motivasi hidup

Hilang Motivasi Hidup? Sering Gagal Motivasi Diri? Yuk Pelajari Penyebabnya!

Butuh Motivasi Hidup? Motivasi Diri sering gagal?

Motivasi Hidup dan Diri Sendiri –  Howdy Bornean! Kita mungkin sering merasa frustasi, kehilangan motivasi hidup dan seakan-akan menemui yang jalan buntu ketika menyelesaikan sebuah masalah atau perkerjaan. Rehat sejenak dan mencari inpirasi terkadang dapat menjadi solusi motivasi diri.

Istirahat dan melepaskan beban sejenak boleh saja dilakukan, namun jangan sampai kita terbawa suasana hingga lari dari masalah dan kenyataan yang ada. Wajar jika berlangsung beberapa saat, namun akan sangat berbahaya jika terus menerus dibiarkan dan membuat kita berpaling dari kenyataan yang ada.

Tentu hal ini dapat sangat berpengaruh dengan kesuksesan kita, akan banyak hal yang tertunda salah satunya yang pasti impian kita. Salah satu masalah mendasar ialah motivasi hidup yang hilang dan timbul sehingga membuat kita tidak konsisten untuk mengejar impian.

Banyak hal yang dapat membangkitkan motivasi hidup dam motivasi diri, mulai dari membaca buku, sharing dengan kerabat atau teman, mengkuti kelas seminar atau lainnya. Namun ketahuilah, motivasi hidup yang terbaik adalah yang datang langsung dari dalam diri kalian, motivasi diri. Semangat dari dalam diri kalian sendiri untuk mencapai target dan impian.

Sekarang pertanyaannya, mengapa selalu gagal untuk memotivasi diri? Banyak hal yang biasanya mengakibatkan orang gagal untuk move on dari keterepurukannya, berikut beberapa alasan yang mungkin kalian alami saat hilang motivasi hidup, semoga dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk motivasi diri.

1. Motivasi Diri Sendiri Hilang Karena Selalu Memandang Rendah Kemampuan Diri Sendiri “Aku Tidak Bisa”

motivasi hidup motivasi diri
motivasi diri sendiri

Kalian memang bukan superman atau superwoman yang punya kekuatan super untuk melakukan segala macam hal. Kita semua hanyalah manusia yang penuh keterbatasan dan ketidaksempurnaan dan tempatnya kesalahan.

Namun ingatlah, manusia diciptakan untuk selalu belajar dan menjadi lebih baik. Kesempatan untuk berkembang dan memperbaiki diri itulah sebuah anugerah yang tak ternilai harganya. Namun apanila kalian terbiasa berpikiran bahwa selalu tidak bisa, tidak mampu, atau tidak sanggup tiap kali menemui kesulitan, itu berarti sama saja kalian membuang kesempatanmu untuk jadi lebih baik dari sebelumnya.

Pengaruh kebiasaan berpikiran negatif dan memandang rendah kemampuan sendiri ini juga dapat memblokir kemampuanmu untuk memberi motivasi diri sendiri. Semakin kalian melihat diri  sendiri untuk mencari inspirasi, pikiranmu hanya memilih untuk melihat hal-hal yang negatif dari dalam diri. Alhasil semangatmu jadi semakin menurun. Jauhilah kata aku tidak bisa, dan ganti menjadi akan aku coba!

2. Selain Memandang Rendah Diri Sendiri, Terbiasa pula Membayangkan Hasil Terburuk dari Setiap Situasi

motivasi hidup dan diri sendiri
kata kata motivasi cinta diri sendiri

Mungkin kalian sering menyerah karena berfikir bahwa tidak peduli seberapa keras usaha yang dilakukan, pada akhirnya akan tetap gagal? Jika iya, itulah akar kesulitanmu untuk memberi motivasi diri. Janganlah menyabotase hasil kerja kerasmu dengan mengetuk palu kegagalan terlebih dahulu sebelum hasil nyatanya benar-benar terjadi.

Apabila kalian selalu menggambarkan garis akhir atau finis di kepalamu sebagai tempat yang buruk atau kegagalan, wajar saja kalau kamu tidak ingin menyelesaikan masalahmu. Walaupun tidak ada satuorangpun yang bisa menjamin hasilnya nanti, paling tidak gambaran positif akan kesuksesan di akhir akan mendorongmu berlari untuk lebih cepat mengetahui hasil akhirnya kelak.

