Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis

Mengapa Indonesia Termasuk Negara Beriklim Tropis

Mengapa Indonesia Beriklim Tropis

Pengertian Iklim

Tahukah kalian mengapa Indonesia termasuk Negara beriklim tropis? Sebelumnya admin akan membahas mengenai iklim. Pengertian iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi.  Adapun studi tentang iklim dipelajari dalam bidang klimatologi.

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Iklim Dunia (nasa.gov)

Seperti yang ketahui, iklim di suatu tempat di bumi dipengaruhi oleh letak geografis dan topografi tempat tersebut. Berdasarkan letak garis lintang dan ketinggian, iklim dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu iklim matahari dan iklim fisis. Berikut penjelasan mengenai iklim Matahari :

Iklim Matahari

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Pembagian Iklim Matahari

Pembagian iklim berdasarkan letak garis lintang dan ketinggian salah satunya ialah iklim matahari. Iklim matahari adalah pembagian iklim yang didasarkan pada intensitas sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi.

1. Iklim Tropis

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Hutan Tropis

Kata Tropis secara harfiah berasal dari bahasa yunani yaitu “Tropos” yang berarti berputar. Secara makna, Tropika atau Tropis adalah sebutan bagi daerah di permukaan Bumi yang secara geografis berada di sekitar ekuator atau khatulistiwa. Dibatasi oleh dua garis lintang 23.5 derajat LS dan 23.5 derajat LU. Dareah tersebut memiliki luas sekitar 40 % luas bumi.

Adapun ciri-ciri dari iklim tropis antara lain :

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Matahari di Wilayah Tropis

Pertama, memiliki suhu udara rata-rata tinggi, karena matahari selalu vertikal. Biasanya, suhu udara berada di antara 20- 23°C. Bahkan, pada beberapa tempat rata-rata suhu tahunannya mencapai 30°C.

Kedua, Tekanan udaranya rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan.

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Curah hujan tinggi

Ketiga, Hujan banyak dan lebih banyak dari daerah-daerah lain di dunia.

2. Iklim Sub Tropis

Istilah Subtropis adalah sebutan bagi wilayah Bumi yang berada di utara dan selatan setelah wilayah tropis yang dibatasi oleh garis balik utara dan garis balik selatan pada lintang 23,5°- 40° utara dan selatan. Daerah ini merupakan peralihan antara iklim tropis dan iklim sedang.

Adapun ciri-ciri iklim sub tropis adalah sebagai berikut:

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Musim Semi

Pertama, iklim subtropis memiliki empat musim, yaitu musim dingin, gugur, semi, dan panas. Musim pada iklim ini termasuk kategori sedang, pada saat musim dingin tidak terlalu dingin dan musim panas tidak terlalu panas.

Kedua, pada daerah sub tropis yang musim hujannya jatuh pada musim dingin dan musim panasnya kering disebut daerah Mediterania. Apabila hujan jatuh pada musim panas dan musim dinginnya kering disebut daerah iklim Tiongkok.

3. Iklim Sedang

Pembagian iklim global berikutnya, yaitu iklim sedang. Wilayah yang mengalamai iklim ini berada di antara garis lintang 35˚ LU/LS sampai 66,5˚ LU/LS. Daerah ini hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim panas. Musim hujan biasanya jatuh pada bulan November sampai April dan sisanya ialah musim panas.

Adapun ciri-ciri iklim ini :

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Badai

Seringkali terjadi gerakan-gerakan udara siklonal, tekanan udara yang sering berubah-ubah. Selain itu, arah angin bertiup dengan berubah-ubah tidak menentu dan sering terjadi badai secara tiba-tiba.

Kedua, amplitudo suhu tahunan lebih besar dan amplitudo suhu harian lebih kecil dibandingkan dengan yang terdapat pada daerah iklim tropis.

4. Iklim Dingin (Kutub)

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Iklim Kutub

Yang terakhir, Iklim Kutub adalah iklim dingin yang terjadi di wilayah kutub. Pada daerah ini musim dingin berlangsung lama dan musim panas yang sejuk berlangsung singkat. Udara pada wilayah ini  kering dan tanahnya selalu membeku sepanjang tahun. Saat musim dingin seluruh tanah ditutupi es.

Mengapa Indonesia Termasuk Negara Beriklim Tropis ?

Mengapa Indonesia termasuk negara beriklim tropis? karena Indonesia terletak di garis khatulistiwa yang secara astronomis berada antara 6 LU – 11 LS dan 95 BT – 141 BT.

Mengapa Indonesia termasuk negara Beriklim Tropis
Iklim Tropis

Beberapa wilayah di Indonesia memiliki tingkat curah hujan yang cukup tinggi dan sebagian lainnya memiliki curah hujan yang rendah. Indonesia terletak di antara 2 benua (Benua Australia dan benua Asia) yang menjadi perlintasan arah angin setiap 6 bulan sehingga Indonesia mempunyai pergantian musim hujan dan kemarau.

Itulah tadi penjelasan mengenai mengapa Indonesia termasuk Negara beriklim tropis. Semoga bermanfaat !

2 thoughts on “Mengapa Indonesia Termasuk Negara Beriklim Tropis

Leave a Comment