Beasiswa CCIP Aminef 2016/2017

Beasiswa Kursus Profesionalisme Non Gelar 1 Tahun di US

CCIP Aminef 2016 (Community College Initiative Program)

CCIP Aminef – [dropcap]H[/dropcap] ei para scholarship hunter, kali ini admin akan berbagi tentang sebuah pengalaman melamar salah satu beasiswa ke Amerika yaitu CCIP Aminef 2016 (Community College Initiative Program)

Mungkin bagi para sholarship hunter sudah sangat familiar dengan beberapa beasiswa yang ditawarkan oleh Aminef (America Indonesia Exchange Foundation). Aminef menawarkan beberapa beasiswa seperti fulbright master dan doktoral program maupun  special program. CCIP merupakan salah satu special program yang ditawarkan oleh aminef.

Program ini merupakan Non-Degree Short Course (Kursus Singkat tanpa gelar) di Community College yang berada di Amerika dengan durasi 1 tahun. Program ini bertujuan untuk membangun dan melatih teknikal skill pada bidang tertentu, meningkatkan jiwa kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan berbahasa inggris. Ada beberapa bidang yang ditawarkan seperti, Agricultur, engineering, bussiness management, early childhood education, information technology, media, public safety, tourism, dan manajemen rumah sakit.

CCIP Aminef
Northampton Community College

 

Program ini ditujukan buat para profesional yang sudah menyelesaikan SMA/ Kuliah namun belum memiliki pengalaman yang cukup pada bidang perkerjaan tersebut. Berdasarkan pengalaman admin, pelamar biasanya memiliki background pendidikan yang berbeda dengan perkerjaan yang digeluti. Sebagai contoh, Admin bergelar Guru pendidikan Bhs Inggris, kerena berkerja di salah satu koran lokal, admin mencoba peruntungan melamar di bidang media. Hal ini ternyata sama dengan beberapa kandidat lain.

Selanjutnya admin akan berbagi pengalaman mengenai tahapan-tahapan melamar dan seleksi beasiswa CCIP tahun 2016-2017:

Persiapan Aplikasi

Pembukaan aplikasi beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan November dan berakhir pada bulan Desember. Berdasarkan pengalaman admin, Agar mendapatkan hasil yang maksimal, persiapan harus dilakukan sedini mungkin. Admin memulai persiapan sekitar 1 tahun sebelum beasiswa ini dibuka.

Biasanya pengumuman beasiswa beserta formulir pendaftaran akan tersedia resmi pada bulan oktober. Walaupun begitu, persiapan harus sudah dimulai jauh sebelum bulan itu. Admin menggunakan formulir untuk tahun sebelumnya sebagai persiapan. Formulir tersebut dapat diperoleh di situs Aminef.

pengalaman CCIP Aminef
Illustrasi

Menurut admin, pada dasarnya beasiswa ini tidak terlalu susah untuk di raih jika dibandingkan dengan beberapa beasiswa yang lain. Salah satu hambatan para pelamar biasanya TOEFL yang tinggi, namun untuk short course ini standar yang ditetapkan tidak terlalu susah yaitu hanya 500.

Berdasarkan pengalaman admin, Pressure point dalam beasiswa ini adalah penyiapan berkas-berkas dan short essay. Tahapan pertama ini agak ribet jika tidak dikerjakan dari jauh- jauh hari.  Peserta diharuskan untuk mengumpulkan beberapa rangkap ijazah dan transkrip SMA dan atau terakhir. Ijazah tersebut harus di translate ke bahasa inggris menggunakan sworn translator (penerjemah tersumpah) atau badan tertentu. Biasanya biaya translate sekitar 75 – 100 tergantung durasi pengerjaan/deadline. Jadi kalau bisa dikerjakan dari jauh hari akan lebih murah.

Pembuatan Short Essay adalah yang harus dipersiapkan secara matang. Admin membuat essay tsb dengan waktu kurang lebih 1 tahun. Pada essay tesebut pelamar harus menceritakan tentang  mengapa memilih bidang studi yang dikehendaki, hubungan atau pengalaman dengan bidang studi tersebut, tujuan masa depan, cara penyelesaian masalah, dan kontribusi bagi sekitar setelah mengikuti CCIP.

Dalam pengerjaan, disarankan untuk secara konsisten menulis dari jauh hari. Kalaupun tidak bisa menulis sekaligus, paling tidak setiap hari memliliki progress. Setelah selesai usahakan untuk melakukan pengecekan/koreksi dengan teman yang memiliki grammar yang baik.

Hal ini dilakukan karena essay merupakan penentu utama dalam seleksi CCIP ini. Oleh karena itu harus dipersiapkan dengan sangat sempurna.

Wawancara

Pengumuman hasil seleksi tahap pertama dilakukan lewat email. Untuk tahun CCIP 2016/2017, pengumuman tahap pertama tanggal 11 Januari 2016. Selanjutnya pelamar akan mengikuti wawancara di kantor Aminef Jakarta pada tanggal 15 januari 2016.

Aminef Community College Initiative Program 2016
Email Pemberitahuan Wawancara Community College Intiative Program CCIP Aminef

Pada wawancara ini pelamar diwajbkan membawa surat keterangan kerja. Aminef menyediakan akomodasi berupa tiket PP dari daerah kalian dan uang akomodasi selama di Jakarta sebesar Rp. 300.000. Aminef tidak menyusun perjalanan maupun penginapan di selama Jakarta. Berdasarkan pengalaman admin yang baru pertama kali ke Jakarta, disarankan untuk bersama dengan teman yang berasal dari daerah yang sama. agar akomodasi penginapan dapat di pangkas. Dari bandara, pelamar dapat menggukanan bis Damri ke arah Blok M.

