8 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Enak dan Wajib dicoba

Kuliner dan Makanan Khas Kalimantan Timur yang Wajib Kamu Coba!

Makanan Khas Kalimantan Timur  – Di berbagai wilayah Indonesia, terdapat aneka kuliner yang menggoda selera. Hal itu didukung dari negeri kita yang merupakan panghasil rempah-rempah terbesar di Asia. Selain Jogja yang terkenal dengan gudeg, Kalimantan Timur pun tidak kalah dengan makanan khasnya. Soal rasa tentu tidak kalah enak dan lezat dengan kuliner khas provinsi lain di Indonesia. Dan tentunya harus kalian coba.

Kebanyakan makanan khas Kalimantan Timur didasari oleh perpaduan antara kebudayaan suku asli Kalimantan Timur seperti suku Kutai dan Dayak dengan kebudayaan suku pendatang seperti, suku Banjar, Bugis dan Banjar. Jadi, jika kalian sedang jalan-jalan ke Kalimantan Timur, jangan lupa mencicipi makanan khas andalan provinsi ibukota Samarinda ini. Makanan khas apa saja yang jadi andalan Kalimantan Timur? Berikut ulasannya.

1. Makanan Khas Pisang gapit

Makanan Khas Kalimantan TImur Gapit berasal dari bahasa Banjar dan Kutai yang artinya Jepit. Di daerah Samarinda, santapan ini bisa ditemui di pinggir-pinggir jalan terutama di daerah Tepian, sungai Mahakam. Bahkan dihidangkan juga di beberapa hotel di Balikpapan dan Samarinda. Pisang gapit bahan utamanya adalah pisang dari jenis pisang seperti pisang kepok, pisang sanggar, atau bisa juga pisang tanduk. menggunakan pisang yang setengah matang.

Proses pembuatannya terbilang mudah. Dengan cara dipanggang sambil digapit, kemudian di pencet sampai pipih dan dicampur dengan saus tertentu. Beberapa kuliner yang mirip dengan pisang gapit antara lain yaitu pisang epe yang berasal dari Makassar atau Colenak yang berasal dari Jawa Barat. Pisang gapit disuguhkan bersama saus karamel yang terbuat dari gula merah dan santan kental.

2. Nasi Kuning Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan TImur Nasi Kuning adalah salah satu jenis varian menu makanan yang terbuat dari nasi. Di Indonesia, nasi kuning ini sangat umum ditemukan di Kalimantan Timur, terutama di pagi hari untuk sarapan. Rasanya enak dan dengan harga yang murah. Nasi Kuning khas Kalimantan Timur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan rempah-rempah sepeperti antara lain kunyit, santan dan lainnya.

Kuliner Nasi Kuning disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur, ikan, ayam, atau daging lainnya. Tidak lupa kerupuk sebagai tambahan yang wajib. Ciri khas warna kuning pada nasi berasal dari warna kunyit yang diparut dan dicampurkan dengan rempah lainnya. Sehingga membuat Nasi Kuning memiliki rasa yang enak dibanding nasi putih biasa. Nasi kuning ini biasanya digunakan untuk acara selamatan berupa nasi tumpeng maupun acara formal lainnya.

3. Ayam Cincane Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan TImur Dulu, makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini hanya akan dihidangkan saat acara-acara penting, seperti pernikahan atau kelahiran. Teapi sekarang menu ini sudah banyak disediakan di warung-warung makan di Kalimantan Timur. Bahan utamanya adalah ayam kampung, karena daging ayam kampung dikenal lebih gurih dibanding ayam potong atau ayam lainnya.

Daging ayam kampung tersebut diberi bumbu dengan bermacam rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kemiri dan lainnya. Ayam ini dibakar menggunakan bara api, tunggu hingga matang atau bisa juga digoreng. Ayam Cincane ini sangat nikmat disantap dengan nasi putih. Juga menggunakan jeruk sebagai penambah rasa agar lebih nikmat.

4. Kuliner Nasi Bekepor Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan TImur Makanan khas Kalimantan Timur selanjutnya ialah Nasi Bekepor. Nama nasi yang cukup ini memiliki komposisi yaitu nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah, kemudian dimasak mengunakan alat masak khusus khas Kalimantan Timur. Dalam penyajiannya, Nasi Bekepor umumnya disandingkan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur, yaitu sejenis sayur asam yang diolah bersama dengan ikan air tawar seperti patin atau gabus dan ubi manis.

5. Sate Payau

Makanan Khas Kalimantan TImur
Sate Payau Khas Kalimantan Timur

  Di Kalimantan Timur, ada satu jenis makanan yang cukup unik yaitu Sate Payau. Sate Payau yaitu sate yang terbuat dari daging rusa. Tteapi sayang, makanan khas Kalimantan Timur ini sudah langka, karena rusa adalah salah satu hewan yang dilindungi. Tetapi, makanan khas yang satu ini dapat kalian ditemukan di berbagai festival kesenian atau upcara adat yang digelar di provinsi Kaltim.

Sate Payau ini cukup enak dan lezat dengan daging rusa yang lembut jika dibanding dengan daging sapi. Selain itu kaya protein.

6. Amplang Khas Kalimantan Timur

Makanan Khas Kalimantan Timur Makanan selanjutnya adalah Amplang yaitu sejenis camilan berupa kerupuk menyerupai bentuk yang sangat unik yang mana mirip dengan kuku macan. Makanan ini terbuat dari ikan dan merupakan salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur. Walaupun terbuat dari ikan, tapi Amplang tidak memiliki rasa amis. Justru kerupuk ini memiliki rasa yang gurih dan enak. Cocok untuk teman saat menonton tv atau bersantai dengan keluarga.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Selatan

7. Gence Ruan

Makanan Khas Kalimantan Timur Makanan khas Kalimantan Timur yang satu sedikit asing di telinga kalian yang bukan orang asli Kalimantan Timur. Gence Ruan dibuat dengan bahan dasar ikan Gabus atau masyarakat lokal menyebutnya ikan Haruan. Karena memilki daging yang kenyal sehingga enak disantap.

Ikan Gabus ditaburi garam kemudian dibakar dengan bara api, setelah dibakar ikan Gabus disiram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan rempah lainnya.

8. Bubur Pedas

Makanan Khas Kalimantan Timur Bubur Pedas sejatinya makanan khas suku Sambas di Kalimantan Barat. Namun, makanan unik ini dapat pula kalian ditemukan di Kalimantan Timur dan sudah menjadi salah satu makanan khas favorit bagi warga Kalimantan Timur. Bubur ini tidak hanya menawarkan rasa pedas, namun juga rasa rempah-rempah lainnya.

Hal ini dikarenakan Bubur Pedas diolah dengan berbagai macam rempah-rempah khas seperti jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabe yang membuat makanan ini memiliki cita rasa yang enak.

Untuk tambahan lainnya dapat menggunakan ikan teri, kacang tanah goreng, dan bawang goreng. untuk memperkaya rasa.

Baca Juga : Makanan Khas Kalimantan Utara

Nah, itulah beberapa makanan khas Kalimantan Timur. Dijamin tidak kalah enak dan lezat dengan makanan khas dari provinsi lainnya di Indonesia. Bagi kalian yang akan berkunjung ke Kalimantan Timur, wajib mencicipi makanan khas Kalimantan Timur. 

Leave a Comment