Danau Labuan Cermin Kalimantan Tak Kalah dengan Grüner See-nya Austria

Danau Labuan Cermin Berau Kalimantan Timur – Indonesia kaya akan pesona yang disuguhkan. Adat dan budaya yang beragam, dan juga tempat wisata di Indonesia yang menambah kekayaan keindahan negara yang berada di garis Khatulistiwa ini. Pulau Kalimantan, salah satu pulau yang memiliki daya pikat luar biasa. Hutan tropis yang menyuguhkan nuansa alami. Pulau ini memiliki kekayaan alam yang cukup besar, merupakan salah satu pulau yang wajib dinikmati keindahan alamnya. Tempat yang sangat mempesona yaitu di Danau Labuan Cermin.

Danau Labuan Cermin, Grüner See nya Kalimantan

DANAU LABUAN CERMIN BERAU

Danau Grüner See di Austria

Kalian pernah mendengar suatu tempat bernama Grüner See? Grüner See atau yang juga kerap dipanggil dengan sebutan Green Lake merupakan  sebuah danau yang berada di pedesaan Tragos, Austria. Uniknya, danau dengan air yang sangat jernih ini memiliki taman yang sangat indah didalamnya.

danau labuan cermin samarinda

Taman di Danau Grüner See

Adapun nama “Green Lake” tersebut berasal dari warna airnya yang seperti zamrud hijau yang sangat indah. Kondisi airnya yang bersih dan jernih berasal dari salju yang mencair dari pegunungan karst dan memiliki suhu sekitar 6-7 derajat Celcius. Sungguh sebuah tempat idaman untuk berlibur.

Jika kalian ingin merasakan sensasi berenang di danau jernih dengan pemandangan yang luar biasa, kalian tidak perlu jauh jauh menghabiskan banyak uang untuk pergi ke green lake di Austria, karena pemandangan seperti itu dapat kalian temui di Kalimantan Timur, lebih tepatnya di Danau labuan cermin di Kabupaten Berau.

danau labuan cermin

Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur

Disana kalian akan dikejutkan dengan pemandangan danau yang amat luar biasa. Warna air yang sangat indah disertai suasana alam yang damai akan membuat kalian terlena untuk menghabiskan waktu disana. Selain itu, kejernihan airnya yang sangat luar biasa membuat kapal yang berada di danau seolah-oleh terlihat melayang. Itulah mengapa danau ini dinamakan labuan cermin, karena airnya yang memang sebening cermin atau kaca.

Keindahan Pemandangan Danau Labuan Cermin Kalimantan

Sepanjang perjalanan kalian akan disambut dengan pemandangan indah hutan tropis yang masih alami. Seperti pohon sawit yang berjajar rapi. Juga ada pantai pasir yang indah. Lengkap dengan binatang-binatang liar seperti monyet dan burung-burung. Bisa dibilang capek dalam perjalanan, tapi semua akan terbayar ketika wisatawan sampai di tujuan, yaitu Danau Labuan Cermin. Bagi kalian yang hobi fotografi dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mengambil gambar sepuasnya.

danau labuan cermin

Labuan cermin lake

Setelah sampai di Danau Labuan Cermin, kalian akan terpana oleh keindahan yang menakjubkan . Air yang bening dan jernih seakan membuka mata untuk terus melihatnya. Bahkan ketika ada objek di atas air, Nampak seperti di atas kaca. Begitu pun dengan ranting-ranting yang di dasar danau dapat terlihat begitu jelas. Bahkan pasir laut pun terlihat dengan jelas.

Danau ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Hal ini ditandai dengan perbedaan jenis air di danau, yaitu air tawar dan air asin. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tidak jarang orang menyebutnya ‘Danau Dua Rasa’. Hal inilah yang menjadi latar belakang danau ini di namai Danau Labuan Cermin.

Danau Labuan cermin

Kejernihan Air di Labuan Cermin

Dasar danau yang dalamnya hingga 3 meter ini sampai terlihat dengan jelas karena begitu jernihnya. Akan tetapi, walau terlihat dangkal, kalian harus tetap waspada karena kedalaman sebenarnya danau ini mencapai 4 hingga 5 meter.

