Bagaimana Cara Menjadi Wanita yang Baik Menurut Islam ?

Cara Menjadi Wanita Muslimah Solehah yang Baik

Cara Menjadi Wanita yang Baik – Setiap manusia diberi kewajiban untuk terus belajar hingga akhir hayat ,tidak peduli apakah dia wanita ataupun pria, tua atau muda, sakit atau sehat. Disaat mereka memutuskan untuk berhenti belajar, maka sama saja untuk memilih tidak berkembang dan tidak menjadi lebih baik.

Wanita memiiki peran yag sangat penting dalam berbagai hal. Mulai dari hidup berkeluarga, menjadi seorang istri dan ibu yang baik, serta berdampak bagi lingkungan dan kehidupan yang lebih luas. Seiring dengan perannya yang sangat penting, maka keinginan untuk terus belajar menjadi individu yang lebih baik harus selalu tertanam.

Adalah impian bagi setiap manusia untuk menjadi seseorang yang sholih atatu sholehah. Agar kita dapat menjadi harta amal jariah bagi kedua orang tua kita. Jika ditilik lebih dalam mengenai makna sholeh  yaitu memiliki makna selalu berusaha menjadi baik. dalam artian kita selalu belajar dan terus memperbaiki diri kearah yang lebih baik.

Wanita dalam Islam

Wanita memiliki kedudukan yang sangat mulia dalam islam. Alangkah sangat beruntungnya menjadi seorang wanita jika kalian mengetahui keistimewaannya. Al Quran dengan sangat jelas menerangkan tentang kedudukan wanita dalam kehidupan. Tergambar jelas dengan adanya satu surah yang bermakna An-Nisa”. Selain itu, rasullah SAW ketika ditanya siapa orang yang paling berhak untuk dihormati, beliau menjawab “ Ibumu” sebanyak 3 kali. Sungguh begitu mulia kedudukan wanita dalam islam.

Keistimewaan sorang wanita tidak datang begitu saja, namun sebading dengan perannya yang juga tidak mudah. Wanita dalam islam memiliki peran yang sangat sentral, yaitu sebagai seorang istri yang harus setia mendapingi suami, ibu yang membentuk keluarga dan anak-anak yang baik dan mahluk sosial yang berguna bagi sekitar.

Cara Menjadi wanita yang Baik

1. Menutup Aurat

Salah satu cara menjadi wanita yang baik adalah degan menutup aurat. Seorang wanita yang baik menurut islam adalah mereka yang  menutup auratnya. Adapun aurat wanita adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan, berdasarkan pendapat terkuat di antara pendapat para ulama.

Berikut firman Allah SWT  :

Cara menjadi wanita yang baik
Manutup Aurat (QS. Al Ahzab: 59)

Adapun jilbab bukanlah penutup wajah, namun jilbab adalah kain yang dipakai oleh wanita setelah memakai khimar. Sedangkan khimar adalah penutup kepala.

Allah Ta’ala juga berfirman,

Cara menjadi wanita yang baik
QS An Nur ayat 31

2. Berbusana dengan Pakaian yang Syar’i

Cara menjadi wanita yang baik selanjutnya adalah berbusana baik. Wanita terbaik yang menjadi idaman tentulah harus memenuhi kriteria berbusana yang sesuai dengan pedoman umat islam, yaitu quran dan sunnah. Pakaian yang sesuai Al Quran dan Hadist atau syar’I memeliki beberapa kriteria yaitu :

  • Menutupi Seluruh Tubuh, termasuk kaki, Terkecuali Wajah dan Telapak Tangan

Hakikat pakaian yang sebenar-benarnya adalah digunakan sebagai penutup hal yang tidak boleh diperlihatkan yaitu aurat.

  • Memakai Pakaiandan Perhiasan Bukan  Untuk Memamerkannya.

Sebagai mana firman Allah SWT,

cara menjadi wanita yang baik
QS Al Azhab

Abu ‘Ubaidah berkata bahwa yang dimaksud dengan Tabarruj adalah menampakkan kecantikan dirinya. Selain itu, Az Zujaj menjelaskan bahwa Tabarruj adalah menampakkan perhiasaan dan setiap hal yang dapat mendorong syahwat bagi laki – laki.