Adalah sebuah hal yang baik jika kerja kerasmu terbayarkan kesuksesan. Namun sekalipun gagal, kamu akan bisa lebih cepat memulai tantangan baru dengan segenap kebijaksanaan dari pengalamanmu. Yakinilah selalu ada pembelajaran untuk lebih baik dibalik sebuah kegagalan.

3. Impian Terlalu Besar dan Tidak Terukur

motivasi hidup diri sendiri
kata kata motivasi belajar

Jika dibandingkan memiliki serangkaian target besar dan ribet, banyak orang yang meyakini bahwa memecah-mecah targetmu menjadi kecil dan lebih sederhana justru lebih baik dan mudah. Karena dengan begitu, kalian bisa melihat hasilnya dalam waktu yang lebih singkat dan semakin cepat terinspirasi dari penyelesaian tiap target kecil tersebut.

Apabila kalian seringkali terlalu ambisius dalam menentukan target harian, bisa jadi kalian jarang melihat apapun terselesaikan. Kegagalan memenuhi target yang terlampau kompleks dan tidak realistik tersebut akan merusak semangatmu sepanjang hari sampai mungkin peluang keberhasilanmu di nanti. Buatlah target yang realistik, terukur dan tentunya bisa dicapai.

Baca Juga : Kata Kata Bijak Bahasa Inggris

4. Terbiasa Mengerjakan Tugas Jika Mendekati Tenggatnya.

motivasi hidup
kata kata motivasi sukses

Apabila motivasi andalanmu adalah ‘the power of kepepet’ atau deadline, besar kemungkinan kalian termasuk golongan yang susah memotivasi diri sendiri. Motivasi diri tidak hanya perkara menyelesaikan pekerjaan mendekati batas waktu, tapi juga kemampuan memacu diri untuk bergerak menyelesaikan tugas ketika diperlukan bukan ketika terpaksa mengerjakan karena deadline.

Walaupun ampuh untuk menyelesaikan tugas, semangat motivasi sistem kebut semalam tidak akan berguna untuk tugas-tugas sulit dan panjang yang tidak mungkin diselesaikan dalam waktu semalam. Oleh karena itu, bagi kalian yang tidak terbiasa mengerjakan sedikit demi sedikit tiap harinya seringkali menyerah menghadapi tugas yang berat. Kalaupun selesai, pasti banyak penyesalan dan ketidakpuasan pada akhirnya.

5. Tidak Bijak dalam Memanfaatkan Waktu

motvasi hidup
kata kata motivasi islami

Biasanya, orang yang susah memotivasi diri biasanya memiliki kecenderungan untuk membuang-buang waktu percuma. Apabila kalian seringkali lupa waktu dengan berselancar di dunia maya tanpa tujuan yang jelas, bagaimana kalian bisa mengingatkan dirimu sendiri untuk menyelesaikan targetmu.

Walaupun banyak orang yang menegur kebiasaan burukmu tersebut, namun sejatinya hanya kalian sendiri yang benar-benar bisa mengontrol waktu. Kalian akan bisa memotivasi diri jika pengaturan waktumu  berajalan dengan baik dan teratur.

Baca Juga : Kata Kata Motivasi Bahasa Inggris

6. Kecanduanmu Media Sosial Juga Tidak Baik Untuk Motivasi Diri

motivasi hidup
kata kata motivasi bahasa inggris

Tidak bisa dipungkiri lagi dampak positif media sosial dalam menghubungkan orang melewati batasan geografis dan waktu, namun ternyata menghabiskan waktu di media sosial memiliki dampak negatif terhadap kemampuanmu me – motivasi diri sendiri. Bagaimana? Saat aktif di media sosial biasanya memaksa kalian untuk jadi multi-tasker atau berusaha melakukan banyak hal sembari tetap chatting dengan teman-temanmu. Kalian akan kehilangan fokus dengan muda, tentuakan sangat mengganggu dan akan  semakin sulit menginspirasi diri sendiri jika terbiasa mengharapkan reaksi atau like teman-temanmu di Medsos.

7. Terbiasa Menunggu Kesempatan Emas Datang?

motivasi hidup diri
kata kata motivasi belajar

Terbiasa menunggu kesempatan besar yang akan membawa kesuksesan dalam hidupmu adalah prinsip orang yang tidak bisa memotivasi dirinya sendiri, sering disebut dengan oportunis. Jika terbiasa berpikiran seperti itu, kalian pasti akan sering putus asa karena kesempatan itu tidak kunjung datang mengahmpiri.