CCIP Aminef
Wawancara Community College Intiative Program CCIP Aminef

Pada saat wawancara, pertanyaan yang ditanyakan tidak jauh seputar essay yang ditulis. Menurut admin, panitia ingin melihat secara langsung kepribadian dan kesunggugan para kontestan pada wawancara. Waktu wawancara pun tidak telalu lama kurang lebih sekitar 30 menit.  Hal yang perlu dipersiapkan dalam wawancara, pastikan menguasai essay yang kalian tulis !

Disaran kan untuk para kandidat agar saling berkenalan dan menjaga kontak untuk bertukar informasi seputar perkembangan seleksi.

Medical Check Up

Tahapan selajutnya adalah Medical Check up. Pelamar akan diinfokan untuk melakukan beberapa test kesehatan melalui email.

Aminef Community College Initiative Program 2016
Medical Check up

Medical Check up ini dapat dilakukan di rumah sakit RS umum ataupun swasta. Aminef akan mencover biaya sebesar 1 juta rupiah. Pelamar diharuskan untuk melakukan beberapa test yaitu MCU , TB Skin test/Mantoux, dan vaksinasi. Untuk test MCU sudah biasa dan dapat dengan mudah dilakukan di rumah sakit sekitar tempat kalian. Untuk TB Skin test/ Mantoux  dan vaksinasi, dapat dilakukan di tempat praktek dokter anak. Adapun waktu yang diberikan untuk tes ini adalah 1 bulan. cukup lama untuk mencari tempat test yang sesuai.

Aminef Community College Initiative Program 2016
Mantoux test/ TB Skin Test

Pelamar diwajibkan untuk melakukan beberapa vaksin dengan dosis tertentu, seperti vaksin Polio, DPT dan MMR. Berdasarkan pengalaman admin, yang agak susah di dapatkan adalah vaksin MMR karena stok vaksin ini sangat terbatas. Vaksin ini biasanya harus dipesan terlebih dahulu. Ada baiknya untuk melaukan survey sebelum melakukan test.

Medical Check up ini merupakan bagian persyaratan dari seleksi CCIP. Setelah medical check up dilakukan, nantinya berkas formulir dan hasil medical check up akan dikirim dan diseleksi kembali di Washington.

 

Pengumuman Seleksi

Berdasarkan ulasan dan pengalaman para senior CCIP sebelumnya, biasanya yang telah mengikuti tes hingga tahap Medical Check Up sudah dapat dipastikan lolos menjadi grantee. Jarak waktu antara medical check up dan pengumuman cukup lama sekitar 3-4 bulan. Sebagai saran, pada saat ini di anjurkan untuk selalu berdoa dan berpasrah.

Aminef Community College Initiative Program 2016
Illustrasi

Setelah cukup lama menunggu,  Akhirnya pada tanggal 18 mei 2016 pengumuman seleksi di umumkan melalui email. Yang membuat sangat berkesan ialah admin tidak menerima email tersebut, sedangkan 21 orang lain yang tergabung di dalam grup WA CCIP 2016/2017 menerima email tersebut. Ada sekitar 3 orang yang tidak menerima kelulusan seleksi termasuk admin. Setelah dipastikan ternyata admin tidak lolos dengan alasan ada pengurangan kuota konsorsium pada angkatan 2016/2017.

 

Pre Deparature Orientation

Aminef Community College Initiative Program 2016
Latihan Pertunjukan Kebudayaan PDO CCIP

Setelah menerima pengumuman, para kandidat kemudian akan mengikuti Pre Deparature Orientation di Bogor. Walaupun admin tidak lolos, tapi izinkan admin berbagi cerita teman-teman CCIP 2016-2017 yang lolos. Pada PDO ini nantinya, peserta akan diberikan penjelasan seputar kehidupan di sana. Disamping itu peserta juga harus menampilkan beberapa pertujukan kebudayaan. Peserta juga akan mengurus Visa pada saat PDO.

 

Keberangkatan

Aminef Community College Initiative Program 2016
Illustrasi

Keberangkatan dilakukan secara terpisah, tergantung dengan jadwal yang diberikan Aminef. Keberangkatan dimulai pada bulan  Juli – Agustus 2016.

 

Demikian sedikit pengalaman yang bisa admin bagi seputar CCIP aminef , Semoga bermanfaat.

borneochannel.com

37 thoughts on “Beasiswa CCIP Aminef 2016/2017

  1. Hi, Admin. Saya salah satu dari 4 orang yang tidak menerima email “selected” CCIP 2016-2017. 3 orang lagi itu Desfa dari Belitung, Ronald dan Paski. Mau coba lagi tahun ini?

  2. permisi min, saya salah satu pendaftar CCIP 2016/2017

    aplikasi yang saya kirim itu yang diketik bukan ditulis, kira kira jadi masalah nggak ya ?

  3. Hi guys,, saya dpt kesempatan test toefl dan interview tgl 18-19. Domisili di lampung. Bisa minta contact person teman2. Ini no sya 085383543684

  4. Halo, Admin. Mau tanya nih, kalau VISA yg diurus peserta itu biayanya ditanggung pribadi atau AMINEF atau bagaimana? Ehehe 😀

  5. Terima kasih untuk admin yang sudah memposting informasi ini.
    dan salute untuk kebesaran hati anda. Anda luar biasa! Terima Kasih

    salam,

  6. Hai admin, boleh minta alamat email untuk sharing pengalaman? Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan terkait CCIP ini, terutama essay.

Leave a Comment