contoh proposal

[Tinggal Edit] Contoh Proposal Usaha, Kegiatan, Bantuan Dana, Penelitian

Contoh Proposal –  Howdy Bornean! Bingung nyari contoh proposal yang bagus? kalian berada di tempat yang tepat! Proposal merupakan salah satu hal yang sangat penting saat kita ingin memulai suatu proyek atau pekerjaan. Ilmu membuat proposal sangatlah esensial bagi kalian yang ingin terjun ke dunia professional, baik dalam bisnis maupun pemerintahan.

Sebelum kalian men-download Contoh proposal keren, ada baiknya untuk mengetahui seluk beluk proposal yang baik dan menarik terlebih dahulu.

Pengertian Proposal

Proposal atau dalam bahasa Inggrisnya disebut propose yang berarti pengajuan, merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memperkenalkan suatu konsep, rencana atau blueprint dari suatu proyek  kepada yang berwenang dalam tujuan untuk mendapatkan persetujuan atau kepentingan lainnya, mulai dari dana atau bantuan.

contoh proposal
Contoh proposal

Proposal digunakan oleh siapapun yang ingin mengajukan sesuatu konsep yang mereka miliki kepada orang yang bertanggung jawab atau berkewenangan atas sesuatu, sebagai contoh investor, dosen, pemerintah, dll.

Adapun tujuan dari pengajuan proposal tersebut sangatlah bervariasi, mulai dari meminta persetujuan agar proyek atau rencana berjalan dengan baik, meminta kucuran dana, mengajukan kerjasama, dan atau kepentingan lainnya yang bersifat resmi. Dalam realisasinya, proposal digunakan di berbagai macam bidang, mulai dari pendidikan, event organizing, bisnis, sosial, dan banyak bidang lainnya.

Cara Membuat Proposal yang Baik, Benar dan Keren

contoh proposal usaha
Contoh proposal yang baik dan benar

Karena judulnya mengajukan, tentu kalia harus menyiapkan segala hal yang terbaik mengenai blue print proyek kalian, mulai dari konsep yang matang, detail, dan tentunya menarik. Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan agar kalian memiliki nilai jual yang tinggi dimata para penguji.  Bagaimana membuat proposal yang menarik, berikut tipsnya :

Tips membuat Proposal #1 :  Tulislah dengan Jelas dan Singkat

Saat kalian menulis proposal mengenai konsep yang akan kalian jalankan, jangan menggunakan bahasa yang telalu berlebihan (bahasa langit syurga), santai saja. Gunakanlah bahasa yang mudah dipahami dan jelas.

Contoh proposal penelitian
Illustrasi

Audience kalian mungkin belum tahu sama sekali mengenai konsep yang akan kalian buat, oleh karena itu sangat penting untuk membuat itu jelas, singkat dan to the point. Caranya? kalian dapat menceritakan konsep tersebut dengan kronologis, mulai dari masalah yang muncul, hingga ke penyelesaian masalahnya, dan urgensi pemikiran kalian.

Salah satu cara yang lain, kalian dapat membuat infografis atau tabel kronologis mengenai konsep yang akan dijalankan di awal proposal kalian, hal ini dilakukan agar pembaca dapat mengetahui secara umum apa yang kalian ingin sampaikan. Hasilnya, pembaca akan lebih siap untuk menerima informasi lebih dalam yang ada di bagian proposal kalian.

Tips membuat Proposal #2 : Tonjolkan Kelebihan dan Kendala yang dihadapi dengan Jelas

Kembali lagi ke inti sebuah proposal, yaitu sebuah pengajuan yang mana didalamnya terdapat 2 buah kepentingan, kepentingan sang pengaju dan investor/penguji. Oleh karena itu sangatlah penting bagi kalian untuk menceritakan secara jelas porsi kepentingan atau kerjasama di dalamnya. Apa yang kalian dan mereka butuhkan harus jelas tergambar di dalam proposal.

contoh proposal
Illustrasi

Tentu kepenting kedua belah pihak harus diperhatikan dengan baik agar tercapai kesepakatan dalam kerjasama, kalian tentunya memiliki kepentingan demi berjalannya proyek yang kalian ajukan. Hal yag sama juga berlaku pada pihak penguji, keuntungan apa yang akan mereka dapatkan.

