Contoh Proposal Kegiatan Sekolah, Kampus ,Futsal & Pramuka KEREN!

Contoh Proposal Kegiatan – Howdy Bornean! Bagi kalian yang ingin menggeluti dunia event organzing atau penyelenggaraan event, proposal menjadi salah satu element yang harus kalian kuasai terlebih dahulu. Tanpa menguasai ilmu pembuatan proposal, kalian pasti akan kesulitan untuk berkecimpung di dunia EO.

Dalam dunia Event Organizing, proposal memainkan peran yang sangat sentral. Tanpa proposal kalian pasti akan sangat kesulitan untuk mencari dana dari para investor/sponsor. Sebuah proposal kegiatan harus dapat mempresentasikan keseluruhan ide yang kalian punya. Selain itu, proposal juga harus memiliki nilai jual di hadapan para sponsor. Bagaimana contoh proposal kegiatan yang baik dan memiliki nilai jual di mata sponsor? berikut pembahasannya :

Pengertian Proposal Kegiatan

Satu hal yang harus kalian ketahui dan pahami, proposal memiliki bentuk dan format berbeda-beda satu dengan yang lain tergantung dengan penggunaannya, mulai dari proposal kerjasama, proposal bantuan dana, proposal kegiatan dan proposal penelitian. Kesemuanya memiliki bentuk dan format yang berbeda-beda, namun esensinya tetap sama yaitu memperkenalkan/ mempresentasikan sebuah ide di dalam kertas agar lebih mudah untuk dipahami oleh orang yang berkepentingan.

contoh proposal kegiatan

Illustrasi

Siapakah orang yang berkepentingan tersebut? tentu merupakan orang / instutusi yang kita ajukan proposal kepada mereka, bisa jadi orang yang bertanggung jawab atau berkewenangan atas sesuatu, sebagai contoh investor, dosen, pemerintah, dll.

Ciri khas dari proposal kegiatan, biasanya proposal ini digunakan untuk mencari sponsor guna terselenggaranya acara dengan baik. Yang dimaksud sponsor ialah orang/individu yang dapat memberikan bantuan, baik berupa dana ataupun dukungan lainnya dalam acara tersebut. Oleh karena itu, isi dari proposal ini biasanya hanya terdiri dari deskripsi kegiatan dan garis besar kerjasama/bantuan yang ingin diadakan.

Struktur Proposal Kegiatan

Setiap jenis proposal memiliki strukur dan bentu masing masing, tergantung dengan kebutuhannya. Kalian juga dapat memilah sendiri bagian mana yang dirasa penting untuk dicantumkan di dalam proposal. Berikut strukur proposal yang dirasa penting untuk dicantumkan berserta penjelasannya :

1. Surat Pengantar Proposal

contoh proposal kegiatan

Illustrasi

Surat pengantar dalam proposal kegiatan sangatlah penting. Apalagi jika Event organizer kalian masih belum dikenal banyak orang. Orang akan cenderung tidak percaya dengan EO yang belum dikenalnya, oleh karena itu surat pengantar sangatlah penting untuk menimbulkan rasa percaya sponsor bahwa proposal tersebut tidak abal-abal dan bisa dilacak siapa pembuatnya.

Kesan resmi dan professional juga akan mucul ketika kalian menyertakan surat pengantar pada proposal kalian. Jangan lupa untuk mencantumkan contact person pada proposal atau pada surat pengantar tersebut, agar sponsor dapat dengan mudah menghubungi kalian jika sudah ada perkembangan.

2. Profil Penyelenggara

Sesuai dengan pernyataan sebelumnya, bahwa sponsor akan lebih mempercayai EO yang sudah mereka kenal. Kalian harus berusaha untuk memperkenalkan diri kalian di dalam proposal tersebut. Mulai dari menyertakan informasi umum seputar perusahaan seperti alamat, kontak, hisory berdiri, hingga portofolio kegiatan yang sudah pernah kalian selenggarakan.

contoh proposal kegiatan

illustrasi

Cobalah untuk berfikir dengan sudut pandang sang sponsor, mereka tentu tidank ingin uang atau usaha mereka hilang sia-sia hanya karena penyelenggara yang tidak becus dalam menyelenggarakan kegiatan. Mereka tentu akan dengan selektif memikirkan ini, oleh karena itu dengan adanya portofolio kegiatan yang pernah kalian selenggarakan, tentu akan membuat mereka yakin bahwa kalian memang bagus dan berpengalaman.

Jikalaupun belum, kalian harus berusaha untuk meyakinkan mereka bahwa mereka tidak salah untuk memberi kalian dana, salah satu cartanya ialah dengan kepastian keuntungan, kejelasan konsep dan penyelenggaran di lapangan.

3. Konsep Kegiatan

Bagian ini merupakan yang paling pentig dalam proposal kegiatan. Konsep kegiatan inilah yang akan kita jual ke para sponsor. Oleh karena itu, bagian ini haruslah dikemas dan dikonsep dengan sangat detail, rapi dan sempurna guna meyakinkan para sponsor bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan yang setimpal ketika memberikan bantuan.

contoh proposal kegiatan

illustrasi

 Dalam bagian konsep kalian dapat menjelaskan element – elemet penting dalam kegiatan, seperti tanggal dan tempat pelaksanaan, bentuk kegiatan, rundown acara, talent penghibur, dekorasi venue, dan lainnya. Pastikan untuk mengemasnya dengan detail dan menarik.