Kesempatan itu hanya akan ada jika kamu gigih mencarinya.Oorang yang hebat dalam  memotivasi dirinya akan berfikir mengenai berbagai ide baru untuk membuat dan mengusahakan sebuah kesempatan yang belum tercipta. Tentukan kesuksesan dengan tanganmu sendiri, jangan menunggu sesuatu yang tak pasti!

8. Enggan Mengakui Kesalahanmu Sendiri

motivasi hidup
kata mutiara semangat hidup

Apabila kalian terbiasa mengenali dan menunjuk kesalahan orang lain terlebih dahulu dalam tiap masalah, kalian tidak akan tahu bagaimana cara memperbaiki dan memotivasi dirimu untuk jadi lebih baik lagi. Ada baiknya untuk melihat jauh ke dalam dirimu sendiri untuk mencari apa-apa yang bisa tingkatkan dari pribadimu sendiri. Apabila kalian cacat diri sendiri, kalian juga akan tergugah untuk mencari cara untuk membenahinya dan berbuat lebih baik lagi.

Tidak hanya terbatas pada kesalahan saja, jika kamu terus menggantungkan kesempatanmu untuk jadi lebih baik kepada orang lain, bahkan keberhasilan sekalipun bisa gagal menyemangatimu. Kalian tidak bisa mengontrol hujatan atau sanjungan orang lain, oleh karena  itu kalian juga tidak bisa menentukan kapan mereka akan memberimu motivasi. Ingatlah! motivasi yang asalnya dari dalam diri adalah motivasi yang terbaik.

9. Pencapaian Kerupuk. Bisa Memuaskan Sementara Waktu, Tapi Tidak Akan Mengenyangkanmu

kata kata motivasi sukses
kata kata motivasi sukses

Salah satu ketidakmampuanmu memotivasi diri mungkin berakar dari kebiasaanmu terpuaskan hanya dengan pencapaian kecil yang rasanya seperti kerupuk yang renyah. Sifatnya yang tidak mengenyangkan tapi membuat kamu terhibur dalam waktu sekejap saja. Kemungkinan kamu harus bekerja keras menyelesaikan sebuah tugas yang sulit membuatmu malas atau takut.

Yang seharunys kalian fokus mengerjakan dan menghadapi kesulitan-kesulitannya, malah justru beralih ke hal-hal menyenangkan seperti YouTube dll. Hasilnya tentu,  pekerjaanmu selalu tertunda karena diselingi oleh kesenangan-kesenangan keciltidak penting itu. Ingatlah, kebahagiaan menyelesaikan pekerjaan yang memang jadi tanggungjawabmu akan jauh lebih mengenyangkan dan bermakna dibanding rasa MSG ala krupuk yang tidak sehat.

10. Apakah Kamu Sedang Benar-benar Mengejar Mimpimu?

kata kata motivasi belajar
motivasi diri sendiri

Salah satu diantara semua kebiasaan buruk yang selalu membuatmu gagal menyemangati diri, bisa jadi karena salah memilih mimpi atau target yang tidak sepenuhnya dirimu.Tentu saja saja jika kamu terus-menerus merasa putus asa dan frustasi ketika sejatinya kamu benar-benar tidak menyukai pekerjaan dan mengerjakannya dengan terpaksa dan tidak menikmatinya.

Mungkin bisa saja kalian berpura-pura yakin dengan pilihan itu karena bisa menyenangkan orang tua tau lainnya. Namun, kalian pasti akan lebih sering menemukan diri dalam keadaan patah semangat atau tidak puas seberapa baikpun kalian mengerjakan pekerjaan tersebut. Penyebabnya karena pada saat bersamaan kamu tahu ada hal lain yang bisa membuatmu lebih bahagia dan bersemangat dalam hidup.

Baca Juga : Inspirasi Pagi 

Itulah beberapa hal yang sering membuat kita hilang semangat, usahakan untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik dan terus ingin untuk belajar. Dengan itu, kita akan selalu ingat bahwa kita masih bukanlah apa-apa dan masih banyak hal diluar sana yang harus kita selesaikan. Jagalah motivasi hidup dengan terus menghidupkan motivasi diri. Sekian semoga bermanfaat!

Leave a Comment