Lebih gampangnya, apa manfaaat dan keuntungan proyek yang kalian tawarkan tersebut kepada investor atau penguji. Pastikan point ini dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami. Karena ini adalah inti / maksud dari sebuah proposal yang kalian tawarkan.

Apabila point ini mampu menarik mereka untuk berkerjasama, proposal kalian pasti akan diterima dengan mudah. Sama halnya di dunia pendidikan, apabila proposal kalian bermanfaat dan bisa djalankan denganbaik dan jelas, makan pasti juga akan diterima.

Caranya adalah dengan berusaha memahami kepentingan pihak investor atau penguji, cobalah untuk berfikir jika kalian berada di posisi mereka, dan kepentingan apa yang mereka inginkan.

Tips membuat Proposal #3 : Be Yourself!

Santai dan tetap menjadi diri sendiri dalam menulis, jangan terlalu kaku dengan format atau kebiasan orang dalam membuat proposal. Kreasikanlah sesuai dengan kebutuhan kalian! Tentu setiap proposal memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, ada yang memang formatnya sudah ditentukan seperti proposal skripsi, namun selain itu semuanya bebas kalian kreasikan.

contoh proposal kegiatan sekolah
illustrasi

Buatlah mereka terkesan dengan ketidakbiasaan-berdasar yang kalian miliki. Apa maksudnya? “Think out of the box” ini adalah tentang bagaimana kalian dapat menyampaikan sebuah ide dengan kemasan yang menarik berasarkan kebutuhan kalian, mulai dari bahasa, konsep & struktur proposal, dan lainnya.

Bagi penguji yang sudah fasih dengan proposal, pasti akan sangat terkesan jika kalian mampu membuat hal semacam ini. Beberapa satu contohnya ialah menggunakan desain illustrasi / gambar dramatis dalam mendeskripsikan point, atau membuat proposal berdasarkan alur masalah yang terjadi, tidak hanya berdasarkan format yang biasa di pakai orang!

Tips membuat Proposal #4: No Copy Paste!

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, usahakan untuk melakukan yang terbaik! karena tuhan tahu siapa yang benar-benar berusaha dan yang tidak. Bagi seorang yang sudah sering menangani dan menguji proposal, mereka akan sangat mengerti tentang hal ini. Dan pasti akan jadi penilaian tersendiri bagi mereka.

contoh prposal usaha makanan
Illustrasi

Cara mensiasatinya? boleh mencari referensi, tapi jangan sampai itu menghalangi kreatifitas kalian untuk berfikir. Lakukan perombakan dan pernyesuaian berdasarkan kebutuhan kalian. Intinya, selalu pertimbangkan faktor ini, jangan hanya ingin menjadi yang biasa.

Tips membuat Proposal #5 : No Typo!

Usahakan untuk selalu mengecek tulisan sebelum menyelesaikannya. Hal ini juga sangat penting untuk dilakukan, karena sang penguji dapat melihat keseriusan dan kinerja kita dari hal ini. Jika menulis konsepnya saja banyak yang salah, mungkin saja pengerjaannya nanti tidak dilakukan dengan serius pula. Usakan untuk memberikan usaha yang terbaik dalam proposal kalian!

Tips membuat Proposal #6 : Desainlah dengan Menarik!

Memang tidak berdampak langsung dengan konsep yang akan kalian bawakan, namun desain proposal dapat menjadi daya tarik tersendiri. Point juga ini dapat menggambarkan keseriusan kalian dalam menggarap proyek yang akan kalian tawarkan.

contoh proposal
Desain proposal keren

Istilah “don’t judge the book by its cover” muncul karena memang banyak orang yang “men-judge book by its cover”. Kebanyakan orang melihat kemasan dan penampilan sebelum ingin mengetahui lebih dalam.

Selain untuk menarik pembaca untuk mengetahui lebih dalam, poin ini juga sangat berguna untuk “me-maintenace” atau menjaga perhatian pembaca, buatlah mereka terkesan dengan setiap halaman yang mereka buka. Rebutlah hati mereka agar semua berjalan dengan lancar.

Struktur Proposal Secara Umum

Jika kalian masih bingung untuk membuat proposal versi kalian sendiri, kalian dapat mempelajari struktru proposal secara umum. Struktur ini bukanlah sebuah yang baku, kalian dapat menyeleksi mana menuruk kalian point yang penting untuk kalian sampaikan.

