makanan khas kalimantan barat

Makanan Khas Kalimantan Utara, Kuliner dan cemilan Tradisional

Nama Makanan Tradisonal Khas di Kalimantan Utara

Makanan Khas Kalimantan Utara – Indonesia menyimpan berbagai macam kekayaan, mulai dari budaya, seni, keanekaragaman hayati, keindahan alam. Selain itu salah satu hal yang paling dinanti saat berkunjung ke suatu kota di Indonesia adalah kenikmatan dan keanekaragaman kuliner khasnya.

Hampir di setiap kota di Indonesia memiliki makanan khas atau tradisonal yang menjadi andalan dan tentunya sangat nikmat. Keunikan dan kenikmatan makanan tradisional ini memiliki daya tarik tersenidri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung di salah kota-kota Indonesia.

Kali ini admin akan membahas mengenai makanan khas Kalimantan utara, berserta makanan dan cemilan tradisional yang pastinya akan membuat kalian tergoda untuk mencicipi.

Provinsi Kalimantan Utara

Kalimantan Utara sendiri merupakan provinsi yang tergolong baru di Indonesia, diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2012 dengan ibukota yaitu kota Tarakan. Letak provinsi termuda di Indonesia ini berbatasan langsung dengan Malaysia, bagian Sabah dan Serawak.

Adapun mayoritas etnis yang tinggal di kaliamantan selatan ialah 40% berasal dari suku jawa, dikarenakan program transmigrasi. Selain itu terdapat pula penduduk asal Sulawesi Selatan, dayak, banjar, Bulungan, tidung dan Kutai. Keanekaragaman etnis yang berada di provinsi ini tentu mempengaruhi kuliner khasnya. Berikut adalah makanan khas Kalimantan Utara berserta dengan cemilan dan makanan tradisionalnya :

Makanan Khas Kalimantan Utara

Baca juga : Kuliner dan Makanan Tradisional Khas Kalimantan BaratKuliner dan Makanan Tradisional Khas Kalimantan Selatan

1. Makanan Tradisional Lawa

Lawa merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan Utara yang sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat Kalimantan Utara. Makanan ini merupakan makanan khas Kerajaan Bulungan, salah satu kerajaan di daerah Kalimantan Utara.

makanan khas kalimantan utara lawa rumput laut
Lawa

Makanan khas nan unik ini berbahan dasar dari beberapa bahan pokok dari  sayuran yang menyegarkan seperti timun atau rumput laut. Bahan pokok tersbut kemudian di campur dan dibumbui kelapa sangrai dan udang galah. Udang galah atau udang raja merupakan udang yang memiliki ukuran besar, sangat sering di jumpai di wailayah Kalimantan. Masyarakat juga biasa mengganti udang dengan hasil laut lainnya seperti kerang-kerangan.

Makanan ini kerap dijadikan sebagai menu pembuka untuk mengganjal perut. Dengan bahan bahan segar sperti timun dan rumput laut, membuat lawa sangat berguna untuk mengurangi kolesterol mauun tekanan darah tinggi dikarenakan terlalu banyak menyantap menu berprotein hewani tinggi. Sungguh makanan yang unik, nikmat dan sehat.

2. Kepiting Soka, Kuliner Tradisional Khas Tarakan

Kalimantan utara juga sangat terkenal dengan kuliner seafood nya. Salah satu yang sangat terkenal ialah kepiting soka. Kalian dapat dengan mudah menemukan makanan khas Kalimantan selatan ini dengan mudah di kota Tarakan. Disamping terkenal dengan kota minyak, kota ini juga terkenal dengan kenikmatan kepiting sokanya.

kuliner khas kalimantan utara kepiting soka
Kepiting Soka bercangkang lembut

Karena letak tarakan yang berada di dekat daerah pantai, kepiting menjadi hal yang sangat mudah untuk dijumpai. Kepting soka atau sering disebut dengan kepiting lemburi “ soft shell crab” adalah sebutan untuk kepiting yang dikonsumsi dengan keadaan kulit yang masih lunak karena baru berganti kulit atau  moulting. Cangkang yang baru berganti masih dalam keadaan lembut sehingga dapat langsung dikonsumsi tanpa perlu untuk bersudah payah mengupasnya, tentu harus dimasak terlebih dahulu.

Kepting menjadi primadona dikalangan para pecinta kuliner, disamping rasanya yang lezat, kepiting ini memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Kepiting merupakan makanan yang rendah lemak, sumber mineral, tinggi protein dan vitamin. Walaupun mengandung kolesterol, kepiting  rendah kandungan lemak jenuh.

