manfaatkan. Kali ini admin sedang berbaik hati untuk berbagi 13 situs perpustakaan online gratis yang dapat kalian manfaatkan sebagai sumber terpercaya untuk tugas kalian, berikut situsnya :

Daftar Perpustakaan Online Gratis

1. Google Scholar

perpustakaan online gratis
Google Scholar

Situs perpustakaan online gratis yang pertama yaitu Google Scholar atau di Indonesia disebut Google Cendikia. Kalian baru dengar? Padahal situs ini diluncurkan pada tahun 2004, 12 tahun yang lalu. Google Scholar ini merupakan situs pencarian yang dapat menyediakan berbagai macam data/materi pelajaran yang bersifat akademis dalam berbagai format publikasi.

Di situs perpustakaan online gratis ini kalian dapat mencari berbagai macam bahan dari seluruh bidang ilmu dan referensi dari suatu tempat. Google Cendikia dapat menyajikan makalah, thesis, buku, artikel, abstrak, universitas, pernerbit akademis, dan banyak lainnya.

2. Microsoft Academic

perpustakaan online gratis
Microsoft Academic

Situs perpustakaan online gratis selanjutnya ialah Microsoft Academic. Situs ini sangat tepat bagi kalian yang ingin mencari referensi untuk tugas akhir atau penelitian. Microsoft Academic Search merupakan mesin pencari yang terfokus pada bidang akademik yang didalamnya terdapat lebih dari 38 juta file referensi.

Situs ini agak sedikit berbeda dengan google scholar yang lebih terfokus pada karya ilmiah dan paper,  Microsoft Academic Search memberikan layanan yang lebih lengkap. Didalamnya tersedia Call For Paper dari sejumlah konferensi / seminar terkenal, citation graph, co author graph, daftar jurnal dengan kualitas atas dan banyak lagi lainnya. Dengan lengkapnya layanan tersebut, situs ini layak untuk dijadikan sebagai portal utama untuk referensi akademik atau penelitian kalian.

3. Perpustakaan Nasional Indonesia

Perpustakaan Online Gratis
Perpustakaan Republik Indonesia

Kalau situs perpustakaan online gratis yang satu ini merupakan layanan milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Seiring perkembangan teknologi digital, perpustakaan nasional ini sangatlah membantu bagi kalian yang ingin mencari referensi dengan mudah tanpa harus repot-repot mencari buku. Selain itu, jumlah referensi tentu lebih banyak dibandingkan perpustakaan konvensional.

Didalam situs ini terdapat berbagai macam jurnal-jurnal ilmiah yang dapat secara gratis di download. Sangat cocok bagi kalian yang ingin mencari referensi berbahasa Indonesia. Untuk mengakses lebih lanjut, kalian harus mendaftar terlebih dahulu. Petunjuk pendaftaran tersedia dengan lengkap di situs tersebut.

4. Academia

perpustakaan online gratis
Academia

Selanjutnya ialah situs Academia.edu. Situs ini merupakan salah satu situs perpustakaan online gratis yang berupa jejaring sosial bagi para akademisi, baik para peneliti maupun mahasiswa. Jaringan sosial akademis ini didirikan pada tahun 2008 dan sekarang penggunanya sudah lebih dari 2 juta pengguna yang terdaftar.

Jejaring ilmu pengetahuan ini memungkinkan kalian untuk berbagi dokumen, atau mencari penelitian dalam bidang tertentu secara terbuka. Situs perpustakaan online gratis ini sangat berguna untuk mendapatkan ilmu dan berbagi pengetahuan dengan akademisi lain dari belahan dunia yang lain.

5. Indonesian Publication Index

Perpustakaan online gratis
IPI

Indonesian Publication Index merupakan salah satu situs perpustakaan online gratis yang dapat kalian akses dengan sesuka hati. Situs ini merupakan hasil kerja keras dari para Ilmuwan dan Peniliti Indonesia yang tergabung dalam Advance Engineering and Sciene. Situs ini juga sering disebut dengan IPI.

Portal akademis ini merupakan google-nya para akademisi di Indonesia. Jika kalian kesulitan dalam menggunakan bahasa inggris, situs ini dapat menjadi solusi kalian karena didalamnya tersedia publikasi dalam bahasa indonesia. Kalian dapat mencari referensi, mengunduh naskah, kutipan dan akses lainnya secara gratis dan bebas.

