minuman khas kalimantan barat

Minuman Khas Kalimantan Barat yang Menyegarkan

Nama Minuman Khas Kalimantan Barat, Pontianak

Minuman khas kalimantan barat – Kota Pontianak sebagai kota khatulistiwa memiliki iklim yang cukup panas. Pada siang hari suhu udara dapat mencapai 35 derajat celcuis. Tentu menikmati minuman khas kalimantan barat akan sangat nikmat untuk mengobati rasa panas dikota ini.

Sebelum lanjut, kita tonto video tentang minuman khas kalimantan barat :

Jika kalian kehausan di kota ini, cobalah beberapa minuman khas kalimantan barat yang sangat unik dan enak untuk kalian coba. Tentunya sangat cocok untuk menemani siang hari di kota ini.

Berikut kumpulkan minuman khas kalimantan barat yang wajib kalian coba :

 1. Minuman Khas Es Lidah Buaya

minuman khas kalimantan barat
Lidah Buaya

Kota Pontianak merupakan produsen lidah buaya unggulan di Indonesia. Lidah buaya yang terdapat di kota ini memiliki kualitas yang lebih  baik di bandingkan jenis-jenis lidah buaya lainnya. Hal ini disebabkan karena tanah di Pontianak yang merupakan tanah gambut sangat cocok untuk pembudidayaan tanaman ini.

Baca juga : Aloe Vera Center Pontianak

Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari antioksidan hingga kaya vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Lidah buaya dapat dibuat menjadi berbagai macam produk olahan mulai dari fesyen, makanan, hingga yang paling simple yaitu minuman.

minuman khas kalimantan barat
Es Lidah Buaya

Minuman khas Pontianak yang satu ini sangat digemari masyarakat Pontianak. Biasa dijadikan minuman wajib di siang hari, terlebih untuk berbuka di bulan puasa. Lidah buaya biasanya dicuci dan diolah, setelah itu dipotong berbentuk dadu. Kemudian di campurkan dengan syrup. Sungguh minuman yang sangat menyegarkan.

Jika kalian tidak mau repot, minuman lidah buaya tersedia di gerai makanan pinggir jalan atau  supermarket di kota Pontianak.

2. Minuman Khas Es Jeruk Pontianak

minuman khas kalimantan barat
Jeruk Pontianak

Siapa yang tak mengenal jeruk Pontianak. Jeruk ini merupakan jeruk jenis siam yang memiliki kulit tipis dan mengkilap. Buah khas Kalimantan ini merupakan produk unggulan kota Pontianak yang mana banyak orang telah mengakui kenikmatan dari jeruk ini.

minuman khas kalimantan barat
Es Jeruk Pontianak

Jeruk ini memiliki rasa yang manis dan khas. Ditambah lagi warnanya orange mencolok yang menggugah selera. Selain dimakan langsung, jeruk ini juga dapat disajikan menjadi es jeruk. Jeruk Pontianak diperas sarinya, kemudian dilarutkan dengan air dan gula serta di tambahkan es. Sungguh sebuah  kenikmatan yang tidak boleh kalian lewatkan jika berkunjung ke kota ini.

Baca juga: Makanan Khas Kalimantan Barat

3. Minuman Khas Es Kacang Merah

Kacang merah biasa disajikan dalam bentuk bubur. Jika kalian berkunjung ke Pontianak, kacang merah dapat menjadi obat bagi rasa haus dan hawa panas kota Pontianak.

minuman khas kalimantan barat
Es Kacang Merah

Kalian dapat menemukan es kacang merah di beberapa restoran, tempat makan, dan lapak di tepi jalan. Es kacang merah ini merupakan minuman khas orang tionghoa di kota Pontianak. Maka tak jarang kalian akan melihat orang tionghoa menjual minuman khas ini.

Kacang merah akan direbus hingga agak lembut dan kemudian diberi gula. Kemudian disajikan dengan beberapa toping seperti cincau hitam dan agar-agar.

Baca juga : oleh oleh khas pontianak

4. Minuman Khas Es Sari Kacang Hijau

Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Lazimnya, kacang hijau diolah menjadi bubur kacang hijau. Namun ada yang berbeda di Pontianak, kacang hijau diolah menjadi es sari kacang hijau.

minuman khas kalimantan barat
Es Sari Kacang Hijau

Terdapat perbedaan antara bubur kacang hijau atau es kacang hijau dengan sari kacang hijau. Biasanya es kacang hijau hanya direbus dan diberi gula. Saat membuat sari kacang hijau, kacang hijau yang telah direbus akan diblender hingga halus. Kemudian kacang yang telah halus dicampurkan dengan gula atau susu. Es Sari kacang memiliki tekstur yag sangat lembut saat dinikmati. Sangat segar dan menyehatkan.