Tetapi untuk kalian yang belum mahir berenang, jangan bersedih hati. Sebab di sini juga menyewakan ban untuk melampung di atas air. Ada juga perahu yang akan membuat kalian menyusuri danau ini sepuasnya. Ditambah pemandangan yang indah, pepohonan yang mengelilingi danau ini, bakal membuat kalian betah berlama-lama di sini. Hutan tropis yang mengelilingi Danau Labuan Cermin menambah kesempurnaan danau berair jernih itu. Terlihat biru langit.

Kalian juga akan merasakan sensasi alam yang terkesan. Ini alasan danau indah yang satu ini dinamakan Labuan Cermin. Benar-benar jernih. Jadi ingin langsung melompat dan berenang.

Baca Juga : Taman Nasional Tanjung Puting

Keunikan Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin

danau labuan cermin derawan

Tidak hanya itu. Danau Labuan Cermin memiliki keunikan tersendiri. Keunikannya terletak dari dua jenis air yang berbeda. Ada perpaduan air tawar di permukaan air yag mengalir dengan tenang dan jernih, dan selisih di bawahnya ada aliran air asin yang mengalir berdampingan di danau tersebut. Tentunya suguhan seperti ini jarang kalian temui di danau lain. Kedua jenis air ini mengalir dengan harmonis tanpa terlihat batasnya. Unik kan? Seunik wajah kamu.. eaakk!

Biota di Biduk Biduk Labuan Cermin Lake

Karena memiliki dua jenis air, tentunya biota yang hidup di dalamnya juga berbeda. Ada jenis ikan air tawar, juga ada ikan air laut.
Karena keindahan dan keunikan yang tersaji, membuat danau ini dikunjungi banyak wisatawan. Kalian akan dapat melihat penyu dan satwa lain yang muncul ke permukaan.

Lokasi Labuan Cermin Berau

danau labuan cermin

Lokasi danau labuan cermin

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur. Perjalanan ke sini bisa ditempuh melalui perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Danau Labuan Cermin dikelola dalam naungan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin, atau disingkat Lekma lamin.

Baca Juga : Pulau Derawan Kalimantan Timur

Akses Perjalanan ke Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin

Transportasi di Labuan Cermin

Perjalanan menuju Danau Labuan Cermin bisa dibilang sedikit ribet dan juga memakan waktu yang cukup lama. Perjalanan ke Danau Labuan Cermin di mulai dari kota Kabupaten Berau, lalu menuju ke Tanjung Redep. Dari Tanjung Redep perjalanan dilanjutkan ke Kecamatan Biduk-biduk. Perjalanan dari Berau menuju Kecamatan Biduk-biduk memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam. Setelah sampai di sana banyak petunjuk arah untuk menuju Danau Labuan Cermin.

Perjalanan menuju Danau Labuan Cermin menggunakan kapal dari dermaga dengan harga sewa kapal sekitar Rp 200.000 untuk perjalanan pulang-pergi. Akan lebih murah jika kalian datang bersama rombongan.

Baca Juga : Liburan ala Pualu Pribadi di Pulau Randayan Singkawang

Akomodasi dan Paket Wisata Labuan Cermin

danau labuan cermin

Akomodasi Labuan Cermin

Di sini kalian bisa berenang sepuasnya. Juga snorkelling tanpa batas karena ada penyewaan alat snorkelling dan berenang. Untuk yang belum bisa berenang, daripada diam melihat pengunjung lain sedang asyik berenang, ada juga sewa perahu. Kalian akan menikmati pemandangan indah sepanjang danau. Namun, untuk yang ingin merasakan sensai air yang bening dan jernih kalian dapat menyewa pelampung.

Baca Juga : Snorkeling di Pulau Lemukutan Singkawang

Nah, bagaimana ulasan di atas? Tertarik kan untuk berkunjung ke sana? Buat kalian yang mau melakukan perjalanan, jangan lupa siapkan barang seperlunya saja. Kesehatan juga penting. Gak mau kan sakit di saat jalan-jalan? Maka dari itu jaga kesehatan ya.

  • Add Your Comment