pulau ramdayan kalbar

Pulau Randayan Singkawang Kalimantan Barat, Pulau Mungil Syurga Bulan Madu

Pulau Randayan Singkawang Kalimantan Barat – Howdy Bornean! Sedang mencari tempat liburan atau bulan madu yang pas? Liburan tentunya harus dapat menjadi waktu untuk melepaskan penat ditengah kesibukan sehari-hari. Oleh karena itu, tentu liburan haruslah menjadi waktu yang sangat menyenangkan, atau menenangkan.

pulau randayan singkawang
Pulau Randayan Kalbar

Beberapa pilihan tempat liburan mulai dari tempat bermain keluarga, kebun binantang, wisata alam, hingga pulau terpencil. Tempat yang satu ini layak untuk antri di list wisata kalian. Pulau Randayan ialah sebuah pulau kecil dengan hamparan pasir putih dan warna airnya yang biru. Sangat cocok bagi kalian yang ingin melepaskan penat atau berbulan madu dengan pasangan tercinta. Betikut info mengenai Pulau Randayan Kalbar.

Baca Juga : Tempat Wisata di Singkawang

Pulau Randayan Singkawang, Liburan Layaknya di Pulau Pribadi

Pulau Randayan Singkawang memiliki keindahan bahari yang sangat khas, yaitu air yang biru dan jernih. Pulau ini sangat tenang dan cocok sekali bagi kalian yang ingin mencari ketenangan dan jauh dari keramaian kota. Di Pulau Randayan terdapat pantai yang masih sangat terjaga kealamiannya. Kondisi pantai yang sangat bersih, menjadikan tempat ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai sekaligus menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

randayan kalbar
Pantai Pulau randayan

Banyak wisatawan dari luar yang datang ke Pulau Randayan ini untuk menikmati pulau yang terdapat pantai yang indah. Begitu juga dengan wisata bawah laut yang masih terjaga dengan baik, karena kawasan ini masuk dalam kawasan koservasi Kabupaten Bengkayang. Keindahan Pulau ini juga dilengkapi dengan berbagai pohon-pohon rindang dan hijau. Ditambah dengan pasir pantai yang putih dan hamparan batu yang akan membuat kalian nyaman saat berada di sana.

pulau ramdayan kalbar
Pulau Randayan

Pulau Randayan terkenal dengan keindahan yang sangat mempesona. Meskipun luas wilayah yang tergolong kecil, namun tidak menyurutkan niat para wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini. Pulau ini menjadi salah satu pulau favorit dan sangat populer bagi para pecinta wisata di Kalimantan Barat. Pulau ini sangat dekat dengan Pulau Lemukutan yang juga merupakan pulau yang populer juga di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Bengkayang.

Tidak hanya terkenal dengan Pulaunya, Kabupaten Bengkayang juga memiliki keindahan bukit yang terkenal di sana yaitu Bukit Jamur. Tentunya bagi kalian yang hobi mendaki bukit, tempat ini sangat cocok sebagai pilihan kalian.

Akses Menuju Pulau Randayan Singkawang

pulau randayan
Kapal Kelotok

Berada di Kabupaten Bengkayang yang tidak jauh dari Singkawang. Untuk menuju ke Pulau Randayan, kalian bisa melalui Teluk Suak terlebih dulu. Jarak dari Kota Singkawang ke Teluk Suak danya berjarak kurang lebih 32 kilometer. Selanjutnya kalian dapat m enyewa alat yang telah tesedia di sana, seperti Speed Boat dan motor klotok.

Selain dari Teluk Suak, kalian juga bisa menuju Sungai Raya yang juga menyediakan transportasi untuk menuju pulau Randayan singkawang. Akses untuk menuju ke Sungai Raya sangat mudah dan dekat.

Akomodasi dan Fasilitas di Pulau Randayan

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Pulau Randayan, tidak perlu bingung untuk mencari tempat menginap. Karena di pulau ini sudah tersedia villa yang menyediakan suasana seperti di rumah sendiri. Berada di pulau yang indah, menikmati sunset di sore hari, air yang jernih, berenang, pokoknya kalian bakalan puas banget.

pulau randayan
Cottage di Pulau Randayan

Buat pasangan yang mencari tempat honey moon, Pulau Randayan pilihannya. Villa ini dilengkapi tempat bersantai di tepi pantai tentunya melengkapi kenyamanan wisatawan. Wisatawan yang ada di pulau akan betah dan nyaman saat berada di sana.

Tidak hanya pasangan yang sedang berbulan madu, banyak juga wisatawan yang datang bersama teman-teman maupun keluarga ke Pulau Randayan. Juga banyak mahasiswa dari berbagai universitas yang mengadakan tour ke pulau ini. Biota bawah laut yang memiliki daya tarik tersendiri merupakan salah satu alasan bagi mereka yang ingin sekali melihat beragam biota yang ada di sana. Air yang biru dan sangat jernih, menjadikan pulau ini menjadi salah satu tempat dimana para wisatawan bisa diving dan snorkelling di sana.

pulau ranayan kalbar singkawang
Keindahan Pantai Randayan

Disaat menyelam kalian juga dapat melihat keindahan bawah laut yang begitu indah. Kalian dapat melihat terumbu karang yang memiliki bentuk yang sangat unik dan memiliki warna yang berbeda-beda. Oleh karena itu jika kalian berada di Pulau Randayan sangat disarankan untuk melihat keindahan alam bawah laut.

Baca Juga : Pantai Perawan di Pulau Sawi Ketapang

Tips Berwisata Ke Randayan Island

pulau randayan

Sebelum pergi ke Pulau Randayan, kalian biasanya bingung apa yang harus dipersiapkan. Nah, berikut beberapa tips simple bagi kalian yang ingin berwisata ke Pulau Randayan bersama keluarga maupun rekan sahabat. Tips-tips berwisata yaitu sebagai berikut :

 Bawa barang seperlunya. Jangan terlalu banyak membawa barang-barang karena hal itu akan membuat kalian repot. Tentunya itu dapat mengganggu perjalanan wisata kalian. Lebih baik membawa perlengkapan yang diperlukan saja.

 Jika kalian ingin perjalanan cepat sampai ke Pulau Randayan, pilihlah alat transportasi Speed Boat yang bisa kalian sewa. Harganya lumayan mahal dari pada motor klotok. Jika ingin murah, perahu klotok bisa kalian pilih.

 Bawa kamera. Kalian tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini. Berada di tempat yang indah tentunya ingin mengambil momen-momen indah. Pengalaman ini dapat kalian ceritakan kepada teman-teman kalian.

 Jika kalian ingin mencoba diving snorkelling, alangkah lebih baik jika sebelum pergi, jauh-jauh hari kalian berlatih berenang. Hal ini demi menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

 Terakhir dan terpenting adalah jangan merusak lingkungan sekitar, seperti membuang sampah sembarang, menggunakan bom untuk menangkap ikan, dan sebagainya. Mari sama-sama kita jaga keindahan alam di tempat wisata. Agar dapat dinikmati dari generasi ke generasi seterusnya.

Baca Juga : Pulau Derawan Kalimantan Timur

Semoga dengan adanya tips di atas dapat membantu kalian saat berwisata di sana, sehingga liburan kalian menjadi menyenangkan baik itu bersama keluarga maupun bersama teman-teman.

Leave a Comment