Pulau Lemukutan Singkawang, Syurga Bagi Penghobi Pemandangan Bawah Laut

Pulau lemukutan Singkawang Kalimantan Barat  – Pulau Lemukutan menjadi salah satu tempat wisata terindah di Kalimantan Barat. Pulau ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar Kalimantan. Pulau ini terletak tidak kauh dari kota Singkawang yakni sekitar 1-2 jam jarak yang harus ditempuh melalui perahu motor air yang biasa disebut perahu klotok.

Pulau Lemukutan Syurga Pecinta Snorkeling

Snorkeling di Pulau Lemukutan

Snorkeling di Pulau Lemukutan

Pulau lemukutan terkenal dengan wisata baharinya. Pemandangan bawah laut yang indah membuat tempat ini menjadi sasaran para snorkeling. Adapun biota bawah laut di antaranya bulu babi, berbagai jenis terumbu karang, teripang, ikan nemo, dan berbagai jenis ikan lainnya. Selain itu juga ada jenis kerang kima yang sedang di kembangkan di sana. Dengan kondisi air laut yang jernih dan bersih serta terumbu karang yang indah, membuat pulau ini disebut sebagai surganya snorkeling.

Fasilitas dan Penginapan di Pulau Lemukutan

Di pulau Lemukutan ini tidak ada penginapan khusus. Namun beberapa rumah telah menyediakan penginapan terdapat sebagai tempat menginap para wisatawan. Ada juga warung yang menyediakan beberapa kebutuhan seperti snack, minuman, dan kebutuhan lainnya walau tidak begitu banyak.

penginapan di Pulau lemukutan

penginapan di Pulau lemukutan

Harga penginapan terjangkau. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi snorkeling, dapat menyewa alat-alat renang. Ada juga sewa alat kamera yang bisa di pakai di dalam air. Sehingga wisatawan dapat mengabadikan momen-momen indah selama berlibur di Pulau Lemukutan.

Baca Juga : Pulau Sawi Ketapang

Kondisi Masyarakat Lemukutan Island

Lokasi ini dekat dengan perumahan penduduk sehingga wisatawan dapat berinteraksi langsung dengan penduduk. Profesi masyarakat sekitar sebagai nelayan. Selain itu bermatapencarian berkebun. Mereka juga menyediakan perahu klotok.

pulau lemukutan singkawang

Masyarakat Pulau lemukutan

Wisatawan yang datang biasanya diajak manyarakat untuk merasakan sensasi menangkap ikan terutama di malam hari. Mereka dapat memancing ikan di malam hari, lalu ikan di bakar. Ada juga udang. Ikan yang di dapat bisa di masak oleh para wisatawan. Biasanya para wisatawan mengolah ikan dengan cara di bakar. Tentunya ikan bakar memberi rasa yang sangat enak.

Tidak banyak yang tahu asal mula sebutan Lemukutan. Namun dari sekian banyak cerita rakyat yang ada, jika lihat dari topografi pulau ini menyerupai badan seekor lembu. Kondisi hutan yang masih terjaga secara alami oleh masyarakat setempat, membuat pulau ini masih asli akan keasriannya.

Baca Juga : Pulau Derawan Kalimantan Timur

Akses dan Cara Menuju Pulau Lemukutan Kalimantan Barat

Untuk menuju pulau Lemukutan, dari Pontianak ke Singkawang memakan waktu sekitar dua jam. Setelah itu sampai di pelabuhan Teluk Suak. Wisatawan harus menggunakan motor air atau biasa disebut perahu klotok untuk menuju Pulau Lemukutan. Jaraknya sekitar 32 Km dari Kota Wisata  Singkawang. Waktu operasi angkutan penumpang ini yang hanya tersedia sekitar pukul 9.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB. Lama perjalanan dari Teluk Suak ke Pulau Lemukutan kurang lebih 1 jam.

trasnsportasi lemukutan island

Klotok

Sepanjang perjalanan sebelum sampai di pulau ini, wisatawan akan terlebih dahulu melewati gugusan pulau-pulau lain yang pemandangan bawah lautnya tidak kalah indah. Warna air yang berbeda di tiap jarak tempuh, seperti warna hijau, biru, dan biru jernih yang membuat dasar laut dengan tumbuhan karang berwarna-warni, dapat dilihat langsung dari atas motor air.

Setelah satu jam perjalanan, tiba di perairan Pulau Lemukutan. Namun motor air tidak menuju tempat berlabuh. Melainkan ada ‘ojek’ kapal yang akan menjemput para wisatawan yang datang. Para ‘ojek’ kapal ini akan membawa wisatawan untuk dapat sampai di daratan. Hal ini dikarena banyaknya karang yang ada, sehingga tidah boleh dilalui oleh motor air besar. Beberapa jenis karang yang berwarna-warni semakin jelas terlihat saat wisatawan menaiki perahu. Pemandangan ini akan sangat menarik hati untuk segera terjun dan menyaksikan langsung pemandangan alam nan indah.

Pulau lemukutan

Pulau lemukutan tampak atas

Namun pada saat pertama kali wisatawan datang ke pulau ini, wisatawan dilarang untuk langsung mandi atau terjun menyelam. Ada beberapa petua yang masih sangat dijaga oleh masyarakat setempat. Mau tidak mau harus wisatawan ikuti.

Bagi wisatawan yang belum terlalu mahir berenang, dapat mencoba snorkelling di kedalaman air antara 2 sampai dengan 3 meter. Tentunya hal ini sangat memudahkan bagi para penyelam pemula. Didasar laut, wisatawan dapat menikmati beraneka ragam tumbuhan laut yang berwarna warni, jenis-jenis terumbu karang yang indah, beraneka ragam jenis ikan.

pulau lemukutan

pantai pulau lemukutan

Namun hati-hati saat berjalan di dasar yang dangkal. Karena biasanya wisatawan bisa terluka saat menabrak terumbu karang. Sayangnya, terdapat beberapa terumbu karang yang rusak akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, pulau ini biasanya di kunjungi kalangan mahasiswa. Tujuannya pun beragam. Ada yang ingin berlibur, penelitian, dan praktek lapangan. Hal ini tentunya membuat pulau lemukutan semakin dikenal.

Baca Juga : Pulau Randayan Singkawang

Pulau lemukutan

Pantai Pulau lemukutan

Pemandangan bawah laut Pulau ini tidaklah kalah indahnya dengan pemandangan bawah laut yang ada di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia. Tempat ini sangat cocok untuk tempat wisata. Namun tidak jarang para wisatawn justru merusak ekosistem laut, Oleh sebab itu, mari kita sama-sama jaga kelestarian laut Indonesia.

  • Add Your Comment