Disamping itu, kepting juga mengandung Selenium yang berperan dalam mencegah kanker dan perusakan kromosom serta meningkatkan daya tahan terhadap infeksi virus dan bakteri. Kandungan tersebut bertambah kaya jika kita menyantap kulit lunak pada kepiting soka. Kulit kepiting soka mengandung chitosan dan karotenoid yang berfungsi menyerap lemak dan kolesterol, dan racun-racun lain.

Kepiting soka biasanya disajikan dalam penyajian tumis saos. Kulit lembut memungkinkan mumbu untuk merasuk kedalam daging kepiting, pastinya akan membuatnya lebih nikmat. Kalina wajib mencoba kuliner unik dan nikmat yang satu ini jika berkunjung ke Kalimantan Utara!

3. Tumis Kapah, Kuliner Tradisional Khas Favorit Kota Tarakan

Selain kepting soka, kuliner laut yang terkenal di Kalimantan Utara adalah Kapah. Kapah sendiri merupakan makanan tradisional khas yang menjadi favorit di kota Tarakan. Adapun kapah sendiri merupakan salah satu jenis kerang laut yang banyak ditemui di Tarakan. Binatang ini dapat kalian temukan di laut atau pantai yang berlumpur.

Makanan tradisional khas kalimantan Utara
Tumis Kepah

Keppah merupakan bahan makanan yang mengandung banyak protein. Sangat cocok bagi kalian yang ingin memenuhi pasokan protein dalam tubuh. Kappah biasa disajikan dalam bentuk tumis kappah. Ditumis dengan beberapa rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan penyedap rasa. Ditambah lagi dengan sambah jeruk nipis. Masyarakat juga kerap menikmati kuliner ini dengan es kelapa muda sebagai pelengkap.

4. Tudai, Makanan Tradisional Khas Tanjung Selor

Selain keppah, terdapat pula kerang lain yang dapat dijadikan kuliner nikmat di Kalimantan Utara. Keran tersebut bernama tudai. Tudai merupakan kerang berdaging tebal yang memiliki cangkang berwarna hitam dan jingga. Kalian dapat menemukan kerang ini di daerah Bulungan.

kuliner khas kalimantan utara
Tudai Rebus

Tudai biasa disajikan dengan direbus atau dijadikan sambal goreng. Makanan ini biasa disajikan pada acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan. Selain itu, kalian juga dapat dengan mudah menemui kuliner ini di daerah tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Baca juga : oleh oleh khas pontianak

5. Nasi Udang, Makanan Tradisional Khas Malinau

Nasi Udang juga merupakan salah satu kuliner laut andalan di Kalimantan Utara. Makanan ini berasal dari daerah kabupaten Malinau. Karena daerahnya yang di banyak dilaui sungai yang masih terawat, udang akan dengan sangat mudah kalian temukan di daerah ini. Keberlimpahan bahan pokok tersebutlah yang membuat manyarakat gemar untuk menyantap udang sebagai lauk.

makanan khas kalimantan utara
Nasi Udang khas Kalimantan Utara

Udang merupakan salah satu kuliner yang palling digemari pecinta seafood. Disamping rasanya yang nikmat, udang juga memiliki kandungan gizi yang baik. Udang terkenal dengan mafaatnya yang dapat menyeimbangkan jumlah hormon dalam tubuh, mencegah penyakit kanker, jantung, diabetes, dan anti depresi. Selain itu udang juga mengandung omega 3 yang sangat berguna untuk perkembangan otak anak.

Udang disajikan dengan cara digorang dan kemudian dilengkapi dengan nasi pulen lengkap dengan sambal pedas. Tentu merupakan cobaan yang sangat berat bagi kalian yang belum merasakan makanan khas Kalimantan utara yang satu ini.

6. Dodol Cempedak dan Rumput Laut, Ceminal Khas Kalimantan Utara

Disamping  kuliner berupa makanan berat, terdapat pula beberapa macam cemilan tradisional khas Kalimantan Utara. Salah satunya adalah dodol, atau warga setempat sering menyebutnya dengan istilah lempok. Lempok adatu dodol merupakan cemilan manis yang dbuat dengan bahan buah tertentu yang dicampur dengan teoung ketan atau semacamnya.

Makanan kuliner khas kalimantan utara
Buah Cempedak

Hal yang unik dari dodol yang satu ini adlah bahan pembuatannya yang terbuat dari cempedak. Cempedak sendiri merupakan buah yang masih bersaudara dekat dengan nagka dan durian. Buah ini memiliki rasa yang sangat manis hampir seperti nangka, namun beserta. Sedangkan buahnya menyerupai aroma durian. Bagi kalian yang menyukai durian atau nangka, kalian juga pasti akan menyukai buah  yang satu ini.