Baca Juga : Rental Mobil Pontianak & Ekspedisi Pontianak

5. Minuman Khas Es Teler Pontianak

minuman khas kalimantan barat
Minuman Khas Kalimantan Barat Es Teler

Es yang satu ini memiliki rasa yang sangat nikmat jika dinikmati saat suasana panas. Jika kalian hobby memakan buah, es teler akan menjadi minuman yang kalian sukai. Tidak hanya menyegarkan saja, minuman ini merupakan minuman yang sehat.  Ini karena bahan pembuatannya adalah bahan – bahan alami yang masih segar.

Baca juga : Mitos dan Legenda Unik Sungai Kapuas

6. Minuman Khas Es tebu Kalimantan

minuman khas kalimantan Barat
Es Tebu

Es yang satu ini menjadi primadona dikala haus melanda ketika sedang berkendara. Jika kalian berjalan dikota pontianak, kalian akan dengan mudah menemui para penjual es tebu yang berjejer di tepian jalan. Harga yang ditawarkan pun sangat murah, hanya berkisar antara 3-4 ribu rupiah.

Disamping segar, tebu air tebu ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan pasokan energi, melawan kanker, melawan dehidrasi, menurunkan resiko penyakit ginjal, mencegah infeksi lambung, mencegah kerusakan gigi dan menjaga kesehatan kulit. Es tebu merupakan solusi yang sangat tepat untuk mengobati rasa haus sembari menjaga kesehatan tubuh.

7. Minuman Khas Es Jagung Pontianak

minuman khas Kalimantan Barat
Es Jagung

Jangung bisaanya diolah menjadi bahan makanan, apa jadinya jika jagung dijadikan minuman? Di pontianak terdapat sebuah minuman khas berbahan dasar jagung yang sering disebut deengan es jagung. Es yang unik ini terbuat dari jagung manis yang masih muda. Jagung tersebut kemudian direbus hingga lunak dan renyah. Sari jagung yang manis akan membuat minuman ini sangat nikmat.

Es jagung ini biasa disajikan didalam mangkuk dengan esbatu, sedikit gula dan susu kental manis. Es ini sangat nikmat disantap pada siang hari dengan suasana yang sangat panas. Sensasi rasa yang lembut dan segar akan menghilangkan dahaga kalian. Satu porsi es jagung dihargai dengan  Rp 10 ribu saja dan segarnya es jagung bisa dinikmati.

Baca juga : Makanan Khas kalimantan Barat

8. Minuman Khas Ce Hun Tiao Kalimantan Barat

minuman khas kalimantan barat
Ce Hun Tiaw

Sesuai dengan namanya, minuman ini merupakan minuman khas yang berasal dari etnis tionghoa. Dalam bahasa Tionhoa Tio Ciu, Ce berarti ubi, Hun adalah tepung dan Tiaw artinya balok memanjang seperti mie sedangkan Che adalah hijau. Jika disimpulkan, Ce Hun Tiaw merupakan minuman cendol yang dilengkapi dengan berbagai macam toping mulai dari gula nerah, kacang dan bongko. Es ini sangat cocok untuk meredakan rasa panas disiang hari.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Selatan

9. Minuman Khas Liang teh Pontianak

minuman Khas Kalimantan Barat
Liang Teh

Minuman khas kalimantan barat yang satu ini merupakan minuman yang sangat digemari di siang hari. Penjual minuman ini akan dengan mudah kalian temui di tepi jalan-jalan di kota pontianak. Minuman ini sagatlah berguna untuk menghilangkan rasa panas dalam. Adapun arti  Liang/liong yang berarti dingin itu artinya bisa meredakan panas dalam yang anda derita.

Teh  ini sebenarnya merupakan terbuat dari seduhan atau rebusan berbagai herbal yang berkhasiat bagi kesehatan, beberapa diantaranya ialah  andong-andong kerang , kumis kucing, daun mint dan lain-lain. Liang teh dapar disajikan dengan atau tanpa gula, tergantung dengan kabutuhan kalian. Es ini merupakan cara alami untuk meredakan dan menghilangkan panas dalam.

Jika kalian berkunjung ke kota Pontianak, pastikan untuk menikmati kesegaran dari minuman khas kalimantan barat ini. Terima kasih, semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Minuman Khas Kalimantan Barat yang Menyegarkan

Leave a Comment