Hanya Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang Ngalamin 7 Hal ini

Banyak orang menganggap bahwa jurusan pendidikan bahasa inggris merupakan jurusan yang sangat keren, mulai dari ngomongnya cepet kayak bule, google translate berjalan, sampe ahli bahasa. Bagaimana yang sebenarnya?

Hanya mahasiswa dan tuhanlah yang tahu, berikut hal yang dialami anak bahasa inggris dalam mengarungi realita kehidupan  :

1. Gak Berani Ngomong Bahasa Inggris, Terutama sama Dosen

Illustrasi

Illustrasi

lho kok gitu? bukannya harusnya malah lancar ngomongnya sama dosen? Berdasarkan pengalaman dan pengamatan admin, kebanyakan anak bahasa inggris gak berani ngomong bahasa inggris terutama sama dosen karena takut dikoreksi grammar dan pronounciation-nya. Bagaikan terkena petir di siang bolong! Rasanya kena banget sampai ke ulu hati.

Jadi mereka lebih memilih menggunakan bahasa indonesia untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Mereka juga lebih sering untuk memilih jalan yang berbeda ketika berpapasan dengan dosen, alasannya untuk menyelamatkan diri dari pertanyaan bahasa inggris.

2. Minder Saat Presentasi

illustrasi

illustrasi

Bagi seorang mahasiswa bahasa Inggris, presentasi merupakan sebuah momok yang sangat mengerikan. Bagaikan hari pengadilan! Menggunakan bahasa inggris di depan kelas sepanjang waktu ditengah perhatian yang terfokus ke kalian, tentu bukan merupakan hal yang mudah. Semua orang dikelas bertindak layaknya pengadil yang menilai setiap kata yang kita ucapkan, nyimak grammar lebih tepatnya. Peristiwa yang sangat horor!

3. Jadi Orang Aneh

Illustrasi

Illustrasi

Belajar bahasa inggris menuntut kita untuk menggunakannya setiap saat, tak jarang membuat kita sendiri merasa aneh dan garing. Apa lagi yang biasa menggunakan bahasa daerah, logat nya  juga bisa terbawa ke dalam bahasa inggris. Belum lagi menjadi perhatian orang lain yang melihat kita berbicara bahasa inggris.

4. Wajib Cek Grammar Sebelum Update Status

Illustrasi

Illustrasi

Image ahli bahasa inggris melekat secara otomatis ketika menjadi mahasiswa bahasa inggris. Kesalahan sekecil apapun akan menjadi sebuah aib yang dapat menurunkan reputasi. Walaupun gak ada orang yang tahu kalo salah, tapi yakinilah, ketika teman sekelas membacanya, mereka akan langsung men-share status kalian dengan bangga.

5. Sok Ngoreksi Orang yang Salah

Illustrasi

Illustrasi

Sejalan dengan point sebelumnya, ketika dapat mengoreksi teman sekelas yang salah, itu merupakan sebuah kebanggaan yang tiada tara!

6. Banyak yang Minta Tolong

Illustrasi

Illustrasi

Kalo hal yang ini sangat adem banget. Kalian akan menjadi orang penting dengan skill dan pengetahuan kalian di bidang ini. Pasti akan banyak orang yang bertanya seputar bahasa inggris, karena bahasa inggris sekarang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan modern.

7. Terkadang Merasa Lelah

illustrasi

illustrasi

Banyak hal yang harus diperhatikan ketika menyandang predikat anak bahasa Inggris, salah satunya kesempurnaan bahasa yang digunakan dan dikuasai, mulai dari grammar, vocab, dll. Tentu bukan hal yang mudah untuk belajar bahasa inggris di Indonesia, karena sangat jarang kita dapat melatih dan menggunakannya di kehidupan sehari-hari. Bahasa akan lebih mudah di pelajari jika kita bejalan secara natural dalam artian dengan langsung mempraktekkannya di lingkungannya.

Sebagai mahasiswa, adalah tugas kalian untuk belajar dan menjadi lebih baik. Berbagai macam masalah diatas harusnya dapat kalian atasi. Dikarenakan semua hal tersebut merupakan bagian dari pembelajaran. Tentu pembelajaran bukan hanya dalam bentuk formal di dalam kelas, dalam kegiatan sehari-hari seharusnya kalian dapat mempraktekkannya secara lebih. Satu hal lagi yang kalian perlu pahami, disaat dosen atau teman yang menegur atau mengoreksi, itu merupakan tanda bahwa mereka perduli dan ingin kalian untuk menjadi lebih baik. Jadi jangan ditakuti ya! Seharusnya kalian bersyukur!

  • Add Your Comment