4. Budget Plan

contoh proposal kegiatan outdoor

illustrasi

Bagian ini juga sangat penting untuk dilampirkan, karena merupakan dasar bagi para sponsor untuk menentukan porsi sponsorship mereka. Apakah mereka menjadi sponsor utama ataupun pendukung.  Dengan adanya budget plan, panitia juga dapat memprediksi jumlah sponsor yang harus mereka dapatkan guna terselenggaranya acara.

5. Feedback / Keuntungan Sponsor

Berbeda dengan jenis proposal lainnya, para sponsor kegiatan biasanya lebih memilih mengalokasikan dana yang mereka punya di sebuah event/kegiatan dengan tujuan untuk branding atau memperkenalkan produk/merek yang mereka punya dan tidak terlalu berorientasi pada keuntungan berupa uang.

contoh proposal kegiatan

Illustrasi

Para sponsor biasanya lebih mempertimbangkan berapa jumlah orang yang dapat hadir di acara tersebut, segmentasi orang yang datang, dan tingkat keberhasilan branding lainnya. Walaupun biasanya ada juga para sponsor yang ingin mencari keuntungan berupa uang  dalam sebuah event, tapi ini biasanya jika mereka menjadi sponsor utama yang menanggung seluruh biaya yang diperlukan.

Hal – hal seperti itulah yang dapat kalian ramu menjadi sebuah formula penawaran kepada para sponsor kegiatan. Kalian dapat memberikan penawaran yang berorientasikan pada branding merek atau produk. Cantumkan dengan jelas dan detail pada bagian ini. Selain itu juga cantumkan kompensasi atau feedback yang harus sponsor berikan kepada kalian sebagai penyelenggara.

 Contoh Proposal Kegiatan

Sesudah mengetahui struktur yang penting untuk dicanumkan di dalam proposal, berikutnya kita akan membahas tentang contoh proposal kegiatan. Kalian dapat menjadikannya sebagai referensi dan mendownloadnya. Klik download pada bagian bawah artikel ini :

Contoh Proposal Kegiatan Sekolah

Contoh proposal kegiatan sekolah ini membahas mengenai kegiatan eksebisi dan perlombaan yang diadakan disekolah. Berikut contohnya :

1. Contoh Proposal Class Meeting : Cover Proposal

contoh proposal kegiatan

cover contoh proposal classmeeting

Cover proposal kegiatan juga memiliki peran yang sangat signifikan dalam sebuah proses negosiasi. Bagi mereka yang para sponsor yang sudah menerima banyak sekali proposal, hanya dengan meilihat cover, mereka dapat memprediksi bagus atau tidaknya suatu acara. Pengerjaan cover yang baik dan detail dapat mencerminkan bagaimana kinerja dan keseriusan panitia dalam menyelenggarakan sebuah acara.

 2. Surat Pengantar Proposal

contoh surat kegiatan

Illustrasi

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, bagian ini sangatlah penting untuk menyatakan bahwa proposal tersebut memang resmi dan asli di buat oleh OSIS SMAN 78 Jakarta.

2. Profil Penyelenggara Kegiatan/ Profil EO

contoh proposal kegiatan

Contoh Profil Penyelenggara

Ini merupakan salah satu contoh bagaimana memperkenalkan pengalaman dan pengetahuan kalian di bidang EO dengan cara yang sangat mudah. Cukup berikan foto beserta portofolio event yang kalian miliki. Intinya sang sposnor perlu bukti bahwa kalian sudah berpengalaman.

3. Konsep Kegiatan

contoh proposal kegiatan

Bentuk Kegiatan

Sedangkan gambar diatas merupakan contoh dari bentuk yang termasuk dalam konsep kegiatan. Pada bagian konsep kegiatan, kalian dapat menjelaskan secara detail tiap-tiap kegiatan yang akan kalian adakan serta potensi audience dan keunggulan acara tersebut. Ini akan sponsor lebih mudah untuk membaca dan mempertimbangkan proposal kalian, apakah sesuai atau tidak dengan kebutuhan mereka.

4. Budget Plan

contoh proposal kegiatan

Budget proposal kegiatan

Kalian dapat mencantumkan budget plan/budget perkiraan dalam proposal kalian. Penycantuman budget sangatlah penting agar para sponsor dapat memperkirakan pula jumlah bantuan yang mereka berikan.

5. Lembar Penawaran Kerjasama

contoh proposal kegiatan

Skema Penawaran

Pada bagian ini kalian menyampaikan apa kewajiban dan hak dari sponsor yang kalian tawarkan. Dengan adanya lembar ini, kalian dan sponsor akan lebih mudah dalam bernegosiasi mengenai kesepakatan kerjasama nantinya.

“Buatlah Proposal Versi Kalian Sendiri!”

Mungkin kalian selama ini mengetahui bentuk proposal yang terlihat kaku dengan covernya yang biasa saja. Cobalah untuk berfikir dari sudut pandang sang sponsor, tentu mereka tidak ingin menghabiskan uang mereka untuk sesuatu yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memberikan perhatian yang lebih dalam membuat  proposal kegiatan. Karena itu merupakan salah satu “first impression” yang harus kalian manfaatkan.

Download Proposal Kegiatan:

contoh proposal

Download Lebih banyak lagi : Contoh Proposal

Baca Juga : Contoh Proposal Kerjasama & Contoh Proposal Usaha

Itulah tadi berberapa penjelasan dan contoh proposal kegiatan. Semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi kalian semua dalam membuat proposal dan menyelenggarakan event. Sekian dan terima kasih!

  • Add Your Comment