Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan - Borneo Channel

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan

6 Hal Untuk Meningkatkan Ingatan

[dropcap]H[/dropcap]owdy Borneans, masih ingat kapan terakhir kali kalian buka blog ini ? bagi kalian yang tidak ingat, admin akan memberikan info agar kalian selalu ingat dengan blog ini, yaitu kebiasan yang dapat meningkatkan ingatan.

Ingatan menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan mental kita. Banyak sekali orang menjadi stress karena menjadi pelupa. Seringkali perkerjaan ataupun tugas menjadi terbengkalai karena hal yang satu ini. Walaupun biasanya ingatan berkurang seiring bertambahnya usia, namun itu tidak disebabkan oleh penuaan.

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan
Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan

 Seseorang biasanya akan membutuhkan waktu untuk memperkuat dan mengembalikan memorinya agar dapat tetap diingat dengan baik hingga usia tua. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk meningkat kan ingatan:

1. Lakukan Tidur Dengan Cukup

Cara yang baik untuk mejaga pikiranmu tetap sehat ialah memastikannya beristirahat dengan baik. Kurang tidur dapat merusak kemajuan mental dan pikiran kalian. Disamping itu juga akan membuat ingatan kita lebih lamban dalam berkerja.

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan
Tidur dengan Nyenyak

Tidur merupakan waktu yang sangat peting dalam proses pembangunan ingatan. Tanpa tidur, ingatan kalian tidak akan bisa untuk memperkuat kejadian/ingatan yang kalian alami. Setelah itu, kalian akan kehilangan memori yang baru saja dipelajari beberapa waktu sebelumnya.

Peneliti berfikir bahwa hippocampus (otak besar) dan neocortex (otak kecilmemegang peran penting dalam proses penyerapan memori pada saat tidur. Otak besar akan mengulangi kejadian dan otak kecil akan menyimpan ingatan tersebut untuk keperluan yang akan datang.

2. Konsumsi Makanan Berlemak

60% kandungan otak kita terdiri dari lemak dan memerlukan 20 persen dari kalori yang di masuk ke tubuh. Walaupun diet yang seimbang bagus untuk kesehatan, kita juga harus memeperhatikan kebutuhan otak kita yang memerlukan lemak yang cukup untuk bekerja.

Lemak yang sehat seperti lemak tak jenuh seperti omega 3, dapat membantu fungsi otak kalian dan menjaga semuanya berjalan dengan baik. Omega 3 tidak dapat di produksi oleh tubuh, namun dapat ditemukan pada beberapa sumber makanan seperti ikan.

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan
Ikan Salmon Sumber Omega 3

Disamping menjaga memori, mengonsumsi lemak sehat juga dapat membantu beberapa penyakit mental seperti depresi dan bipolar. Orang sering kali takut untuk mengkonsumsi lemak, namun dengan mengkonsimsi lemak baik dapat mengurangi resiko demensia (penurunan fungsi otak) dan menjaga otak kalian berjalan dengan baik.

4. Bersosialisasi Dengan Teman

Interaksi sosial yang teratur juga dapat mengobati penyakit mental. Penelitian telah membuktikan bahwa besosialisasi dapat berperan sebagai latihan mental dalam memicu otak dan meningkatkan memori.

Kurangnya sosialisasi dapat menyebabkan kurangnya minat dan interaksi dengan otak kalian, dan dapat menyebabkan depresi sertaa penyakit mental lainnya. Besosialisasi dapat menstimulasi otak kalian untuk berkerja.

Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Ingatan
Besosialisasi dengan Teman

Percakapan dapat menjadi sebuah latihan bagi otak untuk memanggil ulang memori, menggunakan critical thinking, merasakan emosi, dan menambah pengetahuan. Jika kalian melewati hari tanpa berbicara dengan seorangpun, otak kalian tidak akan bekerja dengan aktif dan cenderung tidak merasakan perasaan senang.

5. Latihan Otak Secara Rutin

Salah satu cara untuk menjaga ingatan adalah dengan menjaga otak tetap aktif berkerja. Puzzle dan game otak dapat membantu memori agar tetap tajam. Aktifitas otak yang baik akan mengajarkan kalian sesuatu yang baru dan menantang.  Otak manusia sangat  mudah untuk ditempa, jadi beberapa permainan otak dapat memperkuat kapabilitas dan daya ingat.

Pealajari sesuatu yang menantang, karena dengan tantangan yang semakin susah akan lebih meningkatkan kemapuan otak. Ingat, kalian harus terus meningkatkan level dari kesulitan agar otak dapat diasah denganl lebih baik.

Puzzle & Brain Game
Puzzle & Brain Game

Tujuan dari permainan otak adalah untuk membuat sebuah jalur baru dalam memori yang diperkuat dengan pemikiran dan latihan otak. Semakin banyak jalur syaraf yang kalian buat, semakin besar juga perkembangan ingatan kalian. Selain itu, dengan secara rutin mengulangi akan membuat memori lebih stabil dan lama.

6. Latihan Fisik dengan Cukup

Bukan hanya otak yang harus dilatih secara rutin, namun selurh bagian tubuh. Latihan Aeorbik secara rutin dapat meningkatkan ukuran otak besar kalian, yang mana sangat penting untuk perkembangan dan perawatan memori.

Latihan dapat mengurangi peradangan dan menstimulasi faktor penumbuh yang membantu meningkatkan ingatan. Latihan dapar meningkatkan peredaran darah dan oksigen ke otak, dan juga menghilangkan stress dan secara natural menghabiskan energi yang berdampak pada nyenyaknya tidur.

Olahraga Fisik
Olahraga Fisik

Aktifitas fisik sangat berguna bagi tubuh kalian, dan juga membantu otak untuk tumbuh. Dengan menjaga kesehatan dari sel otak, kalian juga menjaga fungsi dari otak tesebut untuk berjaan dengan baik.

Sering kali karena keabaian kita dalam menjaga kesehatan otak membuat kita sering kelupaan sehingga berdampak pada kerugian baik materi maupun yang lain. Menjaga kesehatan dan supply bagi otak  merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan mengingat. Dengan melakukan kebiasaan yang dapat meningkatkan ingatan, kita akan selau merasa bersyukur kita dengan anugerah yang diberikan.

Image : www.freeimages.com

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.