Menjadi Guru Pembelajar Pembangun Generasi

Pahalawan Tanpa Tanda Jasa, Sang Guru Pembelajar

[dropcap]H[/dropcap]owdy Borneans, Kali ini admin akan membahas tentang guru pembelajar. Jika kalian diminta untuk menyebutkan orang yang paling berpengaruh dalam hidup kalian, pasti salah satunya adalah guru. Coba kalian bayangkan bagaimana keadaan kita sekarang tanpa guru yang dengan sabar mengajari kita ilmu. Mungkin kita sering mengabaikan apa yang telah mereka lakukan, namun satu hal yang harus selalu kalian ingat. Gurulah yang membuat kita dapat melakkan banyak hal seperti sekarang ini.

Guru Pembelajar

Illustrasi

Profesi guru adalah profesi yang menurut admin sangat sulit, baik dalam proses untuk menjadi seorang guru maupun proses untuk mendidik murid. Dalam konteks informal, guru biasanya diidentikkan dengan seseorang yang master atau menguasai suatu bidang tertentu. Sama halnya dengan guru di konteks formal, seorang guru yang mengajar harus menguasai segala hal tentang apa yang akan mereka ajarkan.

Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengalaman seputar hal-hal yang perlu kalian ketahui ketika menjadi seorang guru.

1. Pendidikan yang Tidak Mudah

Proses pendidikan untuk menjadi seorang guru pembelajar tidaklah mudah. Seseorang yang ingin berkerja menjadi guru di sekolah negeri maupun swasta harus memiliki latar pendidikan khusus. Seorang guru diharuskan untuk memiliki pendidikan minimal S1 di perguruan tinggi  LPTK (lembaga pendidikan tenaga kependidikan). LPTK adalah lembaga khusus yang ditujukan untuk mendidik seorang guru. Berdasarkan ketetapan pemerintah, untuk menjadi seorang guru yang profesional, seseorang harus merupakan lulusan dari LPTK.

guru pembelajar

Illustrasi

Setelah lulus dari LPTK, mereka tidak serta merta langsung mengajar secara professional. Mereka harus melewati beberapa tahapan dan seleksi untuk dapat mengajar, yaitu dengan tes kepegawaian dan SM3T. Untuk tes kepegawaian biasa di sebut dengan tes CPNS. Persaingan pada tes CPNS ini sangatlah ketat. Tak jarang ribun orang yang melamar sedangkan lowongan yang dibuka sangatlah sedikit.

Selain melewati jalur tes, para calon guru pembelajar juga dapat mengikuti program SM3T. SM3T merupakan kepanjangan dari  sarjana mendidik di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal. Calon guru pembelajar diharuskan mencari pengalaman dengan mengajar di daerah yang marginal atau terpencil. Daerah yang mungkin belum memiliki listrik atau masih belum terjamah dengan pendidikan. Dipastikan mereka akan benar-benar menjadi seorang pendidik setelah melewati proses ini.

Guru Pembelajar

Illustrasi

Setelah melewati proses tersebut diatas, guru masih harus mengikuti PPG atau pelatihan guru untuk mendapatkan sertifikat guru professional. Setelah memiliki sertifikasi, jugu baru diperbolehkan untuk mengajar dengan proposi yang professional.

Untuk menjadi seorang guru, butuh proses yang sangat panjang. Guru yang mengajar kalian merupakan orang-orang yang terpilih. Kalian harus berbangga dan menghormati guru yang mengajar kalian.

2.Pengonsep yang Hebat

Tahukan kalian mengapa pendidikan guru tidak mudah? salah satu alasannya, mengajar bukanlah hal yang mudah. Seorang guru tidak hanya memiliki ilmu tentang materi pembelajaran tetapi juga tentang metode pembelajaran untuk berperan sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Seorang guru diharuskan untuk mengonsep pembelajaran yang akan dilakukan dengan detail.  Konsep tersebut dituliskan dalam betuk skenario yang sering disebut dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Guru Pembelajar

Illustrasi

RPP tersebut berisikan segala hal tentang pembelajaran diantaranya adalah materi pembelajaran, durasi setiap tahapan pembelajaran, metode pembelajaran, proses penyampaian, kondisi siswa, dan masih banyak lagi. Berdasarkan pengalaman admin, tak jarang menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan konsep pembelajaran yang terbaik.

Mengapa harus dikonsepkan? dalam mengajar tentunya pihak sekolah memiliki target yang harus dicapai yang terangkum dalam silabus. Seorang guru harus dapat menurunkan target tersebut kedalam setiap pertemuan. Ini merupakan proses yang tidak mudah. Pengonsepan dilakukan agar semua target pembelajaran dapat sampai dengan baik ke kalian semua.

3. Psikolog yang Hebat

Selain keahlian untuk mengonsep, guru juga diharuskan memiliki skill untuk memahami tingkah laku dan mental murid. Yang perlu kalian ketahui, seseorang memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menangkap pelajaran. Seorang guru diharuskan untuk dapat mengakomodir semua perbedaan tersebut dengan menggunakan beberapa macam pendekatan dalam mengajar.

Guru Pembelajar

Illustrasi

Mengapa guru psikolog yang hebat? seorang pskiolog biasanya hanya menangani 1 kasus pada saat yang sama, sedangkan guru?. 30 bahkan 40 kasus secara bersamaan. Itu baru mengenai kemampuan belajar, belum lagi tentang kepribadian dan masalah mental atau sifat. Serorang guru dituntut untuk dapat menyelesaikan semua hal tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran.

4. Tauladan

Disamping ke hebatan dalam hal akademik dan manajerial, seorang guru juga dituntut untuk menjadi tauladan atau contoh yang baik bagi murid-muridnya. Salah satu element yang paling penting dalam pembelajaran adalah perlunya sebuah sosok yang dapat menginspirasi murid untuk belajar. Dengan kelebihan prestasi dan kehebatan guru di bidangnya, akan memotivasi dan meningkatkan keinginan belajar para murid. Selain itu materi yang disampaikan akan mudah diresapi oleh murid  saat rasa respek terhadap guru sudah tertanam.

Guru Pembelajar

Illustrasi

Selain dalam hal akademis, guru diharuskan untuk dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan. Salah catu caranya adalah dengan memberi contoh yang baik. Santun dalam sikap dan perkataan, peduli dengan lingkungan dan sekitar , dll.

Menjadi guru adalah pilihan pekerjaan yang  sangat mulia. Guru adalah sosok pembentuk generasi penerus bangsa. Mendidik dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan nilai-nilai moral agar  para siswa bisa menjadi manusia yang berakhlak dan berpendidikan tinggi.

Guru Pembelajar

illustrasi

Guru dikenal sebagai pahalawan tanpa tanda jasa. Kata kata yang sering terdengar, namun jarang kita maknai. Admin sendiri pun baru dapat memaknai kalimat tersebut setelah terjun langsung menjadi seorang guru. Guru tidaklah meminta balasan atas apa yang telah mereka lakukan. Cukup dengan melihat kesuksesan para murid yang telah mereka ajar, semuanya seolah-olah telah terbayar.

Begitu mulianya guru yang telah mengajarkan kita. Semoga kita selalu termasuk dengan orang yang senantiasa bersyukur dan berterima kasih dengan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam kehidupan kita. Satu hal lagi, selalu doakan orang-orang yang telah berjasa di kehidupan kita, agar tuhan selalu melindungi dan membalas apa yang telah mereka berikan.

Image : http://www.freeimages.com/

  • Add Your Comment