Ikan Pesut Mahakam, Sang Lumba Lumba Air Tawar Borneo yang Terancam Punah

Legenda Ikan Pesut Mahakam – Selama di bangku sekolah kita pasti telah mempelajari tentang habitat asli dari lumba – lumba yaitu lautan atau samudra yang luas. Lalu bagaimana jika lumba – lumba hidup di air tawar atau di sungai? Tentu sangatlah aneh.

Negeri kita Indonesia,  merupakan negara yang sangat kaya akan keindahan alam dan hayatinya. Terdapat beraneka ragam flora dan fauna yang unik dan langka masih terdapat di negeri kepualauan ini. Mulai dari ujung timur di Pulau Sumatera terdapat Harimau Sumatera dan Gajah nya hingga bagian barat di Pulau Irian Jaya terdapat Burung Cendrawasih yang begitu indah dan mempesona. Begeser ke bagian tengah di Pulau Kalimantan terdapat hewan yang langka dan sangat sulit untuk ditemui, yaitu hewan mamalia ini bernama Ikan Pesut.

Deskripsi Pesut Mahakam

ikan pesut mahakam

Ikan pesut mahakam

Ikan Pesut Mahakam, Orcaella brevirostris merupakan mamalia air yang sangat langka di Indonesia. Diperkirakan , populasi Pesut Mahakam sekarang ini  tidak lebih dari 70 ekor saja. Pesut Mahakam yang merupakan sub-populasi Orcaella brevirostris hanya bisa ditemukan di Sungai Mahakam Kalimantan Timur saja, sehingga binatang super langka ini ditetapkan oleh pemerntah Kalimantan Timur sebagai fauna identitas provinsi.

Habitat Ikan Pesut

ikan pesut mahakam

Habitat ikan pesut mahakam

Ikan Pesut merupakan mamalia air yang sangat unik dibandingkan ikan ikan lainnya. Walaupun bentuknya yang hampir sama dengan lumba-lumba, pesut tidaklah sama. Pesut atau Orcaella brevirostris hidup di air tawar yang terdapat di sungai-sungai dan danau yang terdapat di daerah subtropis dan tropis.

ikan pesut mahakam

Habitat Ikan pesut

Sebenarnya pesut juga tersebar di beberapa tempat lainnya di Asia Tenggara. Pesut Mahakam adalah salah satu sub-populasi pesut selain sub-populasi Sungai Irrawaddi di Myanmar, sub-populasi Sungai Mekong di Kamboja, Vitenam, dan Laos, sub-populasi Danau Songkhla di Thailand, dan sub-populasi Malampaya di Filipina. Ikan Pesut yang termasuk salah satu satwa yang dilindungi di Indonesia. Pesut dalam bahasa Inggris disebut juga  sebagai  Dolphin Snubfin dan Irrawaddy Dolphin.

Fisiologis Ikan Pesut

pesut mahakam

fisiologis pesut yang mirip lumba – lumba

Pesut memiliki panjang tubuh yang dapat mencapai 2,5 meter dan berat mencapai 130 kilo. Adapun bentuk badan Pesut hampir mendekati oval dengan sirip punggung mengecil dan agak ke belakang, hampir mirip dengan lumba – lumba. Pesut mempunyai kepala berbentuk bulat dengan mata yang berukuran kecil serta memiliki bagian moncong pendek dan ada lubang pernafasan. Bentuk Sirip punggung berukuran kecil terletak di belakang pertengahan punggung. Sedangkan, bentuk dahi tinggi dan membundar dan tidak memiliki paruh ssperti lumba-lumaba. Selain itu, sirip renangnya relatif lebar dan pendek.

ikan pesut mahakam

Mamalia

Ikan pesut menggunakan paru-paru sebagai alat pernafasan, pada saat akan bernafas ikan ini akan muncul ke permukaan dan menyemburkan air dari mulutnya. Pesut juga hidup dan bergerak dalam kawanan kecil. Pesut tidak dapat melihat dengan baik, namun hewan ini mempunyai kemampuan mengeluarkan gelombang ultrasonik untuk menghindari tabrakan dari benda benda yang berada didalam air, sama seperti lumba-lumba kerabatnya.

Baca juga : Ikan Arwana Super Red 

Ikan Pesut Mahakam Sekarang

ikan pesut mahakam

monumen ikan pesut mahakam

Sekarang, kondisi ikan yang sangat unik dan menjadi ikon Kaltim ini sudah sangat memprihatinkan. Jumlah populasi Pesut Mahakam diperkirakan antara 67 hingga 70 ekor dan terus berkurang setiap tahunnya. Adalah sebuah keajaiban jika kalian dapat menemuinya langsung di habitatnya.

Keunikan dan keindahan mamalia air tawar yang satu ini terancam dengan aktivitas manusia yang tidak peduli dengan lingkungannya. Mulai dari belitan jaring nelayan, pencemaran air akibat pertambangan, erosi, pendangkalan air sungai dan modenisasi yang menggusur habitat asli dari  pesut mahakam ini.

Karena rendahnya populasi ikan ini, menyebabkan pesut menjadi salah satu binatang paling langka di Indonesia. IUCN Redlist menyatakan status konservasi Pesut Mahakam sebagai Critically Endangered/kritis yaitu tingkat keterancaman tertinggi dari kepunahan. Selain itu, pesut Mahakam di tetapkan sebagai satwa yang dilindungi berdasarkan PP No. 7 Tahun 1999 tentang Tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga : Legenda Pesut Mahakam

ikan pesut mahakam

permata mahakam

Adalah tanggung jawab kita sebagai warga negara Indonesia untuk melestarikan segala macam kekayaannya, salahsatunya keberlangsungan ikan super unik ini. Jangan sampai karena ulah dan perbuatan kita membuat ikan ini hanya tinggal sebuah cerita bagi anak – anak dan keturunan kita kelak.  Ikan pesut mahakam merupakan salah satu mutiara indah borneo yang harus kita jaga!

  • Add Your Comment