Cara mengatasi mabuk perjalanan

13 Resep Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Penyebab dan Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Howdy Borneans! Bagi kalian yang hobi travelling, ingin tahu cara mengatasi mabuk perjalanan?

Travelling bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menyenangkan, terlepas dari beberapa masalah dan hambatan yang akan terjadi. Salah satu yang sering dihadapi adalah mabuk perjalanan. Memang terdengar simple bagi kalian yang tahu cara mengatasi mabuk perjalanan, namun bagi sebagian orang mabuk perjalanan dapat menjadi momok yang menakutkan sehingga membuat mereka enggan untuk melakukan perjalanan.

cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas seputar mabuk perjalanan dan cara untuk mengatasinya.

Mabuk Perjalanan?

Mabuk perjalanan sering disebut dengan motion sickness yang kalau kita artikan secara harfiah bermakna sakit yang diakibatkan oleh gerakan. Motion sickness atau mabuk perjalanan sebenarnya adalah perasaan yang kalian rasakan saat pergerakan yang dirasakan oleh telinga bagian dalam berbeda dengan pergerakan yang kalian lihat.

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Anatomi Telinga

Seperti yang kita ketahui bahwa telinga memiliki fungsi sebagai alat pengontrol keseimbangan tubuh. Pada saat berkendara mobil misalnya, telinga kita menangkap respon pergerakan yang terjadi pada mobil, sedangkan mata kita tidak mendapat respon pergerakan yang sama, sehingga menyebabkan ketidak singkronan antar indera. Itulah sebenarnya yang terjadi saat kalian merasakan mabuk perjalanan.

Kondisi tersebut sering terjadi pada sebagian orang saat berkendara baik menggunakan mobil, kereta, persawat, ataupun kapal laut. Selain itu, hal ini juga sering terjadi pada orang yang bermain roller coaster atau permainan sejenis.

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Orang seringkali menyebut istilah mabuk darat dan mabuk laut. Pada dasarnya tidak ada perbedaan antara istilah mabuk darat atau mabuk laut tersebut, kedua hal tersebut sebenarnya merupakan hal yang sama yaitu motion sickness. 

Manusia atau hewan yang tidak memiliki fungsi  sistem vestibular (keseimbangan) akan imun dengan mabuk perjalanan.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Gerakan ditangkap oleh tubuh melalui 3 jalur yang berbeda yang mana jaringan saraf mengirim sinyal ke telinga bagian dalam (merasakan gerakan, akselerasi, dan gravitasi), Mata (pengelihatan), otot penggerak pada tubuh (proprioceptors).

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Jika tubuh bergerak dengan sengaja atau sadar, sebagai contoh apabila kita berjalan, input dari kesemua jalur tersebut terkoordinasi dengan baik oleh otak kita. Jika terjadi gerakan yang tidak disadari oleh tubuh, seperti yang terjadi saat berkendara di dalam mobil, otak tidak dapat mengkoordinasikan input, karena terjadi konflik diantara ketiga jalur penerima respon tersebut. Reseptor telinga menerima respon pergerakan, sedangkan visual dan otot penggerak tidak merasakan respon yang sama. Konflik antar respon tersebutlah yang menyebabkan terjadinya mabuk perjalanan.

Penyebab dari motion sickness sangatlah kompleks, bagaimanapun, organ yang paling berpengaruh dalam terjadinya mabuk perjalanan adalah organ telinga bagian dalam. Sedangkan input visual sepertinya tidak terlalu menentukan, karena motion sickness juga dapat terjadi pada orang yang buta.

Motion sickness lebih sering terjadi pada pergerakan yang lebih kompleks seperti pergerakan yang pelan atau menggabungkkan beberapa gerakan seperti vertikal dan horizontal pada saat yang bersamaan.

