Ikan Seluang, Si Mungil yang Kaya Akan Manfaat

Ikan Seluang – Howdy Bornean! Jangan ngaku kalau kalian penghobi ikan jika belum mengetahui ikan hias unik nan kaya manfaat yang satu ini. Ikan seluang atau Enslui atau panjut ini merupakan ikan yang sangat banyak tersedia di daerah kalimantan.

budidaya ikan seluang
Ikan seluang

Hewan ini kerap dimanfaatkan oleh masyarakat baik sebagai ikan hias maupun konsumsi. Dikarenakan manfaatnya yang berlimpah, membuat ikan ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi. Ikan unik ini merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran tubuh kecil. Biasanya ikan ini ditemukan di kolam ikan, sungai-sungai, dan rawa-rawa.

Baca Juga : Burung Enggang Kalimantan

Identifikasi, Morfologi dan Klasifikasi Ikan Seluang

ikan seluang
klasifikasi seluang

Nama : Seluang batang/Silver rasbora/Rasbora argryotaenia
Class : Actinopterygii
Family : Cyprinidae
Genus : Rasbora

Nama latin ikan ini adalah Rasbora. Orang kalimantan menyebutnya dengan beberapa nama, yaitu Enselui, ikan panjut, seluang dan beberapa nama lokal lainnya

Seluang memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dengan sisik tipis. Panjang tubuh sekitar 5-17 cm. Sedangkan pada ikan anakan memiliki warna putih keperakan dan terdapat garis berwarna kehitaman di kedua sisinya tubuhnya. Saat tumbuh dewasa memiliki warna putih kekuning-kuningan. Ikan mungil ini mempunyai sepasang mata yang jernih.

Baca Juga : Ikan Arwana Super Red

Habitat Ikan Seluang

ikan seluang
habitat ikan seluang

Seluang termasuk ikan kecil dengan genus Rasbora. Secara umum terdapat di Asia Tenggara dan pulau-pulau dari Benua Indo Australia sampai perbatasan Benua Asia. Seperti anggota famili Cyprinidae dari order Ostariohysi, ikantersebut hanya hidup terbatas di perairan air tawar.

Menurut Tyson R. Robert (1989), ikan seluang (Rasbora sp) terdiri dari 55 spesies dan terdistribusi di Sub kontinen India, China Bagian utara, dan wilayah Asia tenggara (meliputi Sumatera, Kalimantan dan Jawa).

Ikan hias ini  adalah ikan air tawar yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil berkisar antara 5-17 cm. Ikan ini sangat berkembang di sungai-sungai Pulau Sumatera seperti Sumatera Selatan, serta Kalimantan. Biasanya ikan ini muncul di permukaan air sungai atau rawa, terutama saat curah hujan tinggi. Ikan yang termasuk dari genus rasbora ini memiliki kemampuan bertahan hidup antara 3-6 tahun.

Adapun, Ikan ini dapat ditemukan di lokasi Asia Tenggara dan Afrika. Hidup di sungai dan rawa air tenang dalam rimba. Pada alam bebas, seluang umumnya hidup secara begerombol di bagian permukaan hingga sisi sedang perairan.

Ketika curah hujan sedang tinggi dan permukaan air meningkat, ikan ini lebih mudah bergerak bebas di permukaan air untuk mengejar makanan. Namun, saat suhu air meningkat secara berlebih di musim kemarau, seluang cenderung berkumpul dan berteduh di bawah pohon. Suhu optimal ikan seluang yakni 22 sampai 26°c.

Baca Juga : Suku Dayak Kalimantan

Jenis-jenis Ikan Seluang

ada beberapa jenis seluang yang termasuk jenis ikan hias. Jenis ikan rasbora ini banyak ditemukan di Indonesia. Masing-masing ikan memiiliki keunikan tersendiri.

Red-tail rasbora (Rasbora borapetensis)

ikan seluang
Red-tail rasbora

Seluang Rasbora borapetensis atau yang lebih dikenal dengan nama Red-tail rasbora memiliki tubuh berukuran 6 cm. ikan ini merupakan jenis ikan hias yang disenangi di beberapa negara Asia.

Rasbora bankanensis

ikan seluang
Rasbora Bankanensis

Rasbora bankanensis berasal dari Pulau Bangka, Sumatera. Memiliki panjang tubuh 10 cm dengan garis berwarna kebiruan dari pangkal ekor sampai ke pertengahan tubuh.

Elegant Rasbora (Rasbora elegans)

Jenis ikan seluang
Elegant Rasbora

Rasbora elegans berukuran 13 cm, memiliki ciri khas bintik hitam di sisi tubuhnya.

Eye-spot rasbora (Rasbora dorsiocellata)

ikan seluang
Eye Spot Rasbora

Saat ini, jenis rasbora sudah umum dijadikan ikan hias. Hal ini ditandai oleh warna tubuh keperakan yang selaras dengan tanaman air (untuk aquascape). Perawatannya ikan ini tergolong mudah. Beberapa spesies rasbora yang sering dijadikan ikan hias dalam aquascape antara lain, Red-tail rasbora, Eye-spot rasbora, Scissortail rasbora, dan Harlequin rasbora.

Baca Juga : Orangutan Kalimantan

Kerabat Ikan Seluang

Ikan rasbora memiliki kerabat dari satu keluarga/family Cyprinidae yang memiliki karakteristik hampir sama, yaitu Danio, Devario, Puntius, dan Boraras.

Makanan / Umpan Ikan Seluang

ikan seluang
Umpan ikan seluang

Ikan ini merupakan jenis omnivora, biasanya memakan berbagai macam makhluk hidup yang mudah dijangkau, seperti lumut, zooplankton, crustacea kecil, cacing tanah dan serangga.

Baca Juga : Bunga Anggrek Hitam Kalimantan

Prospek Budidaya dan Manfaat Ikan Seluang

Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Menurut kebanyakan masyarakat mengatakan bahwa rasa daging ikan ini sangat gurih. Selain itu juga dimanfaatkan untuk pakan ikan hias karena betuk tubuh yang kecil sehingga cocok untuk pakan ikan hias.

Ikan air tawar ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang mengalami pengeroposan tulang atau biasa disebut osteoporosis. Biasanya ikan ini disajikan dalam betuk ikan seluang goreng. 

ikan seluang dimakan
Ikan seluang goreng

Saat ini, banyak petani yang membudidayakan ikan seluang untuk skala ekonomi. Budidaya ikannya pun tergolong mudah. Ikan dewasa panjang tubuhnya paling-paling hanya ±10 cm, karena itu juga kerap dijadikan ikan hias.

Ikan ini banyak disajikan di beberapa rumah makan. Biasanya di goreng garing sehingga terasa gurih. Harga jual ikan seluang cukup tinggi yakni Rp 30.000/kg. untuk ikan seluang yang sudah diolah harganya bisa mencapai Rp 60.000/kg.

Baca Juga : Taman Nasional Danau Sentarum

Itulah berbagai macam informasi menarik seputar ikan seluang, semoga bermanfaat bagi kalian semua!

Leave a Comment