  • Pakaian yang Syar’i Tidaklah Ketat dan Tipis yang Dapat Membentuk Lekuk Tubuh.

Cara menjadi wanita yang baik
Hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu
  • Tidak dikenakan wewangian atau parfum.

Dari Abu Musa Al Asy’ary bahwanya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shohih
HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shohih
  • Tidak Menyerupai Pakaian Pria atau Pakaian Non Nuslim.

cara menjadi wanita yang baik
Hadist mengenai menyerupai suatu kaum

Itulah tadi beberapa  syarat pakaian wanita yang harus dipenuhi. Pakaian menjadi hal yang sangat diperhatikan, karena wanita yang baik harus dapat menjaga dirinya, dimulai dari pakaian yang ia kenakan.

3. Memiliki Sifat Malu

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

cara menjadi wanita yang baik
Sifat Malu Seorang Wanita

Rasa malu hendaknya ada pada setiap diri wanita. Beberapa adab bergaul dengan pria dan wanita harus sangat diperhatikan. Cobalah perhatikan contoh yang bagus dari wanita di zaman Nabi Musa ‘alaihis salam. Allah Ta’ala berfirman,

Lihatlah bagaimana bagusnya sifat kedua wanita ini, mereka malu berdesak-desakan dengan kaum lelaki untuk meminumkan ternaknya. Namun coba bayangkan dengan wanita di zaman sekarang ini!

4. Taat dan Menyenangkan Hati Suami

Cara menjadi wanita yang baik yang selanjutnya adalah sikap yang baik terhadap suami. Menjadi istri yng baik haruslah taat pada suami. Selalu bertindak menyenangka,  tidak membangkang sehingga menyebabkan suami bencinya. Hal tesebut itulah sebaik-baik wanita. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata :

cara menjadi wanita yang baik
Menaati Suami

Begitu pula tempat seorang wanita di surga ataukah di neraka dilihat dari sikapnya terhadap suaminya, apakah ia taat ataukah durhaka.

5. Menjaga Kehormatan, Anak dan Harta Suami

Allah Ta’ala berfirman, Berdasarkan tafsir Ath Thobari dalam kitab tafsirnya (6: 692), “Wanita tersebut menjaga dirinya ketika tidak ada suaminya, juga ia menjaga kemaluan dan harta suami. Di samping itu, ia wajib menjaga hak Allah dan hak selain itu.”

6. Bersyukur dengan Pemberian Suami

Menjadi Seorang istri yang baik harus dapat berterima kasih kepada suaminya atas semua yang telah diberikan suaminya. Bila tidak, sang istri akan berhadapan dengan ancaman neraka Allah Ta’ala.

Seselesainya dari shalat Kusuf (shalat Gerhana), Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda menceritakan surga dan neraka yang diperlihatkan kepada beliau ketika shalat,

cara menjadi wanita yang baik
HR. Bukhari no. 5197 dan Muslim no. 907

Lihatlah bagaimana kekufuran si wanita cuma karena melihat kekurangan suami sekali saja, padahal banyak kebaikan lainnya yang diberi. Hujan setahun seakan-akan terhapus dengan kemarau sehari.

7. Berdandan dan Berhias Diri Hanya Spesial untuk Suami

Hal yang biasa terjadi, sorang istri hanya berdandan jika ingin keluar rumah dan tidak pernah berdandan untuk suami. Ini merupakan perilaku yang terbalik. Seharusnya ketika dirumah, ia berusaha untuk menyenangkan suami dengan berdandan dan berpenampilan baik.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,

cara menjadi muslimah yang baik
(HR. An-Nasai no. 3231 dan Ahmad 2: 251.)

Itulah tadi cara untuk menjadi wanita yang baik dalam islam, Semoga bermanfaat bagi setiap wanita. Moga Allah memberi taufik untuk mengamalkannya.

Baca Juga : Tempat Bulan Madu Murah dan Ekonomis

1 thought on “Bagaimana Cara Menjadi Wanita yang Baik Menurut Islam ?

Leave a Comment