1. Latar Belakang / Penjabaran Masalah

Point latar belakang atau penjabaran masalah biasanya ditempatkan diawal proposal. Point ini berguna untuk menyamakan persepsi antara pembaca dan penulis bahwa ada masalah yang sangat penting untuk diselesaikan. Penting dalam sudut pandang penguji maupun penulis, sehingga adalah sebuah hal yang penting pula untuk membahas proposal tersebut secara lebih lanjut.

Pastikan penjabaran masalah ini mampu untuk mengetuk pemikiran dan hati sang pembaca, dengan itu mereka akan tertarik dan fokus untuk membaca proposal kalian lebih dalam. Berikan kesan pertama yang baik dengan menyiapkan penjabaran masalah yang memang penting dengan mendasar, kronologis, dan jelas tentunya.

Kalian dapat memulai dengan kata kata yang menyentuh atau memberikan data faktual mengenai masalah atau latar belakang yang terjadi. Intinya berikan kesan pertama dengan baik.

Baca Juga : Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

2. Tujuan / Solusi yang di Tawarkan

 Point selanjutnya yang harus ada dalam sebuah proposal ialah pemaparan tujuan dan solusi yang ditawarkan dalam rangka menyelesaikan masalah. Bagian ini adalah salah satu bagian yang paling menarik untuk di simak. Bagaimana kalian mencoba untuk menyampaikan ide/konsep berdasarkan masalah yang ada.

Pastikan solusi dan tujuan yang kaliat tawarkan dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Selain itu kalian dapat menentukan tujuan kalian dengan formula S.M.A.R.T : Specific, Measurable, Achievable, Realistic, dan Time-Based.  Dengan menggunakan formula diatas, tujuan kalian akan mudah dijalankan.

3. Bentuk Realisasi Konsep

Setelah pemaparan tujuan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan bentuk realisasi dar tujuan tersebut. Bentuk pengerjaan dilapangan ini harus diceritakan dengan detail, mulai dari bagaimana cara kerjanya, siapa yang mengerjakan maupun objeknya, waktu pelaksanaan, durasi, dan hal hal penting lainnya terkait penyelenggaran ide kalian.

4. Budgeting

Bagian yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Bagaimana alur uang yang dibutuhkan agar konspe kalian dapat berjalan dengan baik. Mulai dari awal pengerjaan hingga post eksekusi, semua dana yang diperlukan harus dicantumkan dengan detail. Bagian ini biasanya dibutuhkan sebagai dasar bagi para investor, berapa dana yang harus mereka kucurkan berdasarkan pemaparan proposal kalian.

Baca Juga : Contoh CV Bahasa Inggris

5. Tawaran Kerjasama / Perjanjian

Bagian ini sangatlah penting untuk dicantumkan dalam proposal kalian. Kalian harus mencantumkan bagaimana bentuk kerjasama atau perjanjian yang kalian coba tawarkan kepada para investor. Apa feeback atau keuntungan yang kedua belah pihak dapatkan dari kerjasama ini.

Kumpulan Contoh Proposal Keren

Sesudah memahami bagaimana bentuk proposal yang baik dan benar, selajutnya admin akan berbagi beberapa contoh proposal yang dapat kalian langsung download dan edit dengan sesuka hati. Tapi pastikan untuk tetap mengedit dengan bahasa kalian sendiri agar tetap otentik.

1. Contoh Proposal Usaha

Pada dasarnya setiap proposal memiliki karakterstik tersendiri, semuanya tergantung dengan kebutuhan dan tujuan kalian. Untuk proposal usaha, biasanya ditujukan untuk mencari investor atau dana segar guna keberlangsungan suatu usaha. Sebagai contoh, berikut contoh proposal usaha:

Untuk melihat contoh proposal kerjasama : Klik > Contoh Proposal Usaha

2. Contoh Proposal Kegiatan

Untuk melihat contoh proposal kerjasama : Klik > Contoh Proposal Kegiatan 

3. Contoh Proposal Bantuan Dana/ Pengajuan Dana

 

4. Contoh Proposal Kerjasama

Untuk melihat contoh proposal kerjasama : Klik > Contoh Proposal Kerjasama 

5. Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Untuk melihat contoh proposal kerjasama : Klik > Contoh Proposal Kegiatan Sekolah 

 

6. Contoh Proposal Bisnis

 

1 thought on “[Tinggal Edit] Contoh Proposal Usaha, Kegiatan, Bantuan Dana, Penelitian

Leave a Comment