Gejala dari Mabuk Perjalanan

Gejala adalah sesuatu yang kalian rasakan dan dapat dideskripsikan mengenai yang kalian alami. Adapun secara garis besar gejala dari mabuk perjalanan adalah mual, muntah dan pusing. Pada kasus lain yang juga sering ditemui adalah berkeringat dingin dan tidak enak badan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Ada juga beberapa gejala ringan seperti  sakit kepala, gelisah dan menguap. Sedang gejala yang serius yaitu mual, muntah, pucat, meludah, nafas pendek, pusing, dan mengantuk.

Gejala dari mabuk perjalanan terlihat saat safat pusat menerima pesan konflik dari keempat indra yaitu telinga bagian dalam, mata, indera peraba, dan otot penggerak tubuh.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

1. Kontrol situasi

Biasanya mabuk perjalanan terjadi saat kita menjadi penumpang. Sedangkan pengemudi biasanya lebih jarang mengalami mabuk perjalanan. Hal ini dikarenakan otak pengemudi menggunakan komando motoriknya untuk mengontrol mobil sehingga dapat memprediksi pergerakan.

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Jika kalian duduk dibelakang pengemudi, kemungkinan untuk mabuk akan lebih besar. Jika kalian merasa ingin mabuk, duduklah dibagian depan dan usahakan tetap melihat lurus kedepan.Dengan duduk didepan, anda akan merasakan fungsi control lebih besar dari pada naik di belakang.

Jika kalian terjebak dibelakang, cobalah untuk berbincang-bincang dan membuat pengalihan untuk meringankan kecemasan agar tidak dikontrol oleh situasi. Kalian dapat membuka ventilasi untuk mendapatkan udara segar sebagai cara mengatasi mabuk perjalanan.

2. Jangan Membaca atau Main Handphone

Jika kalian terfokus untuk membaca atau melihat handphone, mabuk kendaraan kalian dapat memburuk. Mabuk kendaraan akan terjadi apabila kalian terlalu fokus ke objek visual di dalam mobil. Indra visual akan semakin tidak sinkron dengan indra yang lain.

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Hal yang kalian harus lakukan adalah berfokus dengan objek diluar dari mobil, agar indera visual dapat bersinkronisasi dengan baik.  Sebagai gantinya, kalian dapat memutar audio didalam mobil untuk mengalihkan suasana.

3. Perhatikan Makanan yang Kalian Konsumsi

Perhatikan konsumsi makanan dan minuman sebelum dan selama perjalanan. Hindari untuk meminum alcohol, merokok, dan minuman yang membuat kembung. Makanan yang berbau tajam, pedas, atau berlemak dapat memperburuk gejala mual. Sebaiknya kalian hindari.

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Sebagai gantinya kalian dapat mengkonsumsi makanan ringan seperti snack, roti tawar, permen, dll. Makanan ringan dapat menjadi pengalih yang bagusu untuk menghilangkan gejala mabuk. Makanan yang rendah lemak namun tinggi protein dapat sangat berguna untuk mencegah mabuk.

4. Cari Posisi Terbaik

Posisi menentukan prestasi, sama halnya dengan kasus mabuk perjalanan. Cobalah untuk memilih tempat duduk yang dimana anda menerima gerakan atau guncangan yang lebih sedikit. Bagian tengah pesawat disekitar sayap adalah area paling tenang.

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Sedangkan di kapal, bagian kabin yang lebih rendah mengalami guncangan yang lebih rendah dibandingkan kabin yang lebih tinggi atau luar. Jauhi orang yang biasa atau mungkin mabuk perjalanan, biasanya karena mendengar atau melihat mereka sakit kadang-kadang dapat membuat kita ikut mabuk.

5. Sinkronisasi Sensor

Jika kalian mabuk laut, berbaring dapat membantu sistem sensorik menjadi sejalan. Di kereta api, duduklah dikursi yang menghadap kedepan sehingga mata dapat menyampaikan pesan yang sama dengan organ sensor lainnya.

Ketika berpergian dengan mobil atau perahu, usahakan untuk selalu fokus pada titik tertentu. Jika kalian dapat menyinkronkan sensorik dengan baik, kemungkinan untuk mabuk laut akan semakin kecil.