Selain cempedak, bahan pembuatan dodol atau lempok khas ini adalah rumput laut. Manfaat rumput laut sangat berguna untuk dijadikan sebagai cemilan yang menyehatkan. Jika kalian berkunjung ke Kalimantan utara, kalian dapat membeli cemilan ini sebagai oleh-oleh khas dari Kalimantan Utara.

7. Nasi Subut, Kuliner Nikmat Khas Tana Tidung

Makanan khas Kalimantan utara yang selanjutnya ialah nasi subut. Nasi ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari kabupaten Tana Tidung. Adapun ciri-ciri unik dari nasi subut ialah tidak berwarna putih seperti nasi pada umumnya, namun berwarna ungu.

Kuliner khas kalimantan utara, nasi subut
Nasi Subut khas Kalimantan Utara

Makanan tradisional Kalimantan selatan yang satu ini terbuat dari jagung, nasi, dan ubi jalar yang berwarna ungu. Warna ungu dari ubi jalar kemudian mendominasi warna pada nasi subut ini. Adapun proses pembuatan makanan ini  tidak terlalu sulit, beras ditanak seperti biasa, kemudian ubi jalar dipotong dadu dan direbus atau dikukus bersama biji jagung. Ketiga bahan tersebut kemudian dicampur dan diberi sedikit garam dan penyedap.

8. Sate Ikan Pari, Makanan Khas Nikmat Asal Sungai Sesayap

Sate ikan pari merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Utara yang sangat nikmat. Menu lauk ini juga sering digunakan sebagai menu pelengkap untuk nasi subut. Uniknya ikan pari yang menjadi bahan dasar pembuatan sate ini banyak tersedia di Sungai Sesayap yang merupakan sungai induk di bagian utara Kalimantan Timur.

makanan tradisional sate ikan pari khas kalimantan utara
Sate ikan Pari

Untuk membuat olahan Sate Ikan Pari sangatlah mudah. Pertama-tama ikan pari dibersihkan dengan cara memisahkan bagian kulitnya dari daging. Kalian juga dapat langsung membeli daging yang telah bersih. Daging kemudian di potong berbentuk dadu dan rendam di air jeruk selama beberapa menit untuk menghilangkan bau amis.

Setelah dibershikan, kemudian ikan diberi bumbu rempah-rempah dan siap untuk dibakar. Pada proses pembakaran, untuk menambah cita rasa, biasanya di berikan bumbu tambahan seperti madu dan kecap manis. Menu ini merupakan salah satu menu primadona di kalangan para pelancong.

Baca juga : Minuman Khas Pontianak, Kaliamantan Barat

9. Ikan Asin Richa, Makanan Tradisional Khas tarakan

Kuliner yang satu ini berasal dari kota Tarakan yang berada di ujung utara Kalimantan. Di kota ini kalian akan dengan mudah mendapatkan berbagai macam makanan laut, salah satunya adalah ikan asin. Ikan asin khas tarakan ini merupakan salah satu produk unggulan yang sudah di eksport ke Negara tetangga.

makanan khas kalimantan Utara
Ikan Asin Richa

Menu ikan asin richa sering juga disebut dengan sebutan ikan asin pedas atau gami. Makanan ini merupakan olahan tradisional suku Tidung, suku asli di kota tarakan. Ikan asin richa biasa dinikmati sebagai lauk dan makanan pelengkap, dan sanagt cocok disajikan dengan sayur singkong dan nasi panas.

10. Sate Temburung, Makanan Tradisional Khas Kalut

Pernahkan kalian mendengar tentang temburung? Temburung merupakan salah satu jenis hewan laut sejenis kerang. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, terdapat banyak sekali kekayaan laut di provinsi ini, salah satunya ialah Temburung.

makanan khas kalimantan barat
Sate kerang temburung

Adapun perbedaan temburung dengan keppah atau kerang lainnya adalah pada bentuk cangkangnya berbentuk melingkar seperti terompet. Makanan khas Kalimantan Utara yang satu ini sangat nikmat jika disajikan dalam bentuk sate. Masyarakat Kalimantan utara kerap mengadakan pesta makan sate temburung pada saat acara pergantian tahun baru. Jika kalian berkunjung pada saat tahun baru, jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional nan unik yang satu ini.

Kalimantan Utara menyimpan banyak sekali keunikan dan keistimewaan yang siap untuk kalian telusuri. Jika kalian berkunjung ke provinsi termuda ini, jangan lupa untuk merasakan nikmatnya makanan khas Kalimantan Utara. Semoga bermanfaat !

3 thoughts on “Makanan Khas Kalimantan Utara, Kuliner dan cemilan Tradisional

Leave a Comment