12 Hal yang Terjadi Jika Matahari Menghilang, Manusia bisa hidup kalau …

Pernahkan Kalian Terpikir Apa yang Terjadi jika Matahari Hilang Begitu Saja?

Dapatkah kalian menjawab pertanyaan diatas? tentu ini bukan merupakan hal yang bagus, dan bisa saja adalah awal dari kiamat. Namun hal – hal apa saja yang mungkin terjadi?

Bahkan orang awan yang tidak mengetahui Science secara mendalam pun pasti akan menyatakan bahwa matahari sangat lah penting bagi keberadaan kita di bumi. Sebagian dari kita berfikir bahwa tanpa matahari, Bumi akan menjadi dingin dan gelap. Berdasarkan riset dan pengumpulan fakta, sebuah organisasi asal UK Syang bernama Solarcenter merilis infografis yang menggambarkan apa yang terjadi jika matahari tiba-tiba tidak bersinar lagi atau menghilang. Yuk disimak !

1. Planet akan Berhenti Mengorbit

Planet
Planet

Hanya dalam hitungan 8 menit, planet akan berhenti mengorbit karena hilangnya gaya tarik gravitasi dari Matahari. Semua planet tersebut akan berjalan dengan lurus diangkasa.

2. Kita akan Ditelan Kegelapan Total

Zaman Kegelapan
Zaman Kegelapan

Hanya dalam hitungan 1 menit, kegelapan akan merajalela. Hal ini akan sangat cepat terjadi karena seperti yang kita tahu, sinar matahari merambat dengan sangat cepat, secepat itu pulalah ia akan menghilang dikala tidak bersinar lagi.

3. Bulan yang Tak Terlihat

Bulan tak terlihat
Bulan tak terlihat

Kita tidak akan bisa melihat bulan lagi karena tidak ada lagi sinar pantulan dari matahari. Mungkin kita masih bisa melihat bintang – bintang dilangit, dan hanya itu saja sumber cahaya yang kita miliki.

4. Suhu Beku yang Tak Terbayangkan

Bumi membeku
Bumi membeku

Hanya dalam beberapa hari, suhu di bumi akan turun dengan drastis. Dalam 2 bulan suhu bumi akan mencapai -190 derajat Farenheit dan dalam 4 bulan suhu bumi akan mencapai -325 farenheit! Sebagai perbandingan, suhu air beku / freezing point berada di suhu 32 derajat farenheit. Sungguh tidak terbayangkan!

5. Micro Organisme Masih dapat Hidup

microorganism

Sepertinya hanya micro organisme yang hidup di kerak bumi yang mampu hidup walaupun matahari tidak bersinar lagi. Hal ini dikarenakan micro organisme tersebut masih terkena panas dari inti bumi. Namun, jenis micro organisme lain kebanyakan akan mati.

6. Manusia Bertahan dengan Cara yang Ekstrim

Kapal selam
Kapal selam

Jika matahari menghilang, manusia hanya akan bertahan dalam hitungan minggu. Satu-satunya cara bagi manusia untuk bertahan hidup ialah dengan menggunakan kapal selam. Dan kemudian mencari tempat terdalam dan terhangat di laut.  Selain itu dapat juga dengan membuat daerah isolasi yang tertutup atau bunker.

7. Tanaman akan Mati

tanaman mati
tanaman mati

Tanaman tidak akan bisa melakukan proses produksi makanan atau photosintesis sesaat ketika matahari menghilang. Hanya dalam hitungan minggu, tanaman akan mati dan bumi akan mulai kekurangan oksigen.

8. Binatang Pemakan Bangkai akan Bertahan Lebih Lama

burung bangkai
burung bangkai

Bianatang pemakan bangkai yang termasuk dalam rantai makanan paling bawah akan bertahan lebih lama karena sumber makanan yang berasal dari mahluk hidup yang mati sangat berlimpah. Namun nanti seiring habisnya makanan, mereka juga akan hilang dengan sekejap.

9. Permukaan Laut Membeku

laut membeku
laut membeku

Dalam 2 bulan, seluruh permukaan laut di bumi akan membeku. Hanya ikan yang berada di perairan dalam yang hangat yang mampu bertahan.

10. Pohon Besar Bertahan Lebih Lama

pohon besar
pohon besar

Walaupun tidak ada lagi photosintesis, pohon besar dapat bertahan beberapa tahun tanpa proses tersebut sebelum mereka juga mati.

11. Samudera Terisolasi

samudra membeku
samudra membeku

Dikarenakan permukaannya yang membeku, bagian dalam samudra akan tetap dan tidak membeku selama ratusan tahun.

12. Amtospher akan Hancur

atmosphere
atmosphere

Pada saat Samudra beku secara keseluruhan pada suhu -400 derajat F, atmosphere akan hancur dan tidak bisa lagi melindungi bumi dari benda-benda langit.

Baca juga: faktor penyebaran minyak bumi

Sangat mengerikan sekali bukan, hilangnya matahari sama dengan hilangnya kehidupan di bumi. Dan merupakan Kiamat bagi mahluk hidup. Semoga dengan artikel ini kita selalu bersyukur atas nikmat tuhan yang tak terhingga nilainya, yaitu matahari.

2 thoughts on “12 Hal yang Terjadi Jika Matahari Menghilang, Manusia bisa hidup kalau …

Leave a Comment