Lakukan ini di Masa Kuliah, atau Kalian akan Menyesal

Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan Selama Masa Kuliah

[dropcap]H[/dropcap]owdy Borneans, Kali ini admin akan membahas dan berbagi seputar pengalaman admin tentang masa-masa perjuangan nan indah dalam menentukan masa depan, yaitu masa kuliah. Masa kuliah adalah masa dimana kita belajar bukan hanya belajar tentang ilmu, namun belajar untuk menjadi lebih dewasa. Rata-rata umur pada awal masa kuliah merupakan waktu transisi perkembangan kepribadian dari remaja-alay ke dewasa.

Masa Kuliah

Illustrasi

Menurut admin, kuliah adalah masa yang sangat penting. Dengan seringnya kita bergaul dengan sosok-sosok hebat yang berada di kampus seperti dosen-dosen, teman, ataupun senior, kita akan mampu berkembang menjadi pribadi yang lebih dewasa. Selain itu, dengan kuliah kita akan belajar untuk siap terjun ke dunia yang sebenarnya.

Bagi kalian yang berniat ingin melajutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, atau kalian yang sedang menjalani proses perkuliahan, pastikan kalian tidak melewatkan hal-hal di bawah ini agar kuliah kalian menjadi masa yang indah dan bermanfaat.

1. Masa-Masa Orientasi

Mungkin yang satu ini kerap jadi momok yang menakutkan bagi kalian. Admin akan berbagi seputar pengalaman admin waktu masih muda dulu tentang masa-masa orientasi kampus. Kebetulan admin waktu muda dulu kuliah di salah satu perguruan tinggi negeri di daerah kota Pontianak. Admin kebetulan juga masuk ke Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan.

Masa Kuliah

Illustrasi

Ospek atau masa adaptasi biasanya berjalan selama beberapa hari sebagai pembukaan dan kemudian dilanjutkan ke orientasi  per jurusan atau prodi selama 6 bulan sampai 1 tahun awal masa kuliah. Kegiatan biasannya diadakan setiap akhir minggu selama waktu tersebut. Dalam kegiatan tersebut kita akan mendapatkan berbagai informasi dan bekal awal untuk melewati masa perkuliahan. Informasi-informasi tersebut disampaikan dengan berbagi macam cara dan metode, sesuai dengan kebutuhan tiap fakultas.

Pada awalnya memang terlihat menyeramkan ditambah lagi dengan isu-isu yang tidak menyenangkan seputar Ospek. Berdasarkan pengalaman admin dan beberapa mahasiswa lainnya, memang pada awalnya kita akan dituntut untuk mengerjakan hal-hal yang aneh bagi kita, seperti meminta tanda tangan satu angkatan, senior dan dosen, datang di pagi buta, berjemur, dll.

Masa Kuliah

Illustrasi

Namun, seiring berjalannya waktu jika kalian berusaha untuk berfikir dan menelaah yang setiap kegiatan yang kalian jalani, kalian akan tersadar bahwa kegiatan tersebut akan berguna bagi kalian. Biasanya diawal kuliah kita akan ajarkan tentang pembelajaran mental dan sikap. Hal tersebut sangatlah penting bagi seorang mahasiswa untuk belajar di perkuliahan dan yang nantinya akan terjun langsung ke masyarakat.

Admin mencoba membuktikan hal tersebut dengan terjun langsung menjadi panitia. Setelah mengikuti prosesnya, ternyata kegiatan tersebut bukanlah kegiatan sebarangan. Berbagai macam hal harus dikonsepkan dengan baik, mulai dari kedatangan hingga pulang. Disamping itu, kegiatan tersebut harus mendapatkan persetujuan dari kampus sebelum dijalankan. Jadi sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan.

Belajar Bahasa Inggris

Illustrasi

Berdasarkan pengalaman admin, masa orientasi ini adalah masa yang paling indah dan menyenangkan. Disamping kita belajar hal-hal baru, kita juga akan mengenal banyak orang-orang baru. Biasanya akan ada banyak momen-momen yang tercipta, mulai dari kelucuan hingga momen aneh. Saran admin, kalian harus menikmati masa orientasi sebagai proses dari perkembangan kalian, jangan pernah mengeluh dan nikmati prosesnya.

2. Berorganisasi

Mungkin bagi sebagian kalian berorganisasi kampus adalah buang-buang waktu. Hal ini mungkin terjadi dengan sebagian orang yang memiliki kesibukan tersendiri, terutama bisnis atau perkerjaan. Bagi kalian yang tidak sibuk?

Ada banyak faktor yang mungkin menyebabkan kalian berfikiran negatif tentang berorganisasi. Mulai dari asing berorganisasi dimasa SMA hingga takut dan sentimen dengan senior.

Masa Kuliah

Illustrasi

Organisasi kampus sebenarnya adalah sebuah wadah belajar bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri lebih lanjut, mulai dari mengasah berbagai macam skill hingga menambah pengalaman. Di organisasi biasanya kita akan melakukan berbagai macam kegiatan mulai dari pengembangan diri dalam bentuk pelatihan-pelatihan hingga menyelenggarakan event.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa ketika kita memasuki dunia kampus, pembelajaran bukan hanya sebatas dikelas, namun dari banyak tempat. Mulai dari yang informal seperti organisasi maupun bersosialisasi dengan yang lain.

Masa Kuliah

Illustrasi

Disamping pengembangan diri berupa skill, pengalaman merupakan manfaat yang sangat penting bagi seorang mahasiswa. Kita tidak hanya belajar sebatas teori, namun langsung mempraktekkan apa yang kita pelajari dengan berorganisasi. Pengalaman tersebutlah yang nantinya akan kita bawa di dunia professional.

Selain dunia professional, jika kalian berniat untuk melanjutkan studi S2 dengan mengajukan beasiswa. Berorganisasi adalah sebuah kewajiban. Karena hampir setiap penyedia beasiswa ingin memilih kandidat terbaik yang dibuktikan dengan pengalaman berorganisasi.

Belahar Bahasa Inggris

Illustrasi

Admin sendiri merupakan orang yang tidak pernah menyentuh organisasi sebelumnya, namun setelah melalui masa orientasi, admin tersadarkan oleh pentingnya organisasi bagi seorang mahasiswa dan terjun aktif di organisasi kampus. Pengalaman dari organisasi tersebutlah yang kemudian dapat mengantarkan kita dengan mudah terjun ke dunia professional. Para penyedia kerja akan cenderung  memilih calon yang telah berpengalaman.

Bersambung

Image : http://www.freeimages.com/

  • Add Your Comment