Wow! Bunga Unik Asal Kalimantan ini Mendunia Berkat Film Populer Garapan Columbia Pictures!

Bunga Anggrek Hitam Kalimantan – Howdy Bornean? Kalian pernah nonton film ” Anaconda: The hunt for the blood orchid”? Film ini meruapakan film hollywood yang bersetting di pulau Borneo atau Kalimantan. Pada film ini dikisahkan terdapat peneliti yang mencari sebuah tanaman anggrek obat segala penyakit berbahaya di jantung hutan Kalimantan yang dipenuhi dengan ular anaconda.

Bunga anggrek hitam kalimantan

Anaconda : The Hunt for The Blood Orchid

Apakah anggrek tersebut memang ada?

Anggrek Hitam Kalimantan atau Coelogyne Pandurata merupakan spesies anggrek yang sangat terkenal di dunia yang berasal dari Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Pulau Sumatera. Anggrek hitam ini menjadi maskot provinsi Kalimantan Timur dan tergolong spesies langka yang keberadaannya sangat dilindungi. Untuk mengenal tentang anggrek hitam Kalimantan, berikut ulasannya.

Asal-usul Anggrek Hitam Kalimantan

bunga anggrek hitam kalimantan

Anggrek Hitam

Anggrek hitam mempunyai lidah (labellum) yang berwarna hitam dengan garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Bunga anggrek hitam memiliki aroma wangi semerbak Bunga ini mekar pada bulan Maret sampai bulan Juni. Semakin berumur, warna bunga akan menjadi berwana hitam elehegan.

Ciri Ciri Bunga Anggrek Hitam Kalimantan

bunga anggrek hitam kalimantan

ciri ciri anggrek hitam

Pada umumnya, anggrek hitam mempunyai daun mahkota yang berbentuk lancip. Mempunyai panjang garis tengah sekitar 10 cm dan kuntum bunga yang mencapai lebih dari 14. Anggrek hitam memiliki kelopak yang berbentuk lancip dengan panjang mencapai 5 cm.

Mitos Anggrek Hitam

bunga anggrek hitam kalimantan

Mitos anggrek hitam

Ternyata Anggrek Hitam memiliki  mitos tersendiri dimasyarakat. Berdasarkan mitos, siapapun yang memelihara atau memiliki anggrek Hitam ini akan tertimpa kesialan dan kesusahan dalam hidupnya. Dalam beberapa kasus seperti rumah tangga yang tidak harmonis, Kerap kali bertengkar dengan tetangga atau pasangan, dan juga gampang terkena penyakit dan musibah tertentu.

Namun, walaupun dibayangi mitos yang begitu menegerikan, para kolektor bunga ini masih saja memburu bunga yang sangat unik dan langka ini. Mungkin mitos ini juga yang menginspirasi produser film Anaconda untuk memilih bunga ini sebagai topik dalam film.

Manfaat Anggrek Hitam

bunga anggrek

Film Anaconda

Diawal tadi admin sempat mengaitkan anggrek ini dengan salah satu film terkenal dunia, tentu hal itu beralasan. Anggrek hitam ternyata merupakan obat herbal yang telah dijadikan sebagai obat berabad-abad yang lalu.

Anggrek hitam sejak dari dulu digunakan masyaraka sebagai obat untuk menghentikan pendarahan rahim, menghentikan pendarahan internal di dlm perut atau tukak lambung, penyembuhan penyakit musim dingin, Anti-diare, dan mengobati disetri.

Selain itu, di Inggris, Anggrek Hitam digunakan sebagai obat tuberkulosis & membantu mempercepat pemulihan & vesiculation paru serta obat untuk sakit maag & TBC usus. Sungguh herbal yang sangat luar biasa.

Selain itu, anggrek hitam biasanya dijadikan sebagai bunga hias yang dapat membuat rumah semakin indah dilihat. Harganya juga relatif mahal. Selain itu, beberapa negara menganggap anggrek hitam sebagai simbol kemewahan urutan kedua setelah mawar merah. Pada zaman modern ini, anggrek hitam menjadi simbol romantis dan cinta.

Ekologi dan Syarat Tumbuh Anggrek Hitam

bunga anggrek hitam kalimantan

Anggrek hitam

Habitat penyebaran tanaman anggrek hitam ini berada di dalam hutan primer yang memiliki kadar kelembaban yang cukup tinggi. Tumbuh di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah.

Anggrek hitam Kalimantan merupakan jenis anggrek epifit simpodial, yaitu tanaman yang tumbuh menempel pada tumbuhan/batang pohon lain yang memiliki pertumbuhan batang yang terbatas. Biasa tumbuh di batang pohon yang rebah. Tanaman anggrek ini hidup berumpun di masing-masing tanaman. Dalam satu rumpun, tanaman ini akan membentuk akar tinggal yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Baca Juga : Ikan Pesut Mahakam

Pertumbuhan Anggrek Hitam

bunga anggrek hitam kalimantan

Bibit Anggrek Hitam

Anggrek hitam berbunga pada akhir tahun, antara bulan Oktober sampai Desember. Ketika musim bunga, bunga ini dapat ditemui di hutan. Proses regenerasi anggrek hitam berasal dari tunas yang baru muncul dari tanaman sebelumnya. Tunas baru ini akan tumbuh dengan ukuran yang lebih besar dan terlihat menggelembung pada bagian batang. Penggelembungan batang yang ini sering disebut umbi semu.

Umbi semu berfungsi sebagai tempat penyimpanan air dan cadangan makanan. Batang anggrek membentuk umbi semu ini berbentuk bundar panjang dan pipih dengan panjang sekitar 10-15 cm. Tanaman anggrek hitam ini memiliki bentuk dan warna yang sangat menawan.

Memiliki kelopak bunga berwarna hijau pupus dengan lidah bunga berwarna hitam dan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Warna hitam pada bagian lidah bunga ini merupakan pembawaan sifat hitam yang sangat langka.

Sehingga dapat menjadi sumber pembawa sifat warna hitam yang dibutuhkan oleh para ahli pemuliaan tanaman untuk menciptakan persilangan baru dengan hasil yang memiliki corak warna bunga yang lebih menarik. Anggrek hitam ini memiliki daun berbentuk jorong dengan panjang sekitar 7 cm dan lebar sekitar 2-3 cm.

Baca Juga : Murai Batu Borneo

Perkembangbiakan Anggrek

Bunga anggrek Kalimantan

Perkembangbiakan Anggrek

Anggrek hitam dikembangbiakkan secara vegetatif dan generatif. Metode perkembangbiakan secara vegetatif dilakukan dengan cara memisahkan anakan, sedangkan perkembangbiakan secara generatif yang dilakukan melalui uji laboratorium.

Media tanam yang paling cocok untuk tanaman anggrek hitam adalah pakis, sabut kelapa, dan serbuk gergaji.Diantara ketiga media tanam tersebut, serbuk gergaji merupakan media tanam yang paling baik digunakan karena bersifat habitat asli dari anggrek hitam.

Baca Juga : Burung Rangkong

Upaya Konservasi Anggrek Hitam dari Kepunahan

bunga anggrek hitam

Anggrek di Alam liar

Anggrek hitam Kalimantan memiliki keunikan dan kecantikan yang menawan. Hal ini tentunya membuat orang ingin mengoleksi anggrek hitam. Sehingga mengakibatkan populasi anggrek hitam di alam liar semakin berkurang.

Selain faktor alam yang semakin rusak, faktor lainnya yaitu karena anggrek hitam memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Akibatnya, populasi anggrek hitam mengalami penurunan.

Kepunahan spesies ini merupakan kerugian yang besar bagi biodiversity Indonesia. Banyak yang berburu tanaman ini di hutan Kalimantan untuk koleksi bagi para kolektor penyuka bunga. Oleh karena itu, pemerintah melalui PP No.7 Tahun 1999 menetapkan anggrek hitam sebagai tanaman langka dan dilindungi.

Bertujuan untuk mencegah anggrek hitam dari kepunahan total. Melalui peraturan, pemerintah kini melarang perdagangan bunga anggrek hitam secara bebas kecuali hasil budidaya.

Cagar Alam Kersik Luway berada di propinsi beribukota Samarinda . Namun, persebaran anggrek hitam di kawasan cagar alam tersisa sedikit. Ironisnya, cagar alam ini justru sebagian kawasan dijadikan kawasan bercocok tanam, seperti perkebunan karet milik warga setempat.

Selain itu, juga terdapat pemukiman warga yang tinggal di dalam kawasan cagar alam. Dikhawatirkan hal ini dapat mengancam keberadaan anggrek hitam. Lebih lagi anak cucu nanti tidak dapat lagi melihat anggrek hitam.

Baca Juga : Orang Hutan Kalimantan

Nah, demikian ulasan tentang anggrek hitam Kalimantan. Semoga populasi anggrek hitam ini dapat dikendalikan agar anak cucu kita dapat melihat jenis bunga indah ini. Mari kita sama-sama menjaga kelestarian flora dan fauna di Indonesia.

  • Add Your Comment