6. Literature

perpustakaan online gratis
Literature.org

Bagi kalian yang mau nyari referensi tapi takut kuota habis, Literature.org ini bisa jadi solusi. Situs ini memiliki tampilan yang sangat simple, namun konten yang disediakan sangat lah kaya. Pada situs ini kalian dapat mencari berbagai sastra dan fiksi kelas dunia secara lengkap. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak menyelesaikan tugas!

7. Wiley Online Library

perpustakaan online gratis
Wiley Online Library

Situs perpustakaan online gratis yang satu ini dapat menjadi solusi bagi kalian yang ingin mencari referensi dalam bahasa Inggris. Di situs ini kalian dapat menemukan publikasi saintifik, teknis, medis, dan pendidikan internasional. Wiley Online Library memiliki lebih dari enam juta artikel, 18.000 buku online, 1.500 jurnal dan ratusan referensi untuk penelitian secara gratis.

8. Research Gate

perpustakaan online gratis
Research Gate

Research Gate juga termasuk salah satu situs jejaring akademis, sama seperti academia edu. Situs yang didirikan pada tahun 2008 ini dibuat oleh peneliti dan digunakan untuk peneliti. Sekarang, situs ini memiliki lebih dari 11 juta member yang tergabung dan akan terus berkembang.

Pada situs ini kalian dapat bebas berdiskusi, bertanya dan berpendapat mengenai topik penelitian kalian. Seringkali para akademisi menggunakan situs ini sebagai tempat untuk berbagi ilmu dengan berbagai orang dari seluruh penjuru dunia.

9. Library Genesis

Perpustakaan online gratis
Library Genesys

Pada Library Genesys, kalian dapat menemukan berbagai macam buku-buku digital dengan berbagai macam format mulai dari mobi, pdf, hingga ePub. Hampir semua bidang pendidikan tersedia disitus ini mulai dari jurusan politik, ekonomi, pendidikan dan banyak lainnya.

10. Science Direct

perpustakaan online gratis
Science Direct

Science Direct merupakan situs penyedia informasi akademis untuk para peneliti, guru, murid, pelaku medis, dan professional lainnya. Didalam situs ini tersedia lebih dari 34.000 buku dan 3.500 jurnal yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Kalian dapat dengan mudah mencari referensi hanya dengan mencarinya di panel pencarian.

11. Project Gutenberg

perpustakaan online gratis
Project Gutenberg

Perpustakaan online gratis yang satu ini menawarkan lebih dari 53.000 ebook gratis yang dapat kalian download dan baca secara online. Buku-buku yang terdapat di Project Gutenberg memiliki kualitas yang sangat baik dan berkualitas. Kalian dapat mendaftar secara gratis di situs ini.

12. Open Library

perpustakaan online gratis
Open Library

Situs Open Library merupakan proyek non-profit dari Internet Archive yang dibiayai oleh California State Library. Pada situs ini terdapat lebih dari 20 juta bahan referensi yang dapat kalian manfaatkan. Selain itu kalian juga dapat bertanya langsung dengan para ekspert di bidang ilmu tersebut.

13. OAPEN Library

perpustakaan online gratis
Oapen

Bagi kalian yang melakukan penelitian yang berfokus pada ranah ilmu sosial humaniora, situs ini dapat kalian jadikan andalan. OAPEN merupakan organisasi non-profit dari negeri Belanda. Situs ini berkerjasama dengan publisher untuk menyeleksi koleksi yang tersedia, hingga hanya item-item yang terpilih yang dapat kalian akses. Tentu kualitas menjadi kualifikasi yang utama.

Baca Juga : lakukan ini di masa kuliah

Perpustakaan onlne gratis

Dengan berbagai macam sumber referensi pada perpustakaan online gratis di atas, tidak ada alasan lagi bagi kalian menunda-nunda perkerjaan. Semoga bermanfaat! Sebarkan ke sesama mahasiswa akhir biar ikut insaf!

1 thought on “[Mahasiswa Wajib Tahu] 13 Situs Perpustakaan Online Gratis biar Skripsi Kelar, Cepet Nikah!

Leave a Comment