6. Berbicara pada diri sendiri

Cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Kalian dapat mengatasi mabuk perjalanan dengan bicara pada diri sendiri. Sebuah studi menemukan bahwa ”berbicara pada diri sendiri” – dapat membantu pelaut untuk tidak mabuk laut. Dengan menetapkan harapan sebelum berpergian dengan mengatakannya dengan suara keras dan lantang. “ Aku tidak akan mabuk”, atau kata-kata lainnya. Disamping itu, kalian jga dapat mengatur nafas dalam untuk mengurangi gejala.

7. Modifikasi Perilaku

Modifikasi perilaku dapat digunakan untuk mengurangi bahkan menyembuhkan mabuk perjalanan. Modifikasi perilaku juga sering disebut dengan desensitization yang  dapat diartikan sebagai teknik mengurangi atau menghambat atau menghilangkan respon kecemasan secara bertahap dengan cara memunculkan respon yang berlawanan  dengan tingkah laku yang hendak di hapus. Ini adalah metode yang biasa digunakan untuk mengobati phobia.

cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Sebagai contoh, jika membaca buku membuat kalian mual, cobalah membaca selama lima menit dan kemudian menutup buku tersebut. Ulangi interval lima menit selama beberapa sesi, kemudian tingkatkan menjadi 10 menit dan kembali tutup buku tersebut. Seiring waktu, kalian akan terbiasa dengan aktivitas tersebut dan rasa mabuk pun hilang.

8. Minum Jahe

Beberapa studi membenarkan bahwa jahe berguna untuk mencegah mabuk perjalanan. Kalian dapta mengkonsumsi jahe dalam berbagai bentuk, mulai dari minuman atau permen.

Jahe akan membantu perut kalian agar tetap tenang. Bagi kalian yang sensitive terhadap jahe, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter.

9. Tidurlah

Jika memungkinkan coba lah untuk mencari posisi yang nyaman untuk tidur. Tidur dapat menyelesaikan masalah konflik respon antara mata dan telinga bagian dalam. Tidur dapat membantu mencegah efek psychogenic atau efek dari selalu memikirkan penyakit tersebut sehingga kita terbawa dan sakit.

10. Coba acupressure

cara mengatasi mabuk perjalanan
Acupressure

Beberapa studi menyarankan acupressure atau metode penekanan bagian tertentu pada tangan. Metode tersebut mungkin dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan, walaupun bukti penilitainnya masih belum jelas. Praktisi acupressure berkerja dengan titik yang sama digunakan pada apukuntur, namun tidak menggunakan jarum. Metode ini hanya menggunakan tangan untuk menekan titik-titik tertentu tersebut.

11. Berhenti dan Beristirahat

cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya untuk berheni sejenak dan menenangkan diri. Carilah udara segar dan pengalih rasa mabuk kalian. Kalian dapat melihat indahnya pemandangan sekitar dan kembali mengontrol keadaan. Kalian dapat kembali berkendara jika dirasa sudah segar dan bisa mengontrol diri.

12. Kalau Masih Gagal, Coba Minum Obat

cara mengatasi mabuk perjalanan
Illustrasi

Jika kamu  merasa akan mabuk perjalanan, ada baiknya untuk berhenti sejenak dan singgah di apotik untuk memebeli beberapa obat. Kalian dapat membeli Dramamine atau Meclizine. Obat ini efektif digunakan 30-60 menit sebelum kamu berkendara.

13. Muntahkan Saja

Opsi ini diambil jika memang sudah tidak ada pilihan lagi sebagai cara mengatasi mabuk perjalanan. Biasanya setelah dimuntahkan, kondisi kita akan kembali segar dan kita dapat melanjutkan perjalanan dengan baik.

Itulah tadi cara mengatasi mabuk perjalanan. Jika masalah mabuk perjalanan masih tidak dapat diatasi, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kalian dan minta solusi terbaik. Jangan sampai hanya karena masalah mabuk perjalanan menghambat kalian untuk menjelajahi tempat-tempat yang mengasikkan di luar sana. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment