contoh iklan produk dalam bahasa inggris

Contoh Iklan Produk Dalam Bahasa Inggris

Contoh Iklan Produk Dalam Bahasa Inggris  – Seorang pemilik bisnis atau usaha harus memiliki kemampuan dasar dalam menulis atau membuat iklan dengan baik. Karena hampir semua bisnis memerlukan promosi untuk keberlansungannya. Banyak sekali kasus, orang-orang  menghabiskan jutaan rupiah untuk iklan yang tidak efektif dan tidak memiliki dampak pada image perusahaan dan penjualan.

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah usaha. Karena perannya yang sangat fundamental, maka diperlukan pengetahuan dan kemampuan untuk membuat iklan yang efektif dalam penjualan.

Iklan dapat diterapkan dalam berbagai macam media, mulai dari brosur, email, handout, majalah dan surat kabar, iklan online, situs web, dan lainnya. Semua itu harus dikemas dengan sedemikian rupa agar dana yang kalian alokasikan dapat bermanfaat dan kembali berkali-kali lipat.

Kali ini admin akan berbagi seputar tips membuat iklan yang efektif yang dapat diterapkan diberbagai media beserta contoh iklan produk dalam bahasa inggris.

Cara Membuat Iklan Produk yang Baik, Efektif dan Menarik

Membuat Iklan saja tidak lah cukup. Kalian harus memperhatikan setiap detail dari iklan yang kalian buat agar menjadi dapat membawa efek bagi usaha kalian.

1. Apa keunggulan produk anda dibanding produk lain?

Pikirkan apa yang mambuat pelanggan potensial kalian membeli produk kalian dibandingkan dengan produk lainnya.  Hal tersebut lah yang harus menjadi fokus pada iklan kalian. Tujukkan kepada pelanggan kalian bahwa kalian lebih menonjol dibanding pesaing.

Pola pengiklanan seperti ini juga sering disebut unique selling propostion , sering disebut dengan slogan, seperti yang tercantum dalam buku “reality” yang ditulis oleh Rosser Reeves.

contoh iklan produk dalam bahas inggris
Keunggulan Produk

Penjelasan mengenai  slogan  ialah setiap iklan harus memiliki proposisi ke konsumen, bukan hanya sekedar kata-kata dan mengiklankan produk. Setiap iklan harus mengatakan : “Beli produk ini, untuk kepentingan tertentu”.

Berikut adalah beberapa contoh slogan produk:

Head & Shoulders: “Anda menyingkirkan ketombe”

Anacin “Cepat, cepat, sangat cepat lega”

Domino Pizza: “Anda mendapatkan segar, panas pizza dikirim ke pintu Anda dalam 30 menit atau kurang-atau gratis.”

FedEx: “. Ketika paket Anda benar-benar, positif harus ke sana semalam”

M & Ms: “Meleleh di mulut Anda, tidak di tangan Anda.”

Southwest Airlines: “Kami adalah maskapai bertarif rendah.”

Apa yang membuat kalian berbeda? Unik? Apa yang kalian miliki yang orang lain tidak? Ini adalah jenis slogan cari.

Perlu diingat bahwa setiap USP/slogan hampir lebih baik ada daripada tidak, dan ini dapat berubah dan disempurnakan kemudian. Tuliskan pada kertas dan keluarkan ide0ide brilliant kalian!

2. Gunakan Headline yang Powerful: Ambil Perhatian mereka!

Menarik perhatiaon memerlukan keterampilan dan praktek yang cukup. Pada dasarnya orang hanya dapat membaca iklan kalian dengan cepat. Ditambah lagi banyak iklan – iklan lain yang serupa. Tidak mungkin mereka membaca iklan kalian, kecuali iklan tersebut menarik perhatan mereka.

contoh iklan produk dalam bahas inggris
Tentukan Headline

Dengan menarik perhatian mereka, kalian dapat menjaga mereka untuk membaca iklan tersebut hingga tuntas. Salah satu penarik perhatian adalah dengan menggunakan Judul/ headline yang menarik.

Adapun sebuah Headline yang efektif ialah headline yang mampu memainkan dan menyentak rasa ingin tahu seseorang. Dorongan tersebutlah yang akhirnya memaksa seseorang untuk mencari tahu lebih dalam.

Berdasarkan penelitian oleh John Caples, terdapat 4 jenis headline yang dapat kalian jadikan referensi :

  • Membahas Kepentingan bagi pembeli

Jenis Headline ini akan menarik calon pembeli dengan langsung memberitahu manfaat produk yang kalian jual kepada mereka. Saat penulisan headline seperti ini, berasumsilah bahwa calon pembeli Anda adalah orang yang tidak perduli , skeptis, dan  tidak punya waktu untuk membaca iklan kalian.

Kalian selalu berfikir dari sudut pandang calon pembeli dengan berfikir “apa manfaat produk ini bagi mereka?”. Sebagai contoh : “ingin terlihat kurus dalam 10 hanya dengan 10 menit per hari?”, “ Cara menigkatkan omset secara tiba tiba dalam 2 minggu”, dan banyak lagi lainnya.

  • Headline Jenis Berita

Jenis Headline seperti ini sangat bermanfaat untuk kalian yang sudah memiliki basis pelanggan. Pendekatan ini memungkinkan calon pembeli untuk langsung mendapatkan informasi mengenai sesuatu yang tidak mereka ketahui. Headline ini juga sering digunakan saat peluncuran sebuah produk.

Berikut contoh headline dengan pendekatan berita: “Memperkenalkan, produk pengurus terbaru!”, “ WOW, Smartphone terbaru kami akan membuat smartphone Anda terasa ketinggalan zaman.”

  • Headline Berdasarkan Rasa Keingintahuan

Tipe Headline ini berisi pertanyaan atau tantangan yang memancing rasa penasaran calon pembeli kalian sehingga tergoda untuk  mencari dan mengetahui informasi lebih dalam tentang produk yang diiklankan.

Beberapa contoh headline dengan pendekatan ini yaitu:

“Dapatkan mobil Anda melakukan ini??”

“Diet ketat membuat kurus?, bagaimana jika kami bilang tidak??”

  • Headline dengan menawarkan Cara Cepat Dan Mudah

Judul seperti ini menawarkan sebuah solusi konkrit yang menjadi nilai jual sebuah produk. Headline jenis ini biasanya cocok untuk produk jasa, pengembangan diri, atau produk lain yang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam menyelesaikan masalah calon pembeli. Headline jenis ini biasanya juga di lengkapi dengan angka untuk menambah daya tarik.

Contoh headline dengan pendekatan seperti ini:

“Percaya diri  ngomong bahasa Inggris hanya dalam 1 bulan.”

“ Kulit hitam  Anda 2 kali menjadi putih dalam 1 minggu atau kami kembalikan uang anda.”

3. Buat Sebuah Penawaran yang Tidak Bisa Mereka Tolak!

Para konsumen cinta  dengan harga murah. Dengan penawaran yang baik, akan menarik mereka untuk mencari informasi lebih dalam dan bekunjung kembali.

contoh iklan produk dalam bahas inggris
Illustrasi

Kalian dapat menawarkan harga diskon special, percobaan gratis, pengiriman gratis atau pemaketan gratis sebagai penawaran menarik pada iklan kalian.  Penawaran yang menarik akan sangat membantu kesuksesan iklan kalian.

Setelah Anda datang dengan tawaran menarik Anda, pastikan bahwa Anda beriklan dengan bangga. Ketika orang melihat bahwa Anda memiliki sesuatu yang besar untuk menawarkan mereka, mereka akan memiliki waktu yang sulit menolak itu.

4. Buat Penawaran yang  Bebas Risiko bagi Pelanggan. 

Pelanggan gugup tentang menghabiskan uang mereka. Ada terlalu banyak penipuan dan produk berkualitas rendah di luar sana. Orang khawatir bahwa mereka akan membuang-buang uang mereka dengan membeli produk yang belum mereka ketahui secara pasti kualitasnya.

contoh iklan produk dalam bahas inggris
Ilustrasi

Berusahalan untuk menghapus keraguan para pembeli, salah satunye dengan memberikan kesempatan untuk mecoba produk. Ide tersebut sangat baik untuk menunjukkan bahwa produk yang kalian jual memang berkualitas dan tidak beresiko. Kalian dapat mencantumkan informasi ini di iklan kalian.Selain itu, kalian juga dapat menggunakan jaminan garasnsi uang kembali untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

5. Penggunaan Kata-Kata persuasif

Jangan hanya memberitahu pelanggan potensial kalian tentang apa yang perusahaan kalian ditawarkan. Namun, dorong mereka untuk  mengambil tindakan. Katakan kepada mereka secara langsung memesan produk kalian, membayar untuk layanan kalian, dll

contoh iklan produk dalam bahas inggris
Ilustrasi

Misalnya, Anda “ajakan untuk bertindak” dapat mendorong orang untuk menelfon kalian untuk informasi lebih lanjut, untuk mengisi formulir untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan Anda, untuk bergabung mingguan atau bulanan newsletter email Anda atau untuk membeli produk atau jasa Anda. Bahkan bisa mengarahkan pengguna untuk mengklik iklan Anda untuk membawa mereka ke website  kalian, bukan hanya melihat iklan.

6. Desak Pembeli untuk membeli sekarang juga!

Ketika orang melihat iklan dan berpikir untuk membelinya nanti, mereka mungkin benar-benar berarti untuk melakukannya. Tapi, orang yang paling sering melanjutkan kehidupan mereka dan melupakan semua tentang iklan dan produk yang pernah menarik perhatian mereka.  Oleh karena itu, Anda harus mendorong orang untuk bertindak sekarang daripada nanti.

Buatlah produk kalian sebagai urgensi. Misalnya, kalian dapat membuat tawaran menarik dengan waktu yang terbatas. Jika orang melihat bahwa mereka hanya memiliki waktu yang telah ditentukan, seperti beberapa jam atau hari, mereka akan lebih cenderung untuk bergerak sekarang daripada nanti.

Banyak orang beranggapan bahwa mereka akan bisa mendapatkan kesepakatan yang sama di kemudian hari. Tetapi jika mereka tahu bahwa mereka tidak bisa, mereka akan lebih mungkin untuk mengambil kesepakatan sekarang. Terlepas dari bagaimana cara kalian, sangat penting untuk membiarkan klien potensial kalian tahu bahwa sekarang adalah waktu untuk bergerak.

7. Desain Iklan Mudah Dipahami dan Menarik

Bagian ini merupakan bagian yang juga harus kalian pertimbangkan dalam pembuatan iklan yang efektif. Pastikan desain yang kalian buat menarik dan jelas untuk dibaca. Menarik dapat diartikan sebagai penarik perhatian pelanggan. Pembahasan ini biasanya dibahas secara lebih dala dalam kelas Desain komunikasi visual. Pastikan desain yang kalian buat unik dan mampu membuat orang tertahan untuk melihat iklan kalian.

Selain itu, pastikan informasi yang dimuat di kemas secara efektif, terkonsep dan tidak berlebihan. Masukkan kata-kata penarik perhatian yang telah dibahas di bagian selanjutnya. Jangan lupa untuk menyertakan kontak atau tempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Baca juga : contoh brosur dalam bahasa inggris

Contoh Iklan Produk Dalam Bahasa Inggris

1. Contoh Iklan Produk Mouthwash dalam Bahasa Inggris

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan Pembersih Mulut

Contoh iklan produk dalam bahasa inggris yang satu ini tergolong iklan berjenis display. Yang mana lebih menonjolkan illustrasi atau gambar untuk menarik perhatian dan sarat akan pesan. Iklan yang sangat unik bukan? Sepasang suami istri yang sedang tidur menggunakan penutup mata, namun sang istri mengenakannya dihidung karena tidak tahan dengan bau mulut sang suami. Ditambah lagi dengan kata  “Use it Properly” yang berarti gunakan itu dengan benar.

2. Iklan Surat Kabar

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan Surat Kabar

Apa yang kalian pikirkan saat melihat iklan ini ? Pada sudut bawah iklan surat kabar ini tertulis “Immerse yourself in the news, first thing every weekday morning. Cape times know all about it” yang berarti “Bawa diri mu seakan-akan didalam berita, hal pertama di setiap pagi hari. Cape times mengetahui semua tentang itu”. Contoh iklan produk dalam bahasa inggris ini memperlihatkan seorang wanita yang masih menggunakan piama tidur di pagi hari berada di daerah peperangan. Gambar tersebut mendeskripsikan slogan atau USP dengan konsep yang sangat matang dan cerdas. Iklan ini membuat orang bertanya-tanya dan penasaran tentang makna yang terkandung.

3. Iklan Produk Event Sepeda

contoh-iklan-produk-dalam-bahasa-inggris-gowes
Iklan Sepeda

Iklan diatas merupakan iklam untuk sebuah event sepeda. Contoh iklan produk dalam bahasa inggris ini terlihat simple dan menarik. Dilengkapi dengan illustrasi gambar yang menggambarkan kota dan bersepeda. Pesan yang terdapat di iklan ini juga sangat simple,jelas,  elegan, mudah dibaca dan tidak bertele-tele.

Baca Juga : Contoh iklan lowongan Pekerjaan dalam bahasa inggris

4. Contoh Iklan Produk  Sabun Dalam Bahasa Inggris

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan sabun dalam bahasa inggris

Yang satu ini adalah iklan sebuah produk sabun. Produk ini menonjolkan kelebihan dari produknya yaitu berupa kesegaran yang tiada tara. Konsep contoh iklan produk dalam bahasa inggris ini sangatlah menarik dengan memnuculkan seorang lelaki yang seolah-olah tubuhnya menjadi Gurun Salju yang segar disaat mandi menggunakan sabun ini. “Become one of the freshest smelling places on earth, Old Spice” yang berarti “Jadilah tempat yang paling tersegar di Planet Bumi”.

5. Contoh Iklan Produk Mc Donald dalam Bahasa Inggris

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan FrechFries

Iklan ini merupakan iklan salah satu brand kenamaan di bidag makanan, yaitu Mc Donald. Adapun, contoh iklan produk dalam bahasa inggris ini merupakan jenis iklan reminder atau pengingat yang mana berusaha untuk mengingatkan dan memperkuat brand mereka yang telah besar. Pada iklan ini terdapat sebuah kentang segar  yang dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk kemasan frechfries. Iklan ini memberi kesan alami dan kesegaran makanan yang disajikan.

6. Contoh Iklan Produk Melayang dengan Konsep Menarik

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan Melayang

Jika kalian melihat iklan ini, pasti kalian akan langsung terheran-heran. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, sebuah iklanharus dapat menarik perhatian agar pembaca dapat terfokus untuk menerima informasi yang ingin disampaikan. Untuk menarik perhatian,  dapat didapati dengan konsep atau desain iklan yang unik, tidak biasa dan menarik. Iklan ini menggunakan konsep iklan yang menarik dan tidak biasa dengan menggunakan balon untuk menerbangkan baliho ke udara. Sungguh ide yang sangat kreatif !

7. Contoh Iklan Produk Tempat Tidur dalam Bahasa Inggris

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan Tempat Tidur

Dapatkah kalian menangkap pesan dalam iklan ini? sungguh lucu dan menarik bukan? Pembuat iklan berusaha menyampaikan betapa nikmat dan enaknya tidur di tempat tidur ini, sampai-sampai maling yang ingin mencuri pun terlena dan terlelap olehnya. Sungguh konsep iklan yang unik dan menarik.

8. Contoh Iklan Produk Saus Super Pedas dalam Bahasa Inggris

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan Saus Super Pedas

Apakah kalian terheran-heran melihat baliho ini? baliho ini bukanlah terbakar, namun ini merupakan bagian dari konsep iklan yang sengaja membuat baiho seperti itu. Pembuat berusaha menyampaikan sensasi pedas dan panas saus dengan membuat efek baliho yang terbakar oleh saus tersebut. Jika kalian melewati jalan ini, pasti kalian akan terbengong-bengong dan terfokus ke contoh iklan produk dalam bahasa inggris yang satu ini.

9. Contoh Iklan Produk  Softlens dalam Bahasa Inggris

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
Iklan Softlens

Konsep iklan ini juga sangat menarik, menggunkan ilustrasi mata yang melihat dengan gamabr yang jerih dan buram. Iklan ini berusaha menunjukkan konsep penggunaan softlens, disaat memakai dan tidak memakai.

Baca juga : Contoh iklan dalam bahasa inggris beserta artinya

10. Contoh Iklan Minuman dalam Bahasa Inggris

contoh iklan produk dalam bahasa inggris
iklan minuman

Ingin awet muda? minum lah air putih secara teratur. Iklan ini merupakan iklan minuman air putih. Pada iklan ini terdapat seorang pria yang mengenakan kaos dan seolah-olah kembali menjadi anak kecil ketika meminum air ini. Sang pembuat berusaha menyampaikan pesan kemurnian dan kealamian produk air tersebut sehingga sangat berguna pada kesehatan seseorang.

Baca Juga : Contoh iklan dalam bahasa inggri beserta artinya, contoh iklan lowongan perkerjaan dalam bahasa inggris, & Contoh advetisement dalam bahasa inggris.

Itulah tadi contoh iklan produk dalam bahasa inggris dan tips untuk membuat iklan yang efektif. Semoga dapat menginspirasi kalian untuk membuat iklan yang menarik dan efektif tentunya bagi bisnis yang kalian jalani. Sekian dan Terima Kasih!

2 thoughts on “Contoh Iklan Produk Dalam Bahasa Inggris